Mitos atau Fakta: Air Purifier Cegah Polusi Udara

Mitos atau Fakta: Air Purifier Cegah Polusi Udara

Air purifier atau pembersih udara merupakan salah satu pilihan yang digunakan oleh sebagian masyarakat dalam menghadapi masalah kualitas udara buruk. Alat pembersih udara ini dilirik karena dipercaya dapat meningkatkan kualitas udara di rumah. 

Namun, kemampuan alat penyaring udara ini masih dipertanyakan. Apakah alat tersebut benar-benar berguna untuk membersihkan udara. Karena itu munculah pertanyaan-pertanyaan seputar alat tersebut. Sebelum membeli alat pemurni udara ini, yuk kita telusuri dulu kebenaran mengenai mitos dan fakta seputar air purifier.  

Alat yang Berbahaya

Hal ini bergantung pada desainnya. Meskipun semua perangkat listrik menghasilkan radiasi medan elektromagnetik (EMF), radiasi yang dihasilkan oleh perangkat rumah tangga seperti oven microwave, ponsel, router Wi-Fi, dan pembersih udara tidak pada tingkat yang cukup tinggi untuk menjadi berbahaya. 

Pada air purifier, hal ini benar-benar bergantung pada desainnya. Beberapa pembersih udara dirancang untuk menghasilkan ozon, yang dapat berbahaya bagi makhluk hidup. Jadi, penting untuk menghindari pembersih udara yang menghasilkan ozon. 

Urgent..! Bayi Anak Penjual Es Keliling Menderita Beberapa Penyakit Kronis!

Membuat Rumah Menjadi Sehat

Fakta memang alat pembersih udara ini dapat membantu mencegah penyebaran flu dan pilek yang sering kali menular di antara anggota keluarga. Penyaring udara dengan filter HEPA menangkap bakteri dan virus yang berada di udara, sehingga virus tidak dihirup oleh orang lain. 

Dengan menyaring dan membersihkan udara untuk menghilangkan polutan yang terbawa oleh udara, air purifier dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan kita dan bahkan dapat meningkatkan kualitas tidur dan kesejahteraan umum kita.

Membuat Udara Menjadi Kering

Tidak benar. Ini adalah salah satu anggapan yang sering keliru tentang alat pembersih udara ini. Faktanya, alat ini sebenarnya tidak memiliki mekanisme untuk mengurangi kelembaban dari lingkungan. 

Air purifier dirancang untuk menghilangkan polutan dari udara. Alat ini tidak berfungsi seperti alat pengering udara yang menarik udara lembap, menghilangkan kelembabannya melalui pendinginan dan kondensasi, lalu mengembalikan udara kering.

Penyaring udara akan membersihkan udara di sekitar kita dari kontaminan tanpa merubah tingkat kelembaban udara, menciptakan lingkungan yang segar dan nyaman bagi keluarga.

Menurunkan Kelembaban

Ini hanya mitos. Air purifier memang tidak dirancang untuk mengurangi kelembaban di lingkungan tempat alat ini digunakan. Meskipun alat ini efektif dalam menghilangkan kontaminan dari udara, pembersih udara tidak memiliki kemampuan untuk mengubah tingkat kelembaban. 

Untuk mengurangi kelembaban udara, kita memerlukan peralatan khusus seperti dehumidifier atau AC. Kedua alat ini dapat menghilangkan kelembaban dengan mengkondensasikannya dan mengembuskan udara kering.

Ruangan Ber-AC Tidak Perlu Air Purifier

Salah. Pendingin udara hanya berfungsi untuk mengatur suhu udara di dalam ruangan, tetapi AC tidak memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dari polutan. Walaupun sistem pendingin udara kerap kali dilengkapi dengan beberapa fungsi penyaringan dasar, alat ini tidak mampu menyaring partikel-partikel mikroskopis yang bisa ditangkap oleh filter HEPA.

Faktanya, ruangan ber-AC memerlukan penyaring udara tambahan untuk menjernihkan udara dari kotoran dan partikel-partikel berbahaya. Hal ini karena fungsi utama pendingin udara adalah untuk mengatur suhu udara dalam sebuah ruangan, dan bukan untuk menangkap polutan yang terbawa udara.

Tidak Berguna Digunakan di Dalam Ruangan

Sebenarnya, penyaring udara dalam ruangan sangat berguna. Hal ini karena tingkat polusi udara dalam ruangan seringkali lebih tinggi daripada di luar. Penyaring udara membantu menciptakan lingkungan udara bersih di dalam ruangan kita, melindungi kita dari polusi udara yang ada di luar. 

Penggunaan air purifier di dalam ruangan telah terbukti sangat efektif dalam meningkatkan kualitas udara dan menjaga kesehatan kita.

Bisa Menghilangkan Debu

Benar! Pembersih udara yang aman, yang menggunakan filter udara berkualitas tinggi dan motor kuat, dapat membantu menghilangkan debu di rumah kita. 

Air purifier sebenarnya dirancang dengan baik untuk membersihkan udara di rumah kita dari partikel debu yang kecil. Ketika udara dihisap ke dalamnya, partikel debu akan tertangkap di dalam filter penyaring udara, sehingga udara yang kita hirup menjadi lebih segar dan permukaan di sekitar menjadi lebih bersih.

Walaupun tidak mungkin untuk menghilangkan setiap debu karena debu perlu berada di udara, pembersih udara yang baik akan bekerja sebaik mungkin untuk mengurangi jumlah debu secara signifikan di lingkungan kita. Hasilnya adalah permukaan menjadi lebih bersih serta udara menjadi lebih segar.

Klik Untuk Donasi - Berbagi Kebahagiaan dengan Teman Difabel
  1. Terdanai Rp.260,000
  2. Pencapaian 4.95%
  3. Donatur 2

Menghilangkan Bau

Menggunakan air purifier untuk mengatasi bau yang tidak sedap di rumah mungkin menjadi salah satu alasan kita ingin mempunyai alat ini. Ini adalah sesuatu yang dapat kita rasakan secara langsung dan dapat menjadi bukti bahwa pembersih udara benar-benar berfungsi.

Akan tetapi, tidak semua pembersih udara bisa menghilangkan bau karena bergantung pada teknologi yang digunakannya. Pembersih udara dengan filter HEPA saja sudah sangat efektif dalam menghilangkan setidaknya 99,97% partikel sekecil 0,3 mikron dari udara. Namun, bau tidak termasuk dalam kategori ini.  Agar air purifier dapat menghilangkan bau, perlu memiliki filter karbon aktif yang dapat menangkap bau rumah tangga, seperti bau dari hewan peliharaan, asap rokok, dan masakan.

Melindungi Kita dari COVID-19

Kemampuan air purifier melawan penyebaran partikel COVID-19 sudah banyak dibahas. Namun menangkap virus-virus ini berada di luar kemampuan filter HEPA. Akan tetapi, biasanya virus berada dalam bentuk aerosol. Jadi, pembersih udara mungkin bisa menangkap virus-virus tersebut sesudah aerosol menguap, yang mungkin memberikan beberapa manfaat. Hanya saja, pembersih udara bisa mengatasi bakteri, yang sebagian besar berukuran sekitar 0,3 mikron.

Tertarik untuk Menggunakan Pembersih Udara?

Setelah membaca fakta seputar air purifier di atas, apakah sekarang tertarik untuk menggunakan alat pembersih udara di dalam rumah? Ingatlah bahwa udara sangat berpengaruh pada kesehatan kita. Udara yang bersih dan segar adalah hal yang sangat berharga, terutama di dalam rumah kita. 

Udara yang kotor sudah terbukti membuat kesehatan terganggu, seperti kondisi polusi udara Jakarta saat ini. Banyak masyarakat yang terkena ISPA. Penyakit ini bisa berbahaya, bahkan bisa sebabkan kanker paru. Bila sudah terkena kanker, biaya pengobatannya sangatlah mahal, sehingga banyak yang kesulitan berobat. Kita bisa bantu mereka dengan berdonasi lewat WeCare.id. Kirimkan donasi melalui situs web WeCare.id atau aplikasi WeCare.id yang bisa didapatkan di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

6 True & False Air Purification Myths. (2022). Diambil kembali dari oransi.com.

Air purifiers: 7 myths you should stop believing. (2019). Diambil kembali dari economictimes.indiatimes.com.

Alexander, H. (2021). Air purifier myths debunked: What you need to know. Diambil kembali dari livescience.com.

The truth behind common air purifier myths. (2022). Diambil kembali dari daikin-ce.com.Top Facts & Myths about Air Purifiers. (2023). Diambil kembali dari iso-aire.com.

Sumber Featured Image : ASIA CULTURECENTER on Unsplash