Mengenal Kode ICD 11 Vulnus Laceratum dan Pengunaannya

Mengenal Kode ICD 11 Vulnus Laceratum dan Pengunaannya

Mungkin banyak yang belum mengenal apa itu kode ICD 11 dan apa itu vulnus laceratum. Kedua istilah ini mungkin masih belum begitu familiar di kalangan masyarakat umum, yang tentunya berbeda dengan mereka yang sehari-harinya memang bergelut di dunia medis.

Apa itu Vulnus Laceratum?

Dalam kehidupan sehari-hari ketika beraktivitas, kita pasti pernah mengalami cedera yang menyebabkan bermacam jenis luka. Beberapa luka ringan yang kita alami menyebabkan kerusakan sel kulit. Untuk bisa sembuh akan memerlukan waktu dan perawatan sederhana.

Apa Itu Luka?

Luka atau vulnus adalah cedera yang merusak kulit atau jaringan tubuh lainnya yang bisa berupa goresan, gesekan, dan kulit yang tertusuk. Sering kali luka terjadi diakibatkan oleh kecelakaan. Namun tindakan medis pembedahan dan jahitan juga mengakibatkan luka.

Biasanya luka ringan tak terlalu serius, tapi tetap penting untuk membersihkannya. Sementara untuk luka yang serius dan terinfeksi kemungkinan akan memerlukan pertolongan pertama kemudian pemeriksaan ke dokter.  

Jenis-Jenis Luka

Mengenal Kode ICD 11 Vulnus Laceratum dan Pengunaannya | WeCare.id

Luka bisa berupa luka tertutup atau terbuka. Biasanya luka tertutup diakibatkan oleh trauma tumpul langsung yang diderita ketika jatuh atau saat mengalami kecelakaan kendaraan bermotor. Meskipun kulit terlihat utuh, tapi kerusakannya bisa sampai otot, organ dalam, dan tulang di bawahnya.

Sementara luka terbuka merupakan cedera yang mengakibatkan kerusakan eksternal atau internal pada jaringan tubuh, biasanya luka tersebut melibatkan kulit. Jenis luka ini banyak dialami oleh setiap orang dalam kehidupan mereka. Luka terbuka kebanyakan ringan dan bisa dirawat di rumah. Penyebab paling umum dari luka terbuka biasanya karena jatuh, kecelakaan mobil, dan kecelakaan dengan benda tajam.

Klasifikasi luka berdasarkan karakter luka jaringan terdiri dari:

  • Vulnus incisum: Luka potong atau sayatan yang diakibatkan oleh benda tajam;
  • Vulnus punctum: Luka tusuk yang diakibatkan oleh benda yang kecil dan runcing;
  • Vulnus contusum: Luka kuntosio atau luka memar yang diakibatkan oleh benda tumpul. Sebelum mengakibatkan kulit rusak, benda tumpul tersebut terlebih dahulu melukai jaringan lunak dalam atau organ, seperti otot dan tulang;
  • Vulnus conquassatum: Luka pecah atau luka kontusi jaringan yang diakibatkan oleh trauma, seperti  tergilas, tertimpa oleh reruntuhan, atau kecelakaan mobil atau kereta api;
  • Vulnus caesum: Luka bacok yang disebabkan oleh benda tajam, di antaranya pdang, kapak, golok atau gergaji;
  • Vulnus morsum: Luka gigitan yang diakibatkan oleh gigitan hewan, di antaranya kucing, angjing, atau kuda;
  • Vulnus mixtum: Luka campuran yang melibatkan dua atau lebih luka;
  • Vulnus sclopetarium: Luka tembak yang diakibatkan oleh tembakan atau granat;
  • Vulnus perforatum: Luka tembus yang diakibatkan oleh benda tajam yang menembus ke jaringan tubuh.
  • Vulnus amputatum: Luka terpotong yang diakibatkan oleh terpancung atau terpotong benda tajam.
  • Vulnus excoriasi: Luka lecet yang diakibatkan oleh gesekan kulit dengan benda keras.
  • Vulnus laceratum: Luka robek yang diakibatkan oleh benda tumpul. Luka ini mengakibatkan jaringan lunak tubuh menjadi robek.  Seringkali jenis luka ini tidak teratur dan bergerigi.

Jadi, vulnus laceratum adalah jenis luka yang termasuk pada luka terbuka yang diakibatkan oleh ujung yang bergerigi, tidak teratur, atau tumpul yang mengakibatkan robeknya jaringan lunak. Pendarahan mungkin berat, dan lukanya mungkin dalam.

Klik Untuk Donasi - Bantu Elnino Sembuh Kembali
Donasikan Intususepsi
Elnino Sabian Rindra
Oleh Medikator
  • Terdanai Rp.5,077,455
  • Pencapaian 16.35%
  • Donatur 83

Mengenal Kode ICD 11

ICD singkatan dari International Classification of Diseases yaitu standar informasi kesehatan global yang diperuntukan bagi statistik mortalitas dan morbiditas yang penerbitannya disahkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dalam perawatan klinis dan penelitian, ICD semakin banyak digunakan untuk menentukan penyakit dan mempelajari pola penyakit, juga  mengelola perawatan kesehatan, memantau hasil, dan mengalokasikan sumber daya. ICD telah diterjemahkan ke dalam 43 bahasa. Sekarang ini telah terbit ICD versi 11.

Tujuan dan Penggunaan ICD

ICD adalah dasar untuk melakukan identifikasi statistik secara global juga tren kesehatan, dan standar internasional bagi pelaporan penyakit dan kondisi kesehatan. ICD merupakan standar klasifikasi diagnostik untuk semua tujuan klinis serta penelitian. ICD mendefinisikan semua penyakit, cedera, gangguan, dan kondisi kesehatan lainnya yang berhubungan, yang terdaftar secara komprehensif dan hierarkis. Karenanya dengan adanya ICD memungkinkan untuk:

  • Melakukan penyimpanan yang mudah, pengambilan dan analisis informasi kesehatan yang dapat dipergunakan untuk pengambilan keputusan berbasis bukti;
  • Rumah sakit, wilayah, lingkungan dan negara untuk saling berbagi serta membandingkan informasi kesehatan; dan
  • Melakukan perbandingan data di tempat yang sama dalam kurun waktu yang berbeda.

Kode ICD ini digunakan oleh petugas BPJS untuk entri data. Bagi operator rumah sakit/puskesmas atau juga operator lainnya yang berkaitan dengan mengentri data pelayanan BPJS kode ini akan sangat memerlukan untuk mengentri diagnosa rujukan. Selain itu, dokter juga memanfaatkan kode ini sebelum melakukan klaim biaya. Mereka bisa melakukan pengecekan diagnosis penyakit terlebih dahulu.

Pengkodean ICD 11 Untuk Luka Terbuka

Mengenal Kode ICD 11 Vulnus Laceratum dan Pengunaannya | WeCare.id

Luka terbuka dalam ICD 11 masuk dalam bab 22 yaitu cedera, keracunan, atau konsekuensi tertentu lainnya dari penyebab eksternal. Rentang kode untuk luka dimulai dengan NA00. Sementara versi ICD 10, rentang kode yang digunakan dimulai dengan S00-T98.

Dalam ICD, cedera artinya kerusakan fisik atau fisiologis tubuh yang diakibatkan oleh interaksi tubuh dengan energi (termal, mekanis, listrik, pancaran atau kimiawi atau dikarenakan tekanan ekstrim) pada kecepatan transfer, atau dalam jumlah yang bisa ditoleransi oleh fisik atau fisiologis.

Cedera juga bisa terjadi disebabkan kekurangan elemen vital, contohnya oksigen. Keracunan oleh dan efek racun yang berasal dari bahan-bahan termasuk di antaranya kerusakan atau karena perangkat yang ditanamkan. Sindrom penganiayaan termasuk dalam bab ini bahkan ketika kerusakan fisik atau fisiologis belum dilaporkan. Sebaliknya, efek psikologis tidak termasuk, contohnya perasaan terluka, dalam bab ini.

Klik Untuk Donasi - Alami Sindrom Nefrotik dan Gagal Ginjal Kronis, Aditya harus Cuci Darah Seumur Hidupnya
Donasikan Gagal Ginjal Kronis, Sindrom Nefrotik
Aditya Raja Wicaksana
Oleh Medikator
  • Terdanai Rp.2,589,000
  • Pencapaian 45.03%
  • Donatur 40

Untuk luka terbuka Open wound of unspecified body region atau vulnus lacertum yang termasuk luka terbuka, kodenya itu berubah dari T14.1 versi ICD 10 menjadi ND56.1. Jenis luka yang tidak termasuk adalah:

  • Luka terbuka yang melibatkan bagian tubuh yang banyak (ND31)
  • Amputasi traumatis yang melibatkan daerah tubuh yang banyak (ND35)
  • Amputasi traumatis NOS (ND56.8)

Berikut ini beberapa contoh kode ICD 11 untuk luka terbuka atau open wound:

  • NA01 = Luka kepala (Open wound of head)
  • NA21 = Luka leher (Open wound of neck)
  • NA81 = Luka dada (Open wound of thorax
  • NB51 = Luka Luka terbuka di perut, punggung bawah atau panggul (Open wound of abdomen, lower back or pelvis)
  • NC11 = Luka bahu dan lengan atas (Open wound of shoulder and upper arm),
  • NC31 = Luka siku dan lengan bawah (Open wound of shoulder and lower arm)
  • NC52 = Luka pergelangan tangan, tangan, dan jari-jari (Open wound of wrist, hand and fingers)
  • NC71 = Luka pinggul dan paha (Open wound of hip and thigh)
  • NC91 = Luka lutut dan tungkai bawah (Open wound of knee and lower leg Pergelangan kaki dan kaki)
  • ND12 = Luka pergelangan kaki dan kaki (Open wound of ankle and foot)
  • ND37 = Luka beberapa cedera yang tidak ditentukan (Unspecified multiple injuries)

Tiap detail luka memiliki kodenya sendiri. Contohnya untuk kode luka di kepala dimulai dari NA01 – NA01.Z. Sama juga dengan luka terbuka di leher yang dimulai dari NA21 – NA21.Z dan begitu seterusnya.

Sambil kita mengedukasi diri kita dengan informasi ini, WeCare mau ajak kamu untuk melakukan hal istimewa dan bantu pasien tidak mampu yang menderita berbagai penyakit! Buka tautan dibawah untuk donasi atau gunakan aplikasi WeCare.id di App Store atau Google Play supaya donasi menjadi lebih mudah. Betapa istimewanya ya, berbagi pada sesama yang membutuhkan!

Referensi:

Faeza, A. (n.d). Vulnus Laceratum. Aladokter.com.
For The Record. (2012). Coding for Open Wounds.
Ghina, S. (n.d). Definisi Luka/Wound/Vulnus. Academia.edu.
Health Central. (2019). Open Wounds.
Howmed. (n.d). Lacerations -Types and Forensic Importance.
ICD. (2019). Injury, poisoning and certain other consequences of external causes. icd.who.int.
Roddick, J. (2018). Open Wound. Healthline.com.
Singapore Sports and Orthopaedic Clinic. (n.d). Lacerations Wound. Orthopaedics.com.sg.
Tornese, N. (2018). How to Code for Open Wounds Using ICD-10 and CPT Medical Codes. Outsourcestrategies.com.
WHO. (2018). Coding disease and death. who.int.
Wound Care Centers. (n.d). Closed Wound Basics.
Wound Care Centers. (n.d). Different Types of Wounds.
Wulandari, L.R. (2020). Jangan Panik Punya Luka Robek! Ini 4 Cara Pertolongan Pertama untuk Vulnus Laceratum. Sehatq.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *