Seperti Apasih Beda Orang yang Kepo dan Peduli?

Seperti Apasih Beda Orang yang Kepo dan Peduli?

Terkadang kita sangat membutuhkan orang yang bersedia mendengarkan saat kita mengalami masalah. Namun tak jarang dibalik perhatian seseorang tersembunyi niat tertentu. Ada yang tampak seperti peduli padahal niat sebenarnya adalah kepo, alias ingin tahu saja. Orang tersebut tak benar-benar ingin membantu kita. Pastinya orang seperti ini hanya membuat kita kesal karena di saat kita butuh teman yang sesungguhnya, dia malah tidak peduli dengan masalah kita. 

Supaya tidak salah pilih teman curhat, ada baiknya kamu kenali perbedaan orang yang kepo dengan orang yang peduli dengan kita. Berikut beberapa perbedaan antara kepo dan peduli yang dirangkum dari beberapa sumber.

Bertanya langsung atau melalui perantara

Orang yang peduli dengan kita biasanya akan langsung menanyakan masalahnya pada kita. Orang tersebut ingin menunjukkan rasa empatinya pada masalah yang kita hadapi. Beda dengan orang kepo. Dia akan bertanya kepada orang lain mengenai masalah kita. Tujuan utamanya sih untuk dapat informasi sebanyak-banyaknya. Tapi ada juga yang berani langsung bertanya pada kita. Sayangnya orang kepo umumnya bertanya dengan cara yang tidak tepat atau malah menyinggung kita.

Maksud di balik pertanyaan

Berbeda dengan orang yang kepo, orang yang peduli tak punya niat apapun kecuali ingin membantu kita terlepas dari masalah atau ingin meringankan beban kita. Maksud mereka bertanya karena ingin kita merasa lega dan tidak merasa sendirian.

Sementara kalau orang kepo yang bertanya, maksud mereka bukan untuk membantu kita terlepas dari beban berat yang sedang kita derita. Orang tersebut hanya ingin mendapatkan informasi tentang derita yang kita miliki untuk kemudian dibagikan pada orang lain. Selain itu, orang kepo juga senang melihat orang lain menderita.

Apakah memaksa atau tidak?

Kalau orang peduli, dia tidak akan memaksa kita untuk menceritakan masalah yang kita alami. Dia akan paham kalau kita belum mau bercerita. Dia tidak akan membujuk secara terus-menerus agar kita mengutarakan masalah kita. Sebaliknya, orang yang peduli akan dengan sabar menanti kita bercerita. 

Nah, kalau orang itu hanya kepo saja, dia akan berusaha keras membuat kita membicarakan masalah kita kepadanya. Segala cara akan dia lakukan agar kita mau bercerita. Bisa dengan cara membahas lagi semua kebaikan dia atau kedekatannya dengan kita. Mungkin dia juga berjanji tak akan membocorkan masalah kita.

Menolong atau basa-basi?

Kalau dia benar-benar orang yang peduli, dia akan meluangkan waktu untuk mendengarkan cerita kita meskipun dia sedang sibuk. Tanpa diminta pun orang yang peduli dengan kita pasti akan membantu. Dia akan berada bersama kita di saat kita menghadapi masalah. Dengan senang hati dia akan menawarkan untuk memberikan bantuan dan ikhlas membantu kita semampu dia.

Ini merupakan bukti kalau dia itu peduli. Nah, kalau orang yang kepo, dia keliatan seperti ingin membantu tapi saat kita benar-benar butuh teman berbicara, dia tak bisa kita hubungi atau menghindar dengan berbagai alasan.

Apakah cenderung menghakimi?

Orang yang benar-benar peduli dengan masalah yang kita hadapi, mereka tidak akan menghakimi kita. Justru dia akan berusaha untuk menempatkan dirinya pada posisi kita. Ini berbeda dengan apa yang dilakukan oleh orang yang kepo. Dia justru akan menghakimi kita saat kita menceritakan permasalahan yang kita hadapi. Perbuatan menghakimi ini bisa dilakukan langsung atau hanya dalam pikirannya saja. 

Detail

Ciri orang kepo itu kalau sedang diajak curhat, dia ingin mendapatkan cerita kita secara detail. Jangan sampai ada satu pun yang terlewat. Cerita detail ini penting karena akan menghasilkan cerita yang seru saat dia bagikan pada orang lain. Supaya kita tahu apakah orang itu kepo atau peduli, perhatikan detail pertanyaan dia. Seberapa banyak dia ingin tahu cerita kita? Apakah dia meminta kita bercerita dengan cara memaksa? Orang yang peduli akan membiarkan kita bercerita sampai kita benar-benar merasa lega dan di akhir akan memberikan kita dukungan dan perhatian.

Nah, itulah beda antara orang kepo dan peduli. Jadi, jangan sampai kita salah cari teman curhat yang akhirnya membuat kita malah merasa kesal dan marah bukannya lega. Kalau sudah merasa lega karena dibantu orang peduli, ini saatnya kita bantu yang lain. Yuk, luangkan waktu dengan meluangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

KURBANESIA: Berbuat kebaikan dan kurban online #dariRUMAHaja!

Referensi

Aprilia, D. (2021). Nyaris Sama, Ini Bedanya Orang Peduli dan Hanya Kepo dengan Masalah Hidupmu. Diambil kembali dari beautynesia.id.

Kirana, Y. (2017). Kamu Peduli atau Kepo Sih? Cari Tau Bedanya di Sini. Diambil kembali dari today.line.me.Kustiani, R. (2018). Teman Kepo VS Teman Perhatian, Simak 4 Ciri – cirinya. Diambil kembali dari cantika.com.