Bahaya Mengonsumsi Minuman Manis Saat Cuaca Panas

Bahaya Mengonsumsi Minuman Manis Saat Cuaca Panas

Saat cuaca panas, kita butuh minuman yang dapat menyegarkan tenggorokan yang kering. Sayangnya, jenis minuman yang lebih banyak dikonsumsi adalah minuman manis, contohnya minuman dingin seperti soda, beragam jenis teh yang rasanya manis, atau jus buah aneka rasa dengan tambahan gula. Ini berarti kita lebih banyak mengonsumsi gula dan ini berbahaya untuk kesehatan kita.

Fazah korban tabrak lari sangat membutuhkan bantuanmu!

Apa Bahaya Mengonsumsi Minuman Manis di Saat Cuaca Panas?

Terlalu banyak gula dalam makanan dan minuman bisa menjadi masalah, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Diet yang tinggi gula, entah dari makanan atau minuman, selama ini telah dikaitkan dengan masalah seperti kerusakan gigi, obesitas, dan diabetes.

Selain dari tiga masalah kesehatan yang telah disebutkan di atas, minuman manis juga berisiko menyebabkan penyakit ginjal. Para peneliti dari Universitas Buffalo di New York telah melakukan penelitian yang mengungkap potensi risiko penyakit ginjal bagi mereka yang minum minuman berkafein dan mengandung gula saat bekerja di cuaca panas. 

Mereka mensimulasikan kondisi kerja di lapangan pertanian pada hari yang panas, di mana sekelompok orang dewasa sehat menjalani latihan fisik selama satu jam di dalam laboratorium. Peserta diuji dengan memberikan minuman air atau minuman bersoda berkafein dan bergula selama istirahat. 

Hasilnya, peserta yang minum minuman bersoda mengalami peningkatan kadar kreatinin dalam darah dan penurunan laju filtrasi glomerulus, yang merupakan tanda kerusakan ginjal. Selain itu, mereka juga mengalami peningkatan hormon vasopressin yang meningkatkan tekanan darah. Temuan ini menyoroti bahwa minuman bersoda mungkin tidak cocok sebagai minuman rehidrasi saat beraktivitas fisik di cuaca panas. 

Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami dampak jangka panjang konsumsi minuman bersoda selama berolahraga di cuaca panas terhadap risiko penyakit ginjal.

Jenis Minuman yang Harus Dihindari Ketika Cuaca Panas

Berikut ini adalah beberapa jenis minuman yang tidak disarankan untuk dikonsumsi ketika cuaca panas karena tidak baik untuk kesehatan.

  1. Kopi dan Teh

Dulu, kafein dianggap meningkatkan risiko dehidrasi, tapi jika kita rajin minum kopi atau teh, kita aman. Bagi pecandu kafein, minuman seperti es teh atau es kopi bisa membantu asupan cairan harian. Namun, bagi yang tidak terbiasa, kafein bisa memiliki efek yang kuat, terutama saat cuaca panas. 

Bagi yang terbiasa minum kafein penting untuk tidak hanya bergantung pada minuman berkafein saja. Sebaiknya barengi dengan minum air putih untuk menjaga keseimbangan cairan.

  1. Minuman Soda

Minuman manis yang juga banyak dipilih anak muda saat cuaca panas adalah minuman bersoda. Namun, minuman bersoda meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan masalah gigi di masa depan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa soda memperburuk dehidrasi dan merusak ginjal. Meskipun penelitian ini dilakukan pada hewan percobaan, ini memberikan peringatan serius bagi yang sering minum soda. 

  1. Jus Buah

Walaupun jus memberikan kesegaran dan menyegarkan tubuh serta pikiran kita, minum jus saja bisa mengurangi asupan serat. Antara buah-buahan dan jus, selalu lebih baik untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar dalam bentuk aslinya. Tidak hanya akan meningkatkan asupan nutrisi, buah dan sayuran segar juga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Untuk pengganti cairan, salah satu buah yang bagus dikonsumsi saat cuaca panas adalah semangka. 

  1. Minuman Energi

Minuman manis lain yang tidak disarankan adalah minuman energi. Beberapa minuman energi mengandung lebih banyak kafein dibandingkan kopi, teh, atau soda. Selain itu, kandungan gula dalam minuman ini juga mungkin lebih tinggi dibandingkan soda. Namun, perlu diingat bahwa minuman energi berbeda dengan minuman olahraga yang mengandung elektrolit untuk menggantikan garam dan mineral yang hilang akibat keringat.

  1. Minuman Berbahan Susu

Pada cuaca panas, susu dan produk susu dapat menjadi sulit dicerna, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut. Konsumsi berlebihan juga dapat membuat tubuh kekurangan cairan, yang bisa berakibat dehidrasi.

  1. Alkohol

Alkohol bersifat diuretik, meningkatkan produksi urin, dan risiko dehidrasi. Jika ingin minum alkohol, minum juga air untuk mencegah dehidrasi dan mabuk berat keesokan harinya.

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

Segarkan Tubuh dengan yang Sehat

Minuman manis tidak disarankan untuk dikonsumsi karena justru akan menimbulkan masalah Kesehatan. Untuk menyegarkan tenggorokan yang kehausan di saat cuaca panas, sebaiknya konsumsi air putih atau air kelapa. Bisa juga buah-buahan segar yang kaya kandungan airnya seperti semangka. 

Minuman yang tinggi gula hanya akan meningkatkan risiko dehidrasi dan penyakit berbahaya seperti diabetes. Kita harus lebih sadar akan pentingnya kesehatan. Indonesia saat ini berada di peringkat ke-5 dunia dalam kasus diabetes. Komplikasi dari penyakit ini bisa sangat mahal dan membuat banyak pasien kesulitan untuk mendapatkan pengobatan yang mereka butuhkan. Mari bergerak bersama melalui WeCare.id, dan ayo donasikan sebagian dari apa yang kita punya untuk membantu pasien yang memerlukan biaya pengobatan. Donasi bisa dikirim melalui situs web WeCare.id atau aplikasi WeCare.id yang bisa diunduh di Google Store atau App Store. Apa pun dan berapa pun donasi yang kamu berikan akan sangat membantu pasien yang membutuhkan. 

Yuk, donasi sekarang melalui WeCare.id!

Referensi

9 Foods And Drinks To Avoid This Summer. (2022). Diambil kembali dari doctor.ndtv.com.

Brenza, A. (2016). 3 Drinks You Should Always Avoid On A Hot Day. Diambil kembali dari prevention.com.

Hogan, A. & Schulz, D. (2023). 4 Drinks to Avoid During a Heat Wave, Experts Warn. Diambil kembali dari bestlifeonline.com.

Shake the sugar this summer – healthier ways to quench your thirst. (2017). Diambil kembali dari fraserhealth.ca.

Health Research. (2019). Working in Heat? Avoid Sugary Soft Drinks. Diambil kembali dari myosh.com.Mirchi. (2023). Drinks to avoid during heatwave due to health concerns. Diambil kembali dari mirchi.in.

Sumber Featrured Image : Kobby Mendez on Unsplash