Manfaat Zakat: Solusi untuk Kesenjangan Sosial

Manfaat Zakat: Solusi untuk Kesenjangan Sosial

Zakat berasal dari kata kerja “zaka” yang artinya tumbuh dan bertambah. Akar katanya dalam bahasa Arab berarti kebersihan, pertumbuhan, berkah, dan kesucian. Manfaat zakat berupa pertumbuhan dan kebersihan ini tidak terbatas pada aset yang dizakatkan saja, tetapi mencapai orang yang membayarnya juga, sesuai dengan ayat 103 dalam Surat At-Taubah:

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka … .” 

Sementara itu dalam ajaran Islam, kata zakat mengacu pada bagian tertentu dari kekayaan yang ditetapkan oleh Allah untuk didistribusikan di antara kelompok-kelompok yang layak mendapatkannya. Dengan ini orang-orang yang menerima pemberiannya pun ikut tumbuh. Itulah makna tumbuh dan bertambah dalam kata zakat.

Manfaat Zakat dalam Kehidupan Sosial

Zakat merupakan prinsip penting dalam agama Islam yang tidak hanya memiliki makna spiritual, tetapi juga dampak signifikan dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Salah satu manfaat zakat yang utama adalah dalam mengurangi kesenjangan ekonomi dengan mendistribusikan dana dari yang mampu kepada yang membutuhkan. 

Selain itu, zakat juga memperkuat solidaritas sosial dengan meningkatkan rasa peduli terhadap sesama, serta membuka akses terhadap pendidikan dan kesehatan bagi golongan kurang mampu. Manfaat zakat lainnya adalah memperkuat perekonomian lokal dengan mengalokasikan modal ke sektor-sektor ekonomi mikro dan kecil, yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal dan penciptaan lapangan kerja. 

Dengan memastikan akses yang adil terhadap sumber daya dan kesempatan, zakat membantu menciptakan lingkungan sosial yang lebih stabil dan harmonis. Ini mengurangi kemungkinan konflik sosial dan memberikan dasar yang kokoh bagi pembangunan sosial yang berkelanjutan.

Secara keseluruhan, zakat berperan penting dalam membentuk masyarakat yang lebih adil, solidaritas, dan berkelanjutan. Dengan mendorong pendistribusian kembali kekayaan, solidaritas sosial, dan keadilan ekonomi, zakat bermanfaat dalam membantu menciptakan masyarakat yang lebih merata, berdaya, dan sejahtera bagi semua individu. 

Hitung Zakat Penghasilanmu di Sini!

Jenis-Jenis Zakat

Umumnya zakat dibagi menjadi dua, yaitu zakat nafs (jiwa) atau yang biasa disebut zakat fitrah, dan zakat maal (harta). 

Zakat Fitrah

Ini merupakan zakat yang harus dibayar oleh setiap muslim menjelang Hari Raya Idul Fitri, di bulan suci Ramadan. Zakat fitrah wajib untuk dikeluarkan oleh tiap individu yang telah memenuhi syarat. 3 syarat utamanya yaitu, beragama Islam, mampu atau pun berkecukupan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan membayar sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Besarannya adalah sekitar 2,5 kg beras atau makanan pokok lainnya per orang. Zakat fitrah dapat dibayar oleh seseorang untuk orang lain, seperti orang tua atau saudara, dengan niat yang berbeda-beda bergantung kepada siapa zakat tersebut ditujukan.

Zakat Maal

Sementara itu, zakat maal berasal dari kata Arab yang berarti harta atau kekayaan. Ini merujuk pada segala hal yang diinginkan manusia untuk disimpan dan dimiliki. Zakat Maal adalah kewajiban zakat atas harta atau kekayaan yang dimiliki individu. 

Dalam Islam, harta meliputi segala yang bernilai dan dapat dimiliki oleh seseorang, seperti uang, emas, perhiasan, properti, surat berharga, penghasilan dari pekerjaan, aset perdagangan, hasil tambang, hasil laut, sewa properti, dan lainnya.

Berzakat Melalui WeCare.id

Mengetahui begitu besarnya manfaat zakat bagi kehidupan sosial, pasti TemanPeduli tak ingin ketinggalan untuk ikut berzakat. Bagi TemanPeduli yang ingin berzakat, WeCare.id memiliki program zakat. Ada tiga jenis zakat yang bisa dipilih, yaitu:

  1. Penghasilan
  2. Maal
  3. Fitrah

Untuk memudahkan TemanPeduli dalam menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan, tersedia kalkulator zakat yang dibuat mengikuti peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No.52 Tahun 2019. 

Ketika selesai menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan, TemanPeduli pastikan untuk membaca niat berzakat yang tercantum di situs WeCare.id atau aplikasi WeCare.id. Setelah itu barulah klik bayar zakat sesuai dengan jenis zakat yang dipilih.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Admin Asmara. (2024). Manfaat Zakat dalam Kehidupan Sosial dan Bermasyarakat. Diambil kembali dari kotayogya.baznas.go.id.

Markom BAZNAS. (2022). Jenis Zakat yang Wajib Diketahui. Diambil kembali dari baznas.go.id.

Shariah Editor. (2024). What Is the Meaning of Zakah? Is It a Hebrew Word? Retrieved from aboutislam.net.Roqib, A. (2024). 4 Rukun Zakat Fitrah yang wajib Dipenuhi dan Syaratnya! Diambil kembali dari yatimmandiri.org.

Sumber Featured Image : Mufid Majnun on Unsplash