Mau Turun Berat Badan? Coba Olahraga Jalan Kaki

Mau Turun Berat Badan? Coba Olahraga Jalan Kaki

Apakah kamu pernah bertanya-tanya apakah olahraga jalan kaki bisa membantumu menurunkan lemak perut dan berat badan? Ternyata, olahraga sederhana ini bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencapai tujuan penurunan berat badan.

Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam jurnal PAN mendukung gagasan bahwa berjalan kaki dapat membantu membakar lemak tubuh, termasuk lemak di sekitar pinggang dan dalam rongga perut. Olahraga aerobik seperti berjalan kaki secara teratur dapat membantu mengurangi lemak perut yang sering kali menjadi masalah bagi banyak orang.

Jumlah Langkah untuk Menurunkan Berat Badan

Jadi, berapa banyak langkah yang harus kamu lakukan setiap hari untuk menurunkan berat badan? Aturan umum adalah melakukan setidaknya 10.000 langkah per hari. Studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Brazilian Journal of Physical Therapy juga menyarankan bahwa 10.000 langkah adalah jumlah ideal untuk tujuan penurunan berat badan.

Namun, sebenarnya, jumlah langkah yang kamu butuhkan untuk menurunkan berat badan dapat bervariasi. Hal ini bergantung pada beberapa faktor, termasuk tingkat kebugaran awalmu ujar Susane Pata, seorang pelatih pribadi bersertifikat dari National Academy of Sports Medicine (NASM). Individu yang kurang terlatih atau memiliki berat badan lebih mungkin akan membakar lebih banyak kalori per menit saat berjalan, sehingga mereka akan berjalan lebih sedikit.

Untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam penurunan berat badanmu, pertimbangkan untuk olahraga jalan kaki cepat. Manfaat jalan kaki cepat bagus untuk menurunkan berat badan. Cobalah berjalan menanjak, mengenakan jaket tebal, atau meningkatkan jumlah langkah harianmu. 

Pertimbangkan untuk jalan kaki santai selama 30 menit sehari. Jalan kaki 30 menit membakar berapa kalori? 30 menit berjalan kaki dalam sehari dapat membakar sekitar 100 hingga 200 kalori, yang akan bertambah seiring berjalannya waktu dan membantu penurunan berat badanmu.

Derita Kaki Pengkor akibat Kelainan Bawaan, Yuk Bantu Manda Berjalan dengan Normal!

Menetapkan Tujuan Berjalan Kaki

Penting untuk menetapkan tujuan olahraga jalan kaki yang sesuai dengan tingkat kebugaranmu saat ini. Meskipun berjalan cepat dapat memberikan hasil lebih baik, tidak ada yang salah dengan memulai dengan kecepatan yang sesuai dengan kemampuan fisikmu. Kamu dapat secara perlahan meningkatkan durasi dan intensitas berjalan seiring peningkatan kebugaranmu. 

Tips untuk Menambah Aktivitas Berjalan dalam Sehari 

Bagaimana kamu dapat menambahkan lebih banyak berjalan ke dalam rutinitas harianmu? Berikut adalah beberapa tips:

  1. Gunakan Tangga

Saat ada kesempatan, gunakan tangga daripada lift.

  1. Turun dari Transportasi Umum Lebih Awal

Jika kamu menggunakan bus atau kereta bawah tanah, cobalah untuk turun beberapa halte lebih awal dan berjalan beberapa blok tambahan ke tujuanmu.

  1. Parkir Lebih Jauh

Alihkan dari mencari tempat parkir terdekat, parkir lebih jauh dari pintu masuk toko.

  1. Belanja dengan Berjalan Kaki

Daripada memesan belanjaan secara online, coba untuk berbelanja dengan berjalan kaki.

  1. Gunakan Waktu Luang

Jika kamu bekerja dari rumah, manfaatkan waktu luang untuk menelepon sambil berjalan.

  1. Bertemu dengan Teman dan Keluarga Sambil Jalan Kaki

Saat bertemu dengan teman dan keluarga, usulkan untuk bertemu dan olahraga jalan kaki bersama daripada hanya minum kopi atau makan bersama.

  1. Berdiri Setiap Jam

Jika kamu memiliki pekerjaan yang membuatmududuk sepanjang hari, pertimbangkan untuk berdiri, meregangkan tubuh, dan berjalan beberapa langkah setiap jam.

  1. Berjalan ke Resto atau Toko 

Bergantung pada lingkungan sekitarmu, pilihlah tempat-tempat toko, kafe, atau restoran yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki.

  1. Bagi Waktu untuk Berjalan

Cobalah untuk berjalan selama 10 menit di pagi hari, 10 menit selama istirahat makan siang, dan 10 menit sebelum atau setelah makan malam.

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

Jalan Kaki untuk Kesehatan Jantung

Olahraga jalan kaki adalah cara yang efektif untuk menurunkan lemak perut dan berat badan. Dengan menetapkan tujuan yang sesuai, meningkatkan intensitas, dan mengintegrasikan berjalan kaki ke dalam rutinitas harianmu, kamu dapat mencapai hasil yang diinginkan. 

Manfaat berjalan kaki lainnya adalah mencegah penyakit jantung. Seperti diketahui penyakit ini membutuhkan pengobatan yang cukup mahal, sehingga banyak pasien yang sulit berobat. Jika jantungmu sehat, tak ada salahnya kalau kamu membantu pasien penyakit jantung dengan berdonasi melalui WeCare.id. Bantu para pasien dengan mengirimkan donasi lewat situs web WeCare.id atau aplikasi WeCare.id yang bisa diunduh di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Corleone, J. (2022). Walking for Weight Loss. Diambil kembali dari verywellfit.com.

Fletcher, J. & Higgins, L. (2020). What to know about walking for weight loss. Diambil kembali dari medicalnewstoday.com.

Shiffer, E. J. (2023). 17 Tips To Use Walking For Weight Loss And Turn It Into A Calorie-Burning Workout. Diambil kembali dari womenshealthmag.com.West, H. (2018). How Walking Can Help You Lose Weight and Belly Fat. Diambil kembali dari healthline.com.

Sumber Featured Image : Annie Spratt on Unsplash