Alvaro Idap Gangguan Ginjal Akut Akibat Konsumsi Parasetamol

Alvaro Idap Gangguan Ginjal Akut Akibat Konsumsi Parasetamol

Ibu-ibu masih ingat dengan kasus anak-anak yang terkena Gangguan Ginjal Akut (GGA) pada tahun 2022-2023? Beberapa anak tiba-tiba mengalami GGA. Salah satunya adalah seorang anak berusia 1 tahun yang asal Jakarta. Pasien pertama yang terkonfirmasi ini awalnya mengalami demam dan diberikan obat sirop penurun demam yang dibeli di apotek. 

Namun gejalanya bertambah menjadi batuk, demam, pilek, dan tidak bisa buang air kecil. Sempat dirujuk ke beberapa rumah sakit sampai akhirnya dia meninggal 3 jam setelah tiba di RSCM. Investigasi BPOM mengungkapkan bahwa obat demam yang dikonsumsinya mengandung dietilen glikol dan etilen glikol, namun kadarnya masih dalam batas yang diizinkan.

Korban gangguan ginjal akut lainnya di tahun tersebut adalah anak saya sendiri, Alvaro. Anak saya divonis mengalami GGA setelah meminum obat demam yang ternyata mengandung etilen glikol yang membuat tubuhnya mengalami keracunan. 

Apa itu Gangguan Ginjal Akut?

Gangguan ginjal akut atau Acute Kidney Injury (AKI) adalah penurunan mendadak kemampuan ginjal untuk bekerja dan menjalankan fungsi normalnya. Kondisi ini kadang-kadang disebut juga sebagai gagal ginjal akut. GGA sangat serius dan perlu ditangani segera untuk mencegah kerusakan ginjal yang berkelanjutan.

Gejala GGA

Gejala gagal ginjal akut muncul secara tiba-tiba, dalam hitungan jam atau hari. Beberapa gejala yang paling umum meliputi:

  • Pendarahan berat
  • Demam
  • Ruam
  • Diare berdarah
  • Muntah parah
  • Nyeri perut
  • Tidak ada produksi urin atau produksi urin yang berlebihan
  • Kulit pucat
  • Edema (pembengkakan jaringan)
  • Pembengkakan di sekitar mata
  • Benjolan/pembengkakan yang tidak normal yang ditemukan di dalam perut

Satu dari gejala yang disebutkan di atas dialami oleh Alvaro, anak saya. Gejala yang dia dialami adalah tidak bisa buang air kecil. Kondisinya memburuk hingga dia mengalami koma selama 2 bulan dan memerlukan perawatan intensif selama 6 bulan, termasuk cuci darah rutin.

Penyebab Gagal Ginjal Akut

Penurunan tiba-tiba aliran darah dan/atau oksigen ke ginjal sering kali menjadi penyebab gangguan ginjal akut. Ini bisa terjadi akibat:

  • Kecelakaan
  • Operasi
  • Gangguan pada aliran darah, misalnya akibat serangan jantung, dapat memicu kondisi ini.

Selain itu, gagal ginjal akut juga dapat terjadi jika:

  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu yang mungkin beracun bagi ginjal
  • Mengalami cedera pada perut atau punggung
  • Terjadinya sumbatan atau hambatan secara mendadak di saluran kemih bisa menjadi pemicu.
  • Terkena infeksi seperti sindrom uremik hemolitik (HUS)
  • Lahir dengan kelainan pembuluh darah yang menghentikan aliran darah ke ginjal
  • Beberapa penyakit atau kondisi medis seperti glomerulonefritis atau lupus dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjal.

Anak saya mengalami gangguan ginjal akut setelah mengonsumsi obat parasetamol yang ternyata diketahui mengandung etilen glikol.

Apa Itu Etilen Glikol?

Rasa penasaran saya mengenai kandungan obat parasetamol yang dikonsumsi Alvaro membawa saya pada uraian dari Prof. apt. Muchtaridi, PhD, Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran. Menurut beliau, dietilen glikol dan etilen glikol adalah pelarut organik berasa manis yang sering disalahgunakan sebagai pengganti propilen glikol atau polietilen glikol dalam obat.

Ketika masuk ke tubuh, senyawa ini mengalami oksidasi oleh enzim, membentuk asam oksalat. Asam oksalat dapat mengkristal membentuk struktur seperti jarum tajam yang dapat mencederai ginjal. Dampak yang ditimbulkan bisa lebih serius pada anak-anak, mengingat ukuran ginjal mereka yang lebih kecil. Efek senyawa ini juga dapat memengaruhi jantung dan berpotensi menyebabkan kematian cepat.

Setelah kasus gangguan ginjal merebak, BPOM menguji beberapa merek obat. Diketahui beberapa obat dinyatakan mengandung dietilen glikol dan etilen glikol dan produknya ditarik dari peredaran. Berikut beberapa daftar obat sirop yang disebutkan mengandung dietilen glikol dan etilen glikol:

Pemilik Izin EdarNama Produk
PT Afi Farma Paracetamol Drops Paracetamol Sirup Rasa Peppermint Vipcol Sirup
PT Yarindo FarmatamaFlurin DMP Sirup botol plastik 60 ml
PT Universal Pharmaceutical IndustriesUnibebi Cough Sirup botol plastik 60 mlUnibebi Demam Sirup botol 60 mlUnibebi Demam Drops botol 15 ml
PT KonimexTermorex Sirup botol plastik 60 ml

Ibu-ibu bisa mengecek nama-nama obat lainnya yang ditarik tersebut di tautan berikut yang terhubung dengan laman situs BPOM. 

Seperti Apa Metode Pengobatannya?

Pengobatan gangguan ginjal akut bergantung pada penyebabnya. Beberapa metode yang umum dipakai dalam pengobatan GGA, di antaranya:

  • Menghentikan penggunaan obat-obatan yang diduga menjadi penyebab atau berkontribusi terhadap terjadinya gagal ginjal akut.
  • Memberikan cairan (baik melalui mulut atau melalui pembuluh darah)
  • Antibiotik (jika GGA disebabkan oleh infeksi bakteri)
  • Memasang kateter urin (jika gangguan ginjal akut disebabkan oleh penyumbatan)
  • Dialisis atau cuci darah (bergantung pada tingkat keparahan kerusakan ginjal dan/atau dampaknya pada organ lain)

Dalam kebanyakan kasus, perawatan cuci darah hanya bersifat sementara sampai ginjal dapat pulih. Sebagian besar penderita CGA perlu dirawat di rumah sakit untuk dipantau selama menjalani pengobatan.

Saat ini, Alvaro menjalani cuci darah di rumah sebanyak 5 kali sehari. Jenis cuci darah yang dilakukan anak saya adalah dialisis peritoneal. Metode cuci darah ini tidak menggunakan mesin untuk menyaring darah melainkan menggunakan lapisan dalam perut yang disebut membran peritoneum sebagai filter alami. 

Selain itu, Alvaro masih harus bergantung pada nutrisi melalui selang NGT dan membutuhkan fisioterapi berkelanjutan. Anak saya juga harus melakukan kontrol rutin ke rumah sakit 3-4 kali seminggu.

Kendala Biaya Menghantui Pengobatan Alvaro

Klik Untuk Donasi - Butuh Cuci Darah 5 Kali Sehari untuk Bertahan Hidup, Alvaro Mengharapkan Bantuanmu!
Bantu Keberlanjutan Hidup Alvaro de...
Alvaro Fidelis Sulu
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.3,046,000
  2. Pencapaian 11.60%
  3. Donatur 38

Biaya transportasi untuk kunjungan rumah sakit menjadi beban berat bagi saya karena penghasilan suami saya yang terbatas. Untuk itu saya sangat memohon bantuan dari KawanPeduli untuk meringankan beban biaya pengobatan Alvaro. Bantu anak saya agar bisa sembuh sehingga dapat kembali bersekolah dan beraktivitas seperti anak-anak yang lain.

Untuk berdonasi, KawanPeduli bisa cek kampanye untuk Alvaro di WeCare.id. Setiap sumbangan dari KawanPeduli yang disalurkan melalui WeCare.id akan sangat berarti untuk mendukung pengobatan gangguan ginjal akut yang dialami anak saya. 

Referensi

Acute kidney injury (AKI). (2022). Diambil kembali dari www.kidneyfund.orgi.

Acute Kidney Injury (AKI). (2024). Diambil kembali dari www.kidney.org.

Acute Kidney Injury. (2016). Diambil kembali dari www.childrenshospital.org.

Maulana, A. (2022). Mengapa Dietilen Glikol dan Etilen Glikol Memicu Gagal Ginjal? Diambil kembali dari www.unpad.ac.id.

Nurhanisah, Y. (2023). Daftar 8 Obat Sirup Ditarik dari Peredaran. Diambil kembali dari indonesiabaik.id.

Putri, L. M. (2024). Kemenkes panggil RSCM untuk bahas temuan kasus 60 gagal ginjal anak. Diambil kembali dari www.antaranews.com.

Rokom. (2022). Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak Meningkat, Orang Tua Diminta Waspada. Diambil kembali dari sehatnegeriku.kemkes.go.id.

Rokom. (2023). Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut Pada Anak, Pemerintah Siapkan Langkah Antisipatif. Diambil kembali dari sehatnegeriku.kemkes.go.id.