Tips dan Manfaat Self-Love untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Tips dan Manfaat Self-Love untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Pernahkan kita mengatakan pada diri sendiri bahwa kita mencintai diri kita sendiri? Atau pernahkah kita tersenyum ketika bercermin? Adakah waktu yang kita luangkan untuk diri kita sendiri?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut menyinggung satu hal, yaitu citra diri positif yang berakar pada self-love. Seringkali kita mencintai orang tua, pasangan, anak-anak, pekerjaan, dan hobi tapi lupa untuk mencintai diri kita sendiri. Belajar mencintai diri sendiri membutuhkan usaha dan pengakuan, tetapi sangat bermanfaat.

Apa itu Self-Love?

Definisi self-love adalah penghargaan terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan diri sendiri yang tumbuh dari tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis dan spiritual kita.

Self-love terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  • Fisik — mengacu pada cara kita memandang diri sendiri
  • Mental — mengacu pada bagaimana kita berpikir tentang diri kita (penerimaan diri)
  • Psikologis — mengacu pada cara kita memperlakukan diri sendiri (harga diri)

Self-love sendiri berarti menghargai kesejahteraan dan kebahagiaan kita sendiri;  memenuhi kebutuhan kita sendiri dan tidak mengorbankan kesejahteraan kita untuk menyenangkan orang lain; tidak menerima kurang dari yang pantas kita terima.

Tiap orang memiliki arti yang berbeda-beda tentang self-love karena tiap kita mempunyai banyak cara untuk menjaga diri sendiri. Mencari tahu seperti apa self-love bagi kita sebagai individu merupakan bagian penting dari kesehatan mental kita.

Apa Arti Self-Love Bagi Kita?

Untuk permulaan, self-love bisa berarti:

  • Berbicara dengan cinta tentang diri sendiri
  • Memprioritaskan diri sendiri
  • Berhenti sesat dari menilai diri sendiri

Menurut penelitian dai Universitas Curtin, Australia yang dipublikasikan pada jurnal Behaviour therapy and Experimental Psychiatry menunjukkan bahwa pola pikir yang terlalu kritis membuat orang lebih rentan terhadap depresi.

  • Bersikap baik pada diri sendiri
  • Jujur pada diri sendiri
  • Memaafkan diri sendiri saat kita tidak jujur ​​atau tidak baik pada diri sendiri
  • Percayai diri sendiri
  • Menetapkan batasan yang sehat

Self-love bagi kebanyakan orang bisa berarti cara lain untuk mengatakan merawat diri. Untuk mempraktikkan merawat diri, sering kali kita perlu kembali ke dasar dan:

  • dengarkan tubuh kita.
  • beristirahatlah dari melakukan pekerjaan dan bergeraklah.
  • letakan telepon dan buatlah hubungan dengan diri kita atau orang lain, atau lakukan sesuatu yang kreatif.
  • makan makanan yang sehat, tapi sewaktu-waktu manjakanlah diri kita dengan makan makanan yang kita sukai.

Manfaat Self-Love untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Apa manfaat dari self-love? Berikut beberapa manfaat dari self-love untuk tubuh dan mental kita:

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Saat kita mencintai diri sendiri, kecenderungannya kita tidak akan terjebak dalam penyangkalan diri karena situasi atau kegagalan kecil yang kita alami saat ini sehingga menghilangkan rasa takut ditolak. Dengan demikian akan membantu mengurangi stres dan kecemasan.

2. Mendapatkan Kepuasan Hidup

Ketika kita benar-benar mencintai diri sendiri, kita akan menciptakan pola pikir penerimaan. Kita akan bersedia menerima tahapan dan situasi hidup kita, dan bertanggung jawab atas tindakan kita. Saat kita mengakui kekuatan yang kita miliki, kita menjadi puas dengan cara kita menjalaninya. Merasa cukup puasa dengan hidup yang kita memiliki berdampak yang besar pada mental kita sehingga tingkat stres kita lebih rendah.

3. Mengembangkan Gaya Hidup Sehat

Bagi kebanyakan orang menjalani gaya hidup sehat itu sulit, tetapi self-love akan memberi kita motivasi untuk memasukkan tujuan kita ke dalam aktivitas kita sehari-hari. Kita akan melihat hasil positif dari gaya hidup kita ketika kita membangun kepercayaan diri dan memulai tantangan baru. Manfaat dari mengembangkan kebiasaan hidup sehat di antaranya yaitu bersyukur, menghabiskan waktu bersama diri sendiri, melatih kesadaran penuh, memaafkan diri sendiri, dan dengan bangga percaya pada diri sendiri.

4. Belajar untuk Menghadapi Kesulitan

Ketika kita mencintai diri sendiri, saat melalui peristiwa atau situasi yang sulit, kita tidak akan merasa stres atau tidak nyaman. Kita tidak akan membandingkan diri atau bersaing dengan orang lain. Kita akan menerima kesulitan kita. Kita akan berpikir optimis dan mau untuk menjadi kreatif dan mencoba hal-hal baru.

5. Mengembangkan Harga Diri yang Sehat

Kita akan mengembangkan harga diri yang sehat dengan self-love. Yang artinya kita akan merasa nyaman dengan diri sendiri, kemampuan, dan pendapat kita. Mempunyai harga diri yang sehat berarti kita memahami kegagalan bukan indikator kekalahan yang menyakitkan melainkan kesempatan belajar. Harga diri berperan besar dalam kesehatan mental kita. Ketika kita mempunyai tingkat harga diri yang tinggi, kita memiliki kecenderungan untuk tidak menderita kesepian, kecemasan, atau penyalahgunaan narkoba atau alkohol.

6. Meningkatnya Daya Tarik

Perubahan pertama yang akan kita lihat saat kita mulai menghargai diri kita adalah keyakinan. Hal ini akan membantu kita menghilangkan hambatan mental ketika berkomunikasi dengan orang lain dan mengekpresikan diri kita.

7. Memiliki Motivasi yang Lebih Kuat

Pernahkah merasa malas untuk pergi kerja atau ke gym? Cobalah untuk tidak mengkritik diri sendiri dengan mengatakan kita malas. Ada kemungkinan kita kurang termotivasi.  Mungkin tujuan kita kurang jelas. Mungkin kita merasa tidak mungkin untuk mencapainya atau mungkin kita hanya merasa lelah. Dengan kesadaran diri tingkat tinggi, kita akan lebih sadar akan sinyal bahwa kita akan kehabisan tenaga dan itu akan memberikan kita kesempatan untuk mengisi ulang.

Bagaimana Cara Kita Melakukan Self-Love?

Berikut adalah tips dari Louise Hay, seorang penulis buku motivasi You Can Heal Your Life yang terkenal dari Amerika Serikat. Ini adalah tips yang bisa kita lakukan sekarang ini untuk perjalanan kita mencintai diri sendiri menuju kesehatan yang prima, yaitu:

Percaya Bahwa Kita Cukup Penting

Kita harus merasa bahwa kita cukup penting untuk memberi diri kita izin untuk mencoba, memberi diri kita ruang untuk berubah, untuk memprioritaskan diri kita dalam hidup, dan untuk mendukung diri kita sendiri agar sukses. Kadang-kadang cara terbaik untuk melakukan perubahan adalah dengan melakukannya. Lakukan saja langkah pertama untuk mengetahui bahwa kesehatan dan kebahagiaan kita penting. Kita penting.

Lakukan Langkah Kecil

Pilihlah satu hal kecil untuk dilakukan dan mulailah. Contohnya bisa memberikan ciuman pada tangan kita dan katakan kita layak untuk disembuhkan. Kita bisa melakukannya selama kita suka dan meneruskannya kapan pun kita siap. Ingat cerita kura-kura dan kelinci? Yang lambat dan terus berusaha akan memenangkan perlombaan.

Buatlah Pendekatan yang Mudah dan Lembut

Semakin kita lembut dengan diri sendiri, semakin baik. Ini bukan pendekatan “No Pain, No Gain” Bagian dari mencintai diri sendiri yaitu selalu menjaga segala sesuatunya mudah dan bersikap baik kepada diri sendiri. Pikirkan tentang bagaimana rasanya bersikap lembut pada diri sendiri.

Bersikaplah Konsisten

Ingatlah semakin kita konsisten, semakin banyak hasil yang akan kita alami. Pikirkan tentang gagasan mempraktikan keterampilan baru apa pun yang kita. Semakin banyak kita berlatih, kita akan semakin baik.

Carilah Bantuan

Salah satu cara terbaik untuk membangun koneksi dan membuat perubahan yaitu dengan membuat sistem pendukung, bisa anggota keluarga, pasangan, teman, grup atau siapa pun yang kita rasa nyaman. Menemukan orang atau kelompok yang mendukung kita dalam melakukan afirmasi pada diri kita dan berbagi rintangan dan kemenangan yang kita dapatkan di sepanjang perjalan perubahan kita akan sangat membantu.

Bersenang-Senanglah

Jadikan proses perubahan kita menjadi sesuatu hal yang menyenangkan dengan cara apa pun yang kita bisa. Kita bisa menertawakan diri kita atau berbuat konyol. Misalnya, ketika berjalan di depan cermin, katakan, “Hai, kamu terlihat keren hari ini!”  Ingat, perubahan dan penyembuhan bisa juga menyenangkan.

Rayakan Kesuksesan Kecil Apapun

Ketika kita mulai berubah, berilah selamat pada diri kita karena sudah mau mulai berubah. Tak perlu menunggu sampai kita melakukan perubahan yang besar untuk merayakan kesuksesan kita. Berikan perhatian pada keberhasilan kecil yang kita raih selama proses perubahan. Mungkin kita bisa memberikan diri kita pelukan. Mungkin terdengar aneh tapi itu adalah salah satu cara yang indah untuk bersikap baik pada diri sendiri.

Berpikir Positif

Perubahan lebih mudah jika didasarkan pada pemikiran positif, daripada rasa bersalah, malu, atau ketakutan.

Sumber:

https://www.ourmindfullife.com/self-love-benefits/

https://www.lifehack.org/articles/communication/10-superpowers-you-gain-you-learn-love-yourself.html

https://hackspirit.com/how-to-love-yourself/

https://www.bbrfoundation.org/blog/self-love-and-what-it-means

https://positivepsychology.com/self-compassion-self-love/

https://www.healyourlife.com/8-tips-for-loving-yourself-to-great-health

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *