Donasi Rutin, Bergotong-royong Membantu Sesama

Donasi Rutin, Bergotong-royong Membantu Sesama

Membantu sesama yang membutuhkan tidak harus menunggu sampai kaya raya karena saat ini banyak cara membantu yang dilakukan secara gotong-royong. Anda bisa ikut berdonasi dengan dermawan lainnya untuk membantu sesama semampu Anda. Banyak program berdonasi yang bisa Anda ikuti, salah satunya adalah program donasi rutin dari WeCare.id.

Mengapa Perlu Berdonasi?

Ada banyak alasan mengapa orang berdonasi. Bagi kebanyakan orang berdonasi merupakan pilihan pribadi. Namun beberapa alasan berikut ini mungkin bisa menjadi pertimbangan mengapa Anda perlu berdonasi?

  • Membantu Membuat Perbedaan

Ketika Anda memberikan donasi rutin kepada sebuah lembaga penggalangan dana atau lembaga amal, Anda sudah membantu membuat perbedaan yang nyata. Bantuan yang Anda berikan membantu lembaga-lembaga tersebut untuk mengerjakan pekerjaan pentingnya, yaitu menolong yang membutuhkan berkat bantuan yang diberikan para donatur. 

  • Memberi Manfaat bagi Masyarakat yang Membutuhkan dan Paling Rentan

Sering kali di masyarakat orang-orang yang sangat membutuhkan bantuan adalah yang paling diabaikan. Itulah sebabnya lembaga-lembaga amal hadir. Mereka mengisi kesenjangan dan menyediakan sumber daya yang didedikasikan untuk membantu mereka yang paling rentan.

  • Menumbuhkan Rasa Kepedulian

Terkadang bagi sebagian orang, hidup itu bisa sangat sulit. Namun, mereka bisa terbantu melalui donasi yang dikumpulkan secara gotong-royong. Dengan membantu mereka yang membutuhkan, bisa membantu Anda merasa lebih terkoneksi dengan orang-orang di sekitar Anda.

  • Memberikan Manfaat untuk Kesehatan Mental

Salah satu efek positif dari memberikan donasi adalah perasaan bahagia saat memberi. Bisa membantu orang lain memberikan kepuasan tersendiri. Berdonasi juga bisa meningkatkan harga diri karena Anda tahu Anda bisa menjadi sumber daya yang dibutuhkan untuk sebuah tujuan yang mulia. Perasaan positif tersebut meningkatkan suasana hati dan akhirnya bisa mengurangi depresi.

Program Berdonasi WeCare.id

Mengetahui semua manfaat dari berdonasi, tentunya Anda tak ingin ketinggalan untuk bisa ikut berdonasi. Salah satu lembaga penggalangan dana yang memiliki program berdonasi untuk pasien yang butuh bantuan biaya pengobatan dan masyarakat tidak mampu adalah WeCare.id. 

Banyak kampanye penggalangan dana yang bisa Anda pilih. Atau Anda bisa memilih untuk mengikuti program donasi rutin.

Seperti Apa Program Donasi Rutin WeCare.id?

Berbagi untuk mereka yang membutuhkan setiap bulannya.

WeCare.id telah memulai sebuah program berdonasi rutin untuk membantu orang-orang yang berjuang setiap hari untuk hidup mereka. Nama program tersebut adalah Donasi Rutin. Program bantuan ini memiliki beberapa paket yang bisa Anda pilih, yaitu:

#BantuPasien

Bantuan akan diberikan kepada pasien yang tidak mampu dan tidak memiliki BPJS serta membutuhkan perawatan medis darurat. Prioritas donasi akan diberikan untuk tindakan medis seperti operasi, obat-obatan, dan peralatan medis yang tidak ditanggung oleh BPJS.

Banyak kasus di mana pasien yang diobati oleh BPJS tetapi tidak mampu untuk biaya akomodasi dan transportasi ke rumah sakit. Pasien sering tinggal jauh dari rumah sakit, sehingga harus melakukan perjalanan yang panjang untuk kontrol ke rumah sakit hingga tiga kali seminggu.

Donasi rutin akan disalurkan secara rutin karena masih banyak masyarakat di Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan, seperti yang disebutkan oleh Badan Pusat Statistik pada tahun 2021. Kondisi ini menyebabkan masalah kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan lingkungan yang mempengaruhi akses masyarakat terhadap fasilitas kesehatan. Jumlah bantuan untuk paket ini dimulai dari Rp25.000/bulan.

#CegahStunting

Menurut Badan Pusat Statistik, Provinsi NTT memiliki rasio penderita gizi buruk tertinggi di tahun 2018, yakni 9,7% dari setiap 10.000 penduduk. Studi Status Gizi Balita Kemenkes RI tahun 2019 menunjukkan bahwa NTT juga memiliki prevalensi stunting tertinggi di Indonesia, mencapai 43,8%. Gizi buruk adalah kondisi di mana berat dan tinggi badan balita tidak sesuai dengan umurnya karena kekurangan protein.

Peningkatan kasus gizi buruk terjadi selama pandemi COVID-19 karena orang tua enggan membawa anak ke fasilitas kesehatan, yang mengakibatkan kurangnya pemantauan gizi. Ketahanan pangan keluarga sangat penting dalam mencegah gizi buruk. Anak-anak yang mengalami gizi buruk kebanyakan berasal dari keluarga miskin yang terdampak oleh pandemi COVID-19.

Program ini ditujukan untuk anak-anak Desa Kolbano, Nusa Tenggara Timur, yang mengalami masalah gizi buruk. Kurangnya akses terhadap variasi makanan, ketahanan pangan, dan daya beli rendah menyebabkan rendahnya konsumsi protein dan kurangnya akses terhadap makanan bernutrisi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, program ini meliputi pembuatan kebun gizi dan kolam ikan secara mandiri oleh masyarakat setempat. Hal ini bertujuan untuk memastikan akses yang lebih mudah, hemat, dan berkelanjutan terhadap makanan bernutrisi. 

Selain itu, Sembako Paket Gizi dan Modul Kesehatan Anak dan Keluarga disediakan untuk memberikan referensi makanan bergizi dan panduan kesehatan kepada keluarga di desa tersebut. Jumlah donasi rutin untuk paket ini dimulai dari Rp50.000 per bulan.

#TanamPohon

Hutan merupakan cadangan oksigen terbesar oleh karena itu salah satu fungsi dari hutan adalah menjadi paru-paru dunia. Setiap orang membutuhkan banyak pohon untuk bernafas dan hidup sehari-hari. Namun, jumlah pohon per orang di bumi masih kurang, yang berkontribusi pada pemanasan global. 

Kabar baiknya, semua orang masih punya kesempatan untuk membantu memperbaiki situasi ini dengan menanam pohon dan menjaga hutan, bahkan dari jauh melalui dukungan teknologi. Dengan memilih paket #TanahPohon, Anda ikut melestarikan hutan Indonesia. Jumlah donasi rutin dimulai dari Rp125.000 per bulan. Mari bersama-sama melestarikan hutan Indonesia.

Cara Berdonasi

Jika Anda tertarik untuk menjadi TemanPeduli dalam program Donasi Rutin, Anda tinggal pilih paket bantuan yang Anda inginkan. Kemudian klik donasikan dan isi jumlah bantuan yang ingin diberikan. Setelah itu, pilih metode pembayaran yang tersedia di WeCare.id. Pengiriman bantuan ini bisa dilakukan melalui situs web WeCare.id atau aplikasi WeCare.id yang bisa Anda unduh di Google Play atau App Store. 

Yuk, ulurkan tangan untuk membantu sesama yang membutuhkan bersama WeCare.id!

Referensi

10 reasons you should give to charity. (2021). Diambil kembali dari nspcc.org.uk.

Donasi Rutin. (2020). Diambil kembali dari wecare.id.The Health Benefits You’ll Receive By Donating To Charity. (2021). Diambil kembali dari savethechildren.org.

Sumber Featured Image : rupixen on Unsplash