Benarkah Bayi Diperbolehkan Memakai Sunscreen?

Benarkah Bayi Diperbolehkan Memakai Sunscreen?

Saat liburan ke pantai atau jalan-jalan di taman bersama si kecil, penting bagi orang tua untuk menjaga buah hati supaya tidak terkena paparan sinar matahari. Mengapa demikian? Itu karena kulit sensitif bayi rentan terhadap luka bakar sinar matahari. Lalu apakah solusinya memakai sunscreen? Apakah bayi boleh menggunakan sunscreen? Berikut penjelasannya.

Bayi Tidak Disarankan Memakai Sunscreen

Menurut Canadian Paediatric Society dan Canadian Dermatology Association, sebaiknya bayi dengan usia di bawah 6 bulan tidak menggunakan sunscreen, atau disebut juga tabir surya, sama sekali. Alasannya karena lapisan kulit bayi yang sensitif rentan terhadap segala sesuatu yang dioleskan pada mereka, termasuk bahan-bahan dalam sunscreen.

Jika paparan sinar matahari tak bisa dihindari atau terduga, misalnya ketika sedang mengantre di luar ruangan, Jennifer Beecker, dokter kulit di Ottawa, merekomendasikan untuk mengoleskan sunscreen jenis kimia atau fisik pada kulit yang terpapar sinar matahari. Setelah terbebas dari paparan sinar matahari kemudian membersihkan sunscreen tadi. 

Menurut Jennifer risiko paparan sinar matahari dan potensi luka bakar sinar matahari pada usia tersebut lebih besar dibandingkan risiko memakai sunscreen dalam jumlah yang terbatas. Luka bakar matahari lebih buruk dibandingkan tabir surya dalam jumlah sedikit.

Rekomendasi dari FDA dan American Academy of Pediatrics (AAP) adalah menjaga bayi baru lahir dan bayi yang belum mencapai usia 6 bulan supaya tidak terpapar langsung oleh sinar matahari. Berada di tempat teduh merupakan perlindungan terbaik dari sinar matahari bagi bayi. Cari tempat teduh yang alami, seperti di bawah pohon. Atau bisa juga menciptakan tempat teduh dengan menggunakan payung atau menggunakan kereta dorong dengan kanopi. 

Hindarkan bayi dari terpapar sinar matahari pada pukul 10 pagi hingga 2 siang. Itu karena pada waktu itu matahari berada pada puncak kekuatannya dan sinar ultraviolet (UV) paling intens. Jika terpaksa harus pergi keluar bersama bayi, pastikan untuk mengambil langkah-langkah ekstra. Sebelum bayi memakai sunscreen, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

Urgent..! Bayi Anak Penjual Es Keliling Menderita Beberapa Penyakit Kronis!

Kapan Bayi Boleh Menggunakan Sunscreen?

Setelah berusia 6 bulan, bayi boleh diperkenalkan pada sunscreen. Tetapi ini tidak berarti orang tua bisa melupakan semua metode perlindungan terhadap paparan matahari lainnya, seperti mencari tempat yang teduh atau memakai pakaian yang tertutup.  

Namun, semakin besar bayi dan sering menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan, tabir surya akan membantu melindungi bagian kulit yang terpapar, seperti wajah dan tangan. Pilih tabir surya spektrum luas, yang artinya melindungi bayi dari sinar UVA dan UVB, dengan SPF 30 atau lebih tinggi. 

Gunakan tabir surya yang memiliki kandungan zinc oxide dan titanium oxide. Bahan-bahan ini lebih lembut dan tidak begitu mengiritasi bagi kulit yang sensitif. Namun, untuk berjaga-jaga, sebaiknya uji sunscreen sebelum mengaplikasikannya. Caranya yaitu dengan mengoleskan sedikit tabir surya pada bagian dalam pergelangan tangan bayi dan perhatikan tanda-tanda iritasi, yang mungkin muncul dalam beberapa hari.

Jumlah Sunscreen yang Diperbolehkan untuk Bayi

Seberapa banyak yang boleh dioleskan jika bayi akan memakai sunscreen? Jawabannya adalah bergantung usia bayi.

Usia 6 bulan dan 6 bulan ke atas

Oleskan sunscreen dalam jumlah yang cukup banyak, sekitar setengah sloki (gelas kecil yang digunakan untuk mengukur kopi espresso), pada seluruh bagian kulit yang terpapar sinar matahari 15 sampai 30 menit sebelum keluar rumah. Jangan pelit dalam memakai sunscreen, lebih banyak tentu lebih baik.

Usia 6 bulan ke bawah

Disarankan untuk memakai sunscreen dalam jumlah yang sedikit pada area kulit yang terpapar sinar matahari. Perhatikan dengan khusus hidung dan telinga. Jangan lupa untuk melindungi bibir dengan lip balm yang memiliki kandungan SPF 15 atau lebih tinggi.

Oleskan tabir surya tiap dua jam sekali bila tabir surya tersebut tahan air. Bila bayi basah karena keringat atau jika tabir surya tersebut tidak tahan air, gunakan tabir surya lebih sering lagi.

Perlu diketahu bahwa sunscreen akan hilang setelah berenang atau berkeringat meskipun tabir surya tersebut tahan air. Setelah diaplikasikan, perlu waktu 30 menit bagi tabir surya untuk bekerja efektif. 

Klik Untuk Donasi - Urgent..! Bayi Anak Penjual Es Keliling Menderita Beberapa Penyakit Kronis!
Qiandra Azahra
Qiandra Azahra
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.9,086,000
  2. Pencapaian 26.22%
  3. Donatur 57

SPF yang Direkomendasikan

Pilihlah SPF 30 sampai 50, dan tidak kurang dari 15. Para ahli tidak merekomendasikan memakai sunscreen dengan SPF di atas 50 karena mungkin tidak lebih efektif dari SPF yang lebih rendah. SPF lebih tinggi juga bisa membuat orangtua berpikir bahwa mereka tidak perlu mengoleskan ulang dengan lebih sering. Hindari memakai sunscreen dengan kandungan pengusir serangga karena biasanya kurang efektif. 

Memakai sunscreen memang dianjurkan baik ketika berada di dalam atau di luar ruangan. Namun, penggunaan sunscreen untuk bayi yang belum berumur 6 bulan memang tidak begitu direkomendasikan. Lebih disarankan untuk menghindarkan bayi dari paparan sinar matahari agar terhindar dari efek negatif, seperti kanker kulit. 

Berdasarkan laporan dari Globocan 2020, jumlah kasus kanker kulit di Indonesia pada tahun yang sama mencapai sekitar 18.000, dan angka kematian akibat penyakit ini mencapai sekitar 3.000. Dari mereka yang menderita kanker kulit ini ada yang memiliki kesulitan biaya pengobatan. Yuk, bantu mereka dengan berdonasi melalui WeCare.id lewat situs web WeCare.id atau aplikasi WeCare.id yang bisa diunduh di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Conte, K. (2022). Sunscreen and Sun Protection for Babies: What Parents Need to Know. Diambil kembali dari whattoexpect.com.

Infant Sun Protection: How Parents Can Keep Their Baby SAFE. (2020). Diambil kembali dari aad.org.

ROBOCK, K. (2023). How to Keep a Baby Under Six Months Old Safe in the Sun. Diambil kembali dari todaysparent.com.

Should You Put Sunscreen on Infants? Not Usually. (2021). Diambil kembali dari fda.gov.Venosa, A. (2020). Bringing up a Sun-Safe Baby. Diambil kembali dari skincancer.org.

Sumber Featured Image : Kindel Media