Asap Rokok di Baju Penyebab Anak Terkena Pneumonia

Asap Rokok di Baju Penyebab Anak Terkena Pneumonia

Sebuah unggahan video di TikTok viral di media sosial karena memberitakan seorang balita yang terdiagnosis terkena pneumonia. Diketahui balita tersebut terpapar asap rokok yang menempel di pakaian orang tuanya, yang dikenal dengan istilah Thirdhand-Smoke.

Apa Itu Thirdhand Smoke?

Thirdhand Smoke merupakan residu yang tersisa sesudah rokok dipadamkan. Residu asap bisa menempel pada debu, rambut, jok mobil, furnitur, karpet, atau pakaian. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Yale menunjukkan bahwa orang bisa membahayakan orang lain karena asap rokok yang menempel di tubuh serta pakaian mereka. Asap rokok tersebut kemudian dilepaskan ke lingkungan bebas rokok sehingga menyebabkan orang di sekitarnya terkena efek buruk dari rokok seperti kasus pada balita yang terkena pneumonia.

Drew Gentner dan tim peneliti dari Yale menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa thirdhand smoke ini bisa menyebar dalam jumlah besar ke dalam ruangan lingkungan bebas rokok melalui manusia. Bahkan penelitian tersebut menunjukkan bahwa bila seseorang berada di ruangan bebas rokok, orang tersebut masih bisa terpapar banyak senyawa kimia berbahaya yang membentuk asap rokok. 

Asap rokok di ruangan bebas rokok bisa dibawa oleh orang yang memasuki ruangan bebas rokok tersebut. Hasil studi ini telah diterbitkan pada 4 Maret 2020 di Science Advances. Maka tak mengherankan jika balita dalam video TikTok tersebut pun bisa terkena pneumonia.

Klik Untuk Donasi - Idap Jantung Bocor dan Radang Paru-paru, Alvino tak punya biaya operasi ke Jakarta
Defek Septum Ventrikel, Pneumonia, ...
Alvino Raffasya Firmansyah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.29,755,000
  2. Pencapaian 73.93%
  3. Donatur 426

Fakta tentang Thirdhand Smoke

Inilah fakta penting mengenai thirdhand smoke:

  1. 43% perokok (65% bukan perokok) percaya bahwa asap rokok berbahaya bagi anak-anak.
  2. Tak ada tingkat paparan yang aman untuk asap rokok.
  3. Terdapat 250 lebih bahan kimia berbahaya dalam asap rokok.
  4. Baru asap rokok di rumah dan mobil dari orang yang merokok bisa bertahan untuk waktu yang lama dikarenakan thirdhand smoke yang tertinggal di permukaan.
  5. Mendekontaminasi rumah atau mobil milik perokok kemungkinan memerlukan pekerja profesional di bidang pembersihan. Ini karena asap rokok bisa menodai dinding, lantai, dan baunya bisa tertinggal di dinding kering, insulasi, dan bahan bangunan lainnya.
  6. Merokok di ruangan dengan kipas angin atau merokok di depan jendela terbuka tidak akan bisa mencegah thirdhand smoke.
  7. Bayi dan anak-anak bisa mengalami masalah kesehatan karena mereka menghirup bahan kimia beracun ketika merangkak di lantai, duduk di mobil, maupun dipegang oleh orang dewasa yang merokok. Thirdhand smoke bisa menempel di permukaan tersebut.
  8. Hewan peliharaan juga berisiko terkena masalah karena bahan kimia dari asap bisa menempel di bulunya.

Bahaya Thirdhand Smoke Pada Anak-anak

Anak-anak paling berisiko terkena thirdhand smoke. Menurut Humberto Choi, MD, seorang ahli paru dari Cleveland Clinic, anak-anak merupakan kelompok yang paling rentan terhadap asap rokok karena asap rokok tersebut bisa menempel di permukaan seperti lantai dan pakaian mereka juga benda-benda lainnya yang ada di rumah.

Yang paling rentan sekali adalah anak-anak yang masih sangat kecil yang sering menyentuh benda dan kemudian memasukkan tangan mereka ke dalam mulut. Mereka bisa menghirup partikel lama melalui proses yang dinamakan off-gassing, yaitu pelepasan bahan kimia ke udara, bahan kimia dalam bentuk asap.

Anak-anak juga bisa menyerap beberapa bahan kimia thirdhand smoke langsung melalui kulit tangan mereka.  Semua hal tersebut bisa membuat tingkat paparan mereka terhadap bahan kimia beracun menjadi sangat tinggi. 

Anak-anak yang terkena paparan asap rokok beresiko terkena penyakit pernapasan dan infeksi, termasuk asma, bronkiolitis, serta pneumonia. Selain itu, senyawa yang terkandung di dalam asap rokok juga diketahui bersifat genotoksik, yang artinya bisa merusak DNA di dalam sel jaringan yang terpapar.

Melansir laman situs Cincinnati Children’s Hospital Medical Center, Georg E. Matt, Ph.D, profesor dari Universitas San Diego sekaligus direktur Thirdhand Smoke Resource Center, menyebutkan bahwa campuran pada thirdhand smoke dapat memengaruhi semua sistem organ.

Hal tersebut terjadi karena campuran thirdhand smoke adalah campuran yang sangat kuat dari berbagai senyawa. Itulah mengapa dia dan para ahli lainnya sangat mengkhawatirkan anak-anak. Sistem organ anak-anak masih berkembang. Selain itu, pertahanan tubuh mereka juga belum berkembang sebaik orang dewasa.

Seperti halnya debu yang tercemar yang membawa serpihan timbal pada cat, residu yang ditinggalkan asap rokok tidak menguap atau menghilang dengan cepat dan berubah menjadi bahan yang tidak berbahaya. Residu tersebut tetap ada sampai tempat atau benda yang terpapar tersebut dibersihkan, dicuci, atau dihilangkan.

Matt juga menyebutkan hasil studi sebelumnya. Timnya mendeteksi keberadaan asap rokok di rumah orang yang tidak merokok delapan tahun setelah kematian pasangan pemilik rumah tersebut yang seorang perokok. 

Hasil penelitian yang diterbitkan tahun 2021 di Environmental Research menemukan bahwa nikotin dari asap rokok bereaksi dengan asam nitrat, ozon, dan formaldehida (formalin) menghasilkan karsinogen, yaitu senyawa yang bisa menyebabkan kanker.

Alami Jantung Bocor dan Paru-Paru dipenuhi oleh Flek, Aluna Butuh Pertolonganmu Segera!

Cara Melindungi Anak-Anak dari Thirdhand Smoke

Agar anak-anak tidak sampai terkena pneumonia karena asap rokok, berikut ini cara khusus untuk melindungi mereka:

  1. Jangan biarkan orang merokok di dalam rumah atau mobil milik kita.
  2. Jangan izinkan orang merokok di dekat kita, anak-anak, atau hewan peliharaan kita.
  3. Mintalah siapa pun yang merawat anak atau hewan peliharaan kita untuk mengikuti aturan tersebut.
  4. Asap rokok elektrik maupun aerosol juga memiliki kandungan bahan kimia. Oleh karena itu, jangan biarkan siapa pun merokok rokok elektrik di rumah, mobil, atau di dekat anak atau hewan peliharaan kita.
  5. Cara satu-satunya untuk melindungi diri kita dan anak-anak dari asap rokok adalah dengan berhenti merokok.  

Begitu mengerikannya akibat dari thirdhand smoke khususnya terhadap anak-anak. Karena tubuh mereka masih berkembang dan sistem kekebalannya belum sekuat orang dewasa, maka mereka sangat rentan terkena penyakit-penyakit yang serius seperti pneumonia. Meski disarankan untuk merokok di luar rumah, tapi solusi terbaik untuk menyelamatkan anak-anak adalah dengan berhenti merokok.

Banyak pasien anak-anak di luar sana yang mengalami penyakit serius karena paparan asap rokok secara langsung maupun berupa residu. Di antara anak-anak tersebut ada orang tuanya yang tak mampu membiayai pengobatan mereka. Kita bisa membantu mereka dengan berdonasi melalui WeCare.id. Bisa berdonasi lewat situs webnya atau cukup unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

How Parents Can Prevent Exposure to Thirdhand Smoke. (2018). Diambil kembali healthychildren.org.

Many Children Still Exposed to Tobacco Smoke Pollution Even in ‘Smoke-Free’ Homes. (2022). Diambil kembali scienceblog.cincinnatichildrens.org.

Olsson, R. (2022). What Is Thirdhand Smoke and Why Your Child May Be at Risk. Diambil kembali bannerhealth.com.

The Dangers of Thirdhand Smoke — Especially to Children and Those Who Don’t Smoke. (2021). Diambil kembali health.clevelandclinic.org.

Weir, W. (2020). Third-hand smoke is no joke, can convey hazardous chemicals. Diambil kembali news.yale.edu.

Sumber Featured Image : Andres Siimon on Unsplash