Konsumsi Ikan Lele untuk Cegah Stunting Pada Anak

Konsumsi Ikan Lele untuk Cegah Stunting Pada Anak

Stunting merupakan salah satu persoalan yang menjadi perhatian pemerintah. Masalah gizi kronis ini banyak dialami oleh bayi dan anak di Indonesia. Dari data stunting diketahui bahwa sebanyak 23% bayi Indonesia saat lahir sudah berada dalam kondisi pada stunted. 77% bayi lainnya mengalami kondisi stunted setelah lahir.

Klik Untuk Donasi - Alami Gizi Buruk akibat Hidrosefalus, Keenan Butuh Susu Khusus!
Hidrosefalus
Muhammad Keenan Ramadhan
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.22,778,200
  2. Pencapaian 56.59%
  3. Donatur 345

Mencegah Stunting dengan Ikan Lele

Menurut BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) selama ini ada pemikiran yang salah di masyarakat yang beranggapan bahwa pemenuhan kebutuhan protein hewani itu mahal. Mereka beranggapan protein hewani itu adalah daging sapi. 

Namun menurut dr. Hasto Wardoyo, SpO, Kepala BKKBN, gizi yang baik itu tidak selalu harus mahal. Salah satu produksi lokal yang bisa membantu untuk memperbaiki gizi ibu hamil dan bayi supaya tidak stunting adalah ikan lele. Selain harganya murah, ikan lele juga memiliki khasiat yang amat baik, bahkan bila dibandingkan dengan daging sapi sekali pun. 

Ikan lele merupakan jenis ikan yang dapat dengan mudah ditemui dijual di pedagang ataupun pasar. Makanan yang bisa digunakan untuk mencegah stunting ini pun sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dalam bentuk hidangan bernama pecel lele.  

Kandungan Nutrisi Ikan Lele 

Seperti yang disebutkan oleh Kepala BKKBN, ikan lele bermanfaat untuk memperbaiki gizi anak agar tidak mengalami stunting. Selain itu, ikan ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Dalam 100gr ikan lele, terdapat beberapa nutrisi seperti berikut:

  • Air 76gr
  • Lemak 4,5gr
  • Protein 17gr 
  • Fosfor 200mg 
  • Kalsium 20mg
  • Vitamin D 181% kebutuhan harian 
  • Vitamin B12 121% kebutuhan harian 
  • Potasium 19% kebutuhan harian 
  • Tiamin 15% kebutuhan harian 
  • Selenium 26% kebutuhan harian 
  • Asam lemak omega-3 237mg
  • Asam lemak omega-6 337mg

Manfaat Ikan Lele untuk Stunting

Meskipun harganya murah, ikan lele tidak bisa dipandang sebelah mata karena kandungan gizinya bagus bahkan disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak. Ikan lele bisa mencegah stunting pada anak. Berikut ini adalah manfaat dari ikan lele:

  1. Sumber Protein yang Baik

Ikan lele merupakan sumber protein baik karena kandungan proteinnya tinggi. Selain itu, ikan lele juga rendah lemak. Oleh karena itu, ikan lele sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak serta ibu hamil. Kandungan protein yang terdapat dalam lele bisa menjadi sumber energi yang dapat mendukung aktivitas keseharian anak.

Protein juga mempunyai peran penting dalam hal membangun serta memperbaiki jaringan tubuh dan sistem imun. 100gr Ikan Lele mengandung kurang lebih 18gr protein. Adapun kebutuhan protein harian anak usia di bawah 4 tahun yaitu sebanyak 13gr. Jadi, kebutuhan protein anak dapat terpenuhi dengan membagi 100 gr ikan lele menjadi 3 porsi waktu makan.

Alami Keterlambatan Perkembangan dan Gizi Buruk, Dewa Butuh Pertolonganmu Segera!

  1. Kaya Akan Vitamin D

Ikan lele mengandung vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi, serta dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan bagus sekali untuk mengonsumsi ikan lele. 

  1. Kaya Akan Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki peran yang penting dalam pembentukan sel darah merah, kesehatan saraf kesehatan otak, dan sintesis DNA. Bagi bayi, orang tua serta ibu hamil yang termasuk dalam kelompok rentan, vitamin 12 ini sangat dibutuhkan. Selain itu, vitamin B12 juga dapat meningkatkan kesehatan mental, memberikan perlindungan pada penyakit jantung, serta pencegahan dan pengobatan anemia.

  1. Asam Lemak Omega 3 Untuk Stunting

Bagi anak-anak yang dikhawatirkan akan terkena stunting, ikan lele ini sangat bagus dikonsumsi karena memiliki kandungan asam lemak omega 3.  Omega 3 memiliki banyak manfaat. Lemak tak jenuh ganda ini dibagi jadi beberapa jenis menurut manfaatnya masing-masing. 

Eicosapentaenoic acid (EPA) adalah jenis omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga imun tubuh serta mengendalikan peradangan. Diketahui EPA juga bisa membantu untuk meringankan gejala depresi.

Docosahexaenoic acid (DHA) merupakan jenis asam lemak yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Tak hanya anak-anak, para lansia juga membutuhkan DHA untuk pencegahan gangguan fungsi otak, contohnya demensia.

Alpha-linolenic acid (ALA) bentuknya paling sederhana apabila dibandingkan dengan asam lemak omega 3 lainnya. ALA bisa dibentukan kembali jadi DHA atau EPA. Namun, sebagian besar ALA dimanfaatkan menjadi penghasil energi.

Kandungan lemak dalam ikan lele juga membantu anak-anak dalam meningkatkan konsentrasi, perilaku, keterampilan membaca, serta ADHD, yaitu ganguan mental pada anak yang ditandai dengan perilaku impulsif serta hiperaktif. 

  1. Rendah Kandungan Merkuri

Ikan lele memiliki kandungan merkuri yang sangat rendah sehingga dapat mengoptimalkan pencegahan resiko stunting pada anak. Hal ini karena makan dengan kandungan merkuri yang tinggi berisiko mengakibatkan kerusakan pada sistem saraf sehingga bisa menimbulkan masalah untuk tumbuh kembang anak.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa kualitas serta keamanan ikan lele sangat bergantung pada kondisi pemeliharaan dan lingkungan budidaya, serta pengolahan dan penyajian. Sebaiknya konsumsi ikan lele yang berasal dari sumber yang terpercaya. Selain itu, sebaiknya pilih cara pengolahan yang sehat, seperti dipanggang atau direbus, dan hindari menggoreng dengan minyak yang banyak.

Itulah informasi mengenai nutrisi dan manfaat dari ikan lele yang kini dianjurkan dikonsumsi oleh pemerintah untuk mencegah stunting pada anak. Di Indonesia masih banyak anak-anak yang menderita gizi buruk sehingga mereka rentan terkena penyakit. Kita bisa membantu anak-anak ini dengan memberikan donasi kepada mereka melalui WeCare.id. Caranya bisa berdonasi melalui situs web WeCare.id atau supaya lebih praktis, cukup unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

5 Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan. (2021). Diambil kembali hellosehat.com.

Fajri, D. L. (2021). 10 Manfaat Ikan Lele dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh. Diambil kembali katadata.co.id.

Faradiba, N. (2021). Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Lele. Diambil kembali kompas.com.

Harsono, F. H. (2020). Selain Tuna, Ikan Lele dan Patin Bisa Cegah Stunting. Diambil kembali liputan6.com.

Sigijateng, R. (2023). Ikan Lele Terbukti Bisa Cegah Stunting, Ini Dia Kandungan Gizinya. Diambil kembali sigijateng.id.