Donasi Masjid: Sedekah Jariyah yang Pahalanya Terus Mengalir

Donasi Masjid: Sedekah Jariyah yang Pahalanya Terus Mengalir

KawanPeduli, pernahkah KawanPeduli mendapat ajakan memberikan donasi untuk pembangunan sebuah masjid? Donasi masjid adalah bentuk partisipasi aktif kita dalam pembangunan rumah ibadah dan pusat komunitas umat Islam.

Bicara soal masjid, apa yang pertama kali terlintas di benak KawanPeduli? Tempat shalat? Tentu benar, tapi masjid jauh lebih dari itu. Masjid adalah jantung kehidupan umat muslim. Di sanalah mereka menguatkan hubungan dengan Allah, bersosialisasi dengan sesama, dan mempererat tali silaturahmi.

Di masa Nabi Muhammad SAW, masjid menjadi pusat segala aktivitas masyarakat. Tidak hanya untuk ibadah, tapi juga menjadi tempat berkumpulnya umat untuk berbagai kegiatan sosial, politik, bahkan ekonomi. Sebagai pusat kegiatan umat muslim, masjid menjadi simbol utuh dari kemajuan peradaban Islam dalam berbagai aspek kehidupan.

Sedekah Jariyah Melalui Pembangunan Masjid

Donasi masjid termasuk dalam kategori sedekah jariyah yang menjanjikan imbalan pahala yang terus mengalir dan berlipat ganda tanpa batas waktu. Ketika kita menyumbangkan harta untuk pembangunan atau renovasi masjid, kita tidak hanya berkontribusi pada penyediaan tempat ibadah, tetapi juga membantu membangun pusat kehidupan komunitas muslim.

Hadis Nabi Muhammad SAW menjelaskan tentang keutamaan membangun masjid. Dalam riwayat Imam al-Bazzar, Imam Muslim, dan ulama besar lainnya, disebutkan bahwa siapa saja yang membangun masjid karena Allah, baik itu besar maupun kecil, akan mendapatkan rumah di surga.

Bahkan, dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal dan Ibnu Abi Syaibah, disebutkan bahwa membangun masjid seukuran tempat burung bertelur saja akan mendapatkan balasan rumah di surga. Keutamaan ini tidak hanya berlaku untuk individu yang membangun masjid sendirian, tetapi juga bagi mereka yang berkontribusi secara kolektif.

Penting untuk diingat, niat dalam membangun masjid harus tulus untuk mencari ridha Allah. Membangun masjid bukan untuk mencari popularitas, kekuasaan, atau kepentingan duniawi lainnya. Keikhlasan menjadi kunci agar pahala dari sedekah jariyah ini tetap mengalir dan menjadi amal yang diberkahi.

Keutamaan Membangun Masjid

Ada banyak keutamaan yang diperoleh dari membangun masjid. Berikut ini beberapa di antaranya:

Mendapatkan Pahala Jariyah yang Terus Mengalir

Setiap amal kebaikan yang dilakukan di masjid akan mendatangkan pahala bagi orang yang berkontribusi dalam pembangunannya, bahkan setelah mereka meninggal dunia.

Menjadi Tabungan Amal Kebaikan di Akhirat

Membangun masjid menjadi investasi untuk akhirat, di mana amal kebaikan tersebut akan terus mengalir sebagai bekal di hari pembalasan.

Mendapatkan Keberkahan Hidup

Harta yang diinfakkan untuk membangun masjid akan memberikan manfaat besar bagi orang lain, yang secara langsung akan memberikan keberkahan dalam hidup.

Mendapatkan Naungan di Hari Kiamat

Pada saat manusia berkumpul di Padang Mahsyar yang terik dan mencekam, amal sedekah yang telah disalurkan semasa hidup akan menjadi naungan bagi para dermawan.

Bagaikan Membangun Surga untuk Diri Sendiri

Siapa pun yang membangun masjid akan mendapatkan pahala berupa tempat tinggal di surga.

Donasi Masjid Nurul Huda

Klik Untuk Donasi - Menghidupkan kembali Peran Masjid Nurul Huda di Malunda, Majene.
  1. Terdanai Rp.174,940,000
  2. Pencapaian 15.15%
  3. Donatur 92

Bagaimana jika masjid yang menjadi pusat kehidupan lingkungan kita tiba-tiba hancur? Itu yang terjadi pada masjid Nurul Huda. Musibah gempa bumi pada tahun 2021 yang melanda Malunda, Majene, Sulawesi Barat telah merusak masjid tersebut.

Tidak hanya merusak bangunan fisik masjid, gempa juga merenggut pusat kegiatan sosial dan spiritual masyarakat setempat. Kehilangan masjid Nurul Huda berarti kehilangan tempat ibadah dan tempat berinteraksi yang sangat penting bagi warga.

Meski warga setempat telah berusaha membangun kembali masjid secara swadaya, upaya tersebut belum sepenuhnya berhasil. Renovasi baru mencapai tahap pemasangan tiang pancang, dan masih membutuhkan bantuan lebih lanjut.

Melihat kondisi ini, Amartha Foundation, bersama WeCare.id dan Masjid Nusantara, berinisiatif untuk mengajak masyarakat luas untuk melakukan donasi masjid dan bergotong-royong dalam membangun kembali Masjid Nurul Huda.

Tujuan donasi masjid ini tidak hanya memperbaiki bangunan masjid, tetapi juga menghidupkan kembali berbagai kegiatan sosial dan ekonomi di sekitar masjid.

Dengan berdonasi, kita bisa berpartisipasi dalam upaya besar ini dan ikut serta dalam investasi abadi untuk akhirat. Sebagaimana disebutkan dalam hadis, setiap kali seseorang menggunakan masjid untuk ibadah, pahala akan terus mengalir kepada mereka yang berkontribusi.

Bersama Kita Bangun Kembali Masjid Nurul Huda

Dengan bersama-sama, kita dapat membantu masyarakat Malunda, Majene, dalam memulihkan masjid mereka. Sekecil apa pun donasi dari KawanPeduli akan memberikan dampak yang besar bagi kehidupan sosial dan spiritual masyarakat setempat. Yuk, kita bantu masyarakat Malunda mewujudkan harapan mereka untuk memiliki Masjid Nurul Huda yang baru melalui donasi masjid.

Referensi

Admin. (2023). Fungsi Masjid ala Rasulullah, Dari Tempat Sholat Hingga Latihan Perang. Diambil kembali dari www.itb-ad.ac.id.

admin_relawan24. (2024). Sedekah Jariyah: Investasi Kebaikan yang Abadi. Diambil kembali dari baznas.jogjakota.go.id.

Bih, M. M. (2019). Keutamaan Membangun Masjid. Diambil kembali dari www.nu.or.id.

Merawat Masjid untuk Merawat Kehidupan. (t.thn.). Diambil kembali dari wecare.id.ydsfpeduli. (2023). Inilah 5 Keutamaan Membangun Masjid, Salah Satunya Mendapat Pahala yang Terus Mengalir. Diambil kembali dari ydsfpeduli.org.