Bolehkah Membawa Bayi Nonton Bioskop? Ini Faktanya!

Bolehkah Membawa Bayi Nonton Bioskop? Ini Faktanya!

Belum lama ini warga Twitter diramaikan dengan perdebatan soal membawa anak nonton bioskop. Beberapa warga Twitter menceritakan pengalaman mereka ketika menonton film di bioskop. Saat asyik menonton, tiba-tiba terdengar suara bayi dan anak yang menangis atau suara video YouTube yang ditonton anak-anak. Tentunya ini mengganggu keasyikan pengunjung yang sedang menonton.

Warga Twitter mempermasalahkan mengenai orang tua yang membawa anak-anak mereka ke bioskop, terutama ketika filmnya yang ditayangkan tidak layak ditonton bayi dan anak. Sebenarnya, amankah membaya anak nonton ke bioskop? Ini faktanya.

Katup Jantung Agim Tak Sejajar, Tumbuh Kembangnya jadi Terganggu!

Apakah Aman Membawa Bayi ke Bioskop?

Keamanan tersebut bergantung pada usia bayi tersebut. Bayi yang baru lahir sensitif sekali dan musik maupun suara keras di dalam bioskop bisa merusak gendang telinga bayi. Ini akan menyebabkan masalah dengan pendengaran mereka.

Melansir laman situs First Cry Parenting, menurut American Academy of Pediatrics, untuk bayi, tingkat kebisingan yang melebihi 45 desibel dapat menyebabkan masalah pendengaran. Beberapa film tingkat kebisingannya bisa mencapai 90 desibel. Walaupun paparan suara dengan level 90 dB untuk beberapa menit mungkin tidak menyebabkan bahaya, namun jika terpapar selama dua jam, lama kelamaan bisa meningkatkan risiko gangguan pendengaran. 

Selain itu, ketika nonton bioskop suasana di dalam cenderung gelap dan dingin. Bayi mungkin belum terbiasa dengan kondisi ini.  Tak hanya itu, mereka juga rentan terkena infeksi karena sistem kekebalan tubuh mereka belum sepenuhnya berkembang. Karena itu membawa mereka ke tempat umum seperti bioskop berisiko untuk kesehatan bayi dan anak.

Kapan Bayi Bisa Nonton Bioskop?

Menurut laman situs Common Sense Media, jawabannya adalah sepenuhnya bergantung pada anak. Sebagian anak siap untuk pergi ke bioskop sekitar usia 3 tahun, sedangkan yang lain mungkin lebih baik menunggu sampai usia 5 atau 6 tahun. 

Melansir laman situs First Cry Parenting, disarankan untuk membawa bayi atau anak nonton bioskop setelah mereka berusia di atas 2 tahun karena hal ini akan lebih mudah bagi orang tua dan juga untuk penonton lainnya. Di usia tersebut, anak sudah bisa memahami musik serta menikmati tontonan visual. Selain itu, sistem kekebalan tubuh mereka sudah lebih berkembang dan kuat dibandingkan sebelumnya.

Namun yang terpenting adalah carilah film yang memang cocok dengan usia bayi dan anak. Jadi perhatikan rating film yang akan ditonton. Jangan sampai membawa bayi dan anak untuk menonton film dewasa yang bisa membuat anak ketakutan atau trauma.

Waktu yang Tepat untuk Membawa Bayi ke Bioskop

Untuk yang baru pertama kali membawa bayi nonton bioskop,  mungkin lebih baik memilih waktu yang kurang ramai. Kerumunan yang lebih sedikit akan membantu orang tua menyesuaikan diri dengan bagaimana bayi mereka bereaksi di dalam bioskop. 

Klik Untuk Donasi - Mengidap Kelainan Jantung Bawaan Sejak Lahir, Yuk Bantu Muwaffiq Sembuh!
Muwaffiq Abid Al-Farizky
Muwaffiq Abid Al-Farizky
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.980,000
  2. Pencapaian 28.28%
  3. Donatur 19

Tips Membawa Bayi ke Bioskop

Setelah membahas umur dan waktu yang tepat untuk membawa bayi ke bioskop, sekarang fokus pada tips membawa bayi dan anak nonton bioskop. Sangat penting untuk memilih film yang sesuai untuk bayi dan anak-anak. Berikut ini tips yang dirangkum dari beberapa sumber.

  • Datanglah lebih awal agar bisa mendapatkan tempat duduk di samping lorong atau dekat pintu keluar akan membantu mengurangi gangguan jika harus keluar dari bioskop. Memilih tempat duduk di samping lorong memungkinkan orang tua untuk keluar dari dalam bioskop tanpa menarik perhatian penonton lain. Selain itu, posisi duduk ini baik juga untuk menenangkan bayi yang rewel atau mengganti popok dengan cepat.
  • Bawa perlengkapan bayi yang dibutuhkan. Membawa botol susu, popok, dan pakaian ekstra akan membantu orang tua dan bayi siap menghadapi segala sesuatu yang mungkin terjadi selama menonton film. 
  • Bawa Camilan merupakan cara yang bagus untuk membuat bayi sibuk dan bahagia dengan perut yang kenyang. Mainan yang tidak berisik juga merupakan pilihan yang bagus untuk mengalihkan perhatian bayi jika ternyata film dinikmati tidak menarik minat mereka. Hindari mainan yang berbunyi agar tidak mengganggu tetangga atau seluruh penonton.
  • Selalu bawa hand sanitizer dan tisu basah untuk membersihkan tangan bayi dan anak atau menyeka pegangan kursi. Itu karena bayi dan anak cenderung suka menyentuh segala sesuatu di sekitarnya.
  • Jika bayi menangis di tengah-tengah film, segera keluar dari bioskop. Setelah bayi tenang, orang tua bisa menonton film lagi.
  • Hindari film 3D, 4D, dan film horor karena efek visualnya dapat membuat bayi merasa takut. Jika orang tua melihat bayi ketakutan, peluk dan pegang bayi sampai adegan tersebut berlalu atau lebih baik keluar dari bioskop.
  • Pastikan bayi dan anak selalu dalam pangkuan orang tua karena bioskop sangat gelap. Jika terlepas dari pangkuan, mereka bisa tersandung saat naik tangga atau jatuh dari sela-sela kursi, jadi awasi mereka sepanjang film.
  • Jika bayi dan anak menangis atau mengganggu orang lain selama menonton film, minta maaf pada orang yang terganggu dan bawa mereka keluar dan tunggu sampai mereka tenang.

Membawa bayi dan anak nonton bioskop merupakan topik yang kontroversial, dan kebanyakan orang tua setuju untuk menunggu sampai anak sudah lebih besar. Namun, jika film yang ditonton tidak berbahaya dan orang tua bisa mengontrol situasinya, mereka bisa menikmati film bersama buah hati. Yang terpenting adalah pastikan keamanan dan kesiapan anak. 

Jika memutuskan untuk tidak pergi nonton bioskop bersama bayi atau anak karena merasa lebih aman menonton di rumah, mungkin dana untuk menonton bisa diberikan sebagai donasi. Di luar sana banyak pasien yang membutuhkan donasi untuk biaya pengobatan. Kita bisa berdonasi lewat WeCare.id melalui situs web WeCare.id atau aplikasi WeCare.id yang bisa diunduh di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Bringas, C. (2022). Taking a Baby to the Movies. Diambil kembali dari tushbaby.com.

Going To The Movie Theatre With The Baby. (2015). Diambil kembali dari beingtheparent.com.

Grover, S. (2019). Can You Take Your Baby to The Movie Theatre? Diambil kembali dari parenting.firstcry.com.What’s the right age to bring my kid to her first movie? (2020). Diambil kembali dari commonsensemedia.org.

Sumber Featured Image : Devon Breen dari Pixabay