Ini Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Tidur Sore Hari

Ini Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Tidur Sore Hari

Apakah kamu pernah merasakan mengantuk saat sore hari? Biasanya ini terjadi ketika kamu kurang tidur saat malam hari karena harus lembur urusan pekerjaan atau karena keasyikan dengan gadget. Rasa kantuk muncul terutama setelah makan siang saat perut sudah penuh terisi. Untuk menghilangkan kantuk tersebut, sebagian orang memilih untuk tidur sore hari. 

Tidur sesaat di sore hari bisa terasa menyenangkan dan biasanya kantuk pun akan hilang. Namun, tidur waktu sore juga memiliki dampak negatif. Salah satunya yaitu pusing. Sebagian orang memilih minum kopi sebagai cara mengatasi pusing akibat tidur sore. Namun hal itu tak akan menyelesaikan masalah lainnya yang diakibatkan tidur di saat sore hari. 

Kenapa Tidak Boleh Tidur Sore Hari?

Jika tidur sore itu dilakukan hanya sebentar saja, kamu akan mendapatkan manfaat. Misalnya saja tidur di sore hari bisa membantu mengatasi kekurangan tidur di malam hari, memastikan kamu beristirahat dengan baik, serta menghindari kecelakaan akibat mengantuk. 

Namun di balik semua manfaat itu ada juga dampak negatif yang membahayakan kesehatanmu. Salah satu yang sering dialami oleh mereka yang tidur saat sore hari adalah merasa pusing seharian. Dampaknya pada mood kamu juga kurang baik, misalnya kamu jadi uring-uringan. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai dampak negatif tidur waktu sore, berikut ulasan lengkapnya.

  1. Menganggu Waktu Tidur Malam Hari

Tidur sore hari atau mendekati waktu tidur malam bisa sangat mengganggu jadwal tidur malam. Tidur malam itu sangat penting dan jika kamu tidur mendekati malam, kamu akan susah tidur saat malam hari. Kondisi ini akan mengacaukan jam tubuh dan merusak siklus tidurmu ke depannya.

  1. Menyebabkan Sleep Inertia

Sleep inertia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan bingung dan pusing yang dialami seseorang setelah mereka baru saja bangun dari tidur. Ini khususnya terjadi ketika tidur berlangsung cukup lama atau saat tidur mendalam. Sleep inertia dapat menyebabkan penurunan tingkat kewaspadaan, konsentrasi, dan kinerja mental secara sementara setelah bangun tidur.

Kondisi seperti ini kerap muncul setelah kamu bangun dari tidur sore, terutama jika kamu tidur cukup lama. Kamu mungkin merasa bingung dan pusing untuk sementara waktu karena otakmu beradaptasi dengan sekitar. Ini bisa menjadi masalah jika kamu harus melakukan pekerjaan yang membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi segera setelah bangun tidur.

Bantu Nizom Melawan Ganasnya Kanker Tulang yang Mengancam Nyawanya!

  1. Menyebabkan Kelelahan

Apabila tidur terlalu lama, bahkan saat tidur malam sekali pun, kamu biasanya akan bangun dalam mood yang kurang bagus dan menjadi malas untuk beraktivitas apa pun. Hal yang sama juga berlaku ketika kamu tidur di sore hari. Jika kamu sudah cukup tidur di malam hari, dan sore hari kamu tidur lagi, tubuhmu akan bereaksi dengan menjadi malas dan lelah.

  1. Gangguan tidur

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan gangguan tidur seperti insomnia tidak disarankan untuk tidur sore. Hal ini karena siklus tidur yang diperlukan untuk membantu mengatasi gangguan tersebut sebagian besar tidak ada dalam tidur waktu sore hari. Sebaliknya, penderita insomnia disarankan untuk tidur pada malam hari karena siklus tidur ini ada di waktu tersebut.

  1. Meningkatkan Risiko Kesehatan yang Serius

Tidur sore bisa menjadi hal yang bermanfaat di tengah kegiatan rutin setiap hari yang melelahkan karena bisa mengganti kekurangan tidur saat malam hari. Akan tetapi tidur di waktu sore lebih dari 30 menit bisa meningkatkan risiko obesitas dan tekanan darah tinggi. 

Selain itu, tidur lama di waktu sore bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi serta kondisi lain yang berhubungan dengan penyakit jantung dan diabetes jika dibanding dengan mereka yang tidak tidur di sore hari.

  1. Menyebabkan Daya Ingat Terganggu

Ternyata, selain dipengaruhi oleh usia, daya ingat seseorang juga dapat menurun karena kebiasaan tidur sore hari. Para ahli menyatakan bahwa perubahan dari sore ke malam dapat memengaruhi daya ingat dan kesehatan mental. Itulah sebabnya banyak orang yang merasa agak bingung setelah bangun dari tidur sore. 

Jadi, apakah kamu masih mau tidur sore hari? Kalau kamu merasa sangat mengantuk, mungkin kamu bisa coba aktivitas yang disarankan di laman situs Henry Ford Health, seperti berjalan kaki, minum air yang cukup, meditasi, atau mungkin mendengarkan musik. 

Bahaya tidur di sore hari bisa menyebabkan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia, seperti diabetes. Penyakit ini disebut induknya berbagai penyakit dan pengobatannya tidak murah. Tak kurang banyak dari pasien diabetes yang kesulitan berobat. Kamu bisa bantu mereka dengan berdonasi di WeCare.id. Cukup buka situs web WeCare.id atau unduh aplikasi WeCare.id  di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Klik Untuk Donasi - Alami Gizi Buruk akibat Lumpuh Otak, Rayhan Mengharapkan Bantuanmu Segera!
Bantu Rayhan Lawan Lumpuh Otak dan ...
M. Rayhan Alghifari
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.10,195,000
  2. Pencapaian 35.31%
  3. Donatur 125

Referensi

Bilodeau, K. (2021). Is your daily nap doing more harm than good? Diambil kembali dari health.harvard.edu.

Henry Ford Health Staff. (2022). Feeling Drowsy? How To Overcome The Midday Slump. Diambil kembali dari henryford.com.

Shanmugam, A. (2018). What are the disadvantage of having sleep at afternoon? Diambil kembali dari quora.com.

Suka Tidur Sore? Waspada, Ini 5 Dampak Buruknya bagi Kesehatan. (2022). Diambil kembali dari kumparan.com.Uniyal, P. (2023). Long afternoon naps can be deadly; Experts on many ill effects of sleeping during daytime. Diambil kembali dari hindustantimes.com.

Sumber Featured Image : Adrian Swancar on Unsplash