Tren di Pencarian Google 2022, Apa Arti Bestie?

Tren di Pencarian Google 2022, Apa Arti Bestie?

Dunia internet dan media sosial kerap memunculkan bahasa-bahasa gaul yang unik. Salah satu yang menjadi viral dan tren di pencarian Google 2022 adalah kata ‘bestie.’ Kata ini terbukti banyak digunakan oleh netizen di media sosial, terutama para warga Twitter dan TikTok. Istilah ‘bestie’ tak hanya digunakan oleh warganet yang saling kenal, tapi juga oleh mereka yang tak saling kenal. Arti bestie di media sosial lebih seperti sapaan akrab atau ramah. Umumnya pengguna media sosial yang menggunakan kata ini adalah para netizen perempuan. Mereka menggunakan sapaan ini ketika berinteraksi di media sosial. Namun, ada juga warganet laki-laki yang memakai sapaan ini ketika bermedia sosial. 

Klik Untuk Donasi - Sering Kejang Hingga Tak Sadarkan Diri, Ilham Butuh Bantuanmu Segera!
Epilepsi, Gizi Buruk
Ilham Akbar
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.8,370,722
  2. Pencapaian 48.32%
  3. Donatur 150

Arti Bestie

Mungkin sebagian warganet sudah bisa menebak apa arti kata bestie. Melansir laman Kompas.com, kata bestie menurut kamus bahasa daring merupakan istilah slang internasional. Kata ini digunakan untuk menyebut teman baik ataupun sahabat. Slang yang sering disebut juga sebagai bahasa gaul atau bahasa prokem, merupakan ragam bahasa musiman yang dipakai oleh sekelompok sosial tertentu. Biasanya bahasa slang digunakan dalam situasi informal.

Secara mudahnya, arti bestie adalah best friend, frasa dalam bahasa Inggris yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah teman baik atau sahabat. Panggilan bestie ini kerap dipakai oleh kaum muda ataupun milenial untuk menggambarkan keakraban di antara teman. Kata ini juga bahkan jadi sapaan untuk mengungkapkan kedekatan atau ungkapan sayang di antara sahabat.  

Awal Mula Munculnya Kata ‘Bestie’

Mungkin kamu pernah melihat banyak warganet di TikTok berkomentar dengan menuliskan kata ‘bestie’ ketika mengungkapkan kebanggaan, misalnya saja “bestie terbaik aku.” Ada juga yang mengungkapkan perhatian, misalnya “bestie, aku ikut prihatin.” Kedua arti bestie di situ merupakan sesuatu menyenangkan dan tidak dimaksudkan untuk merendahkan.

Kalau kamu pengguna TikTok, mungkin pernah melihat video yang diunggah oleh akun @tiktoshh. Akun yang relatif anonim yang hanya dikenal dengan nama “breezysmamager” ini kerap mengucapkan kata ‘bestie’ dalam tiap unggahannya. Dalam satu video bahkan dia sampai tujuh kali mengucapkan “Bestie Vibes Only” pada unggahan bulan Januari. Setelah itu banyak unggahan video yang menggunakan suara dari akun @tiktoshh ini.

Arti bestie dalam postingan @tiktoshh bermakna baik. Dia menganggap para penonton videonya sebagai temannya. Video dari akun @tiktoshh biasanya berupa cuplikan video close-up dengan ucapan bestie yang dia ulang-ulang. Kata itu dia tujukan pada sahabatnya. Kerap kali dia berbicara tentang harus memberi tahu sesuatu, pergi tidur atau bangun di pagi hari.

Contohnya postingan pada tanggal 19 Januari 2019. Dia menyapa dalam videonya yang berjudul “Goodddddd Niiiight.” Dalam bahasa Indonesia postingan itu isinya seperti ini:

“Selamat malam bestie, selamat malam bestie, selamat malam bestie, selamat malam bestie … tapi sebelum saya pergi tidur, saya ingin memberitahumu sesuatu. Apakah kamu tahu bahwa kamu tidak punya pilihan untuk menghilangkan aku sebagai bestie-mu. Selamat malam bestie. Aku akan bersamamu sampai akhir.”

Para warganet yang berkomentar di unggahannya tersebut tak ketinggalan untuk ikut menyertakan kata bestie. Jika dilihat dari komentar-komentar para warganet di akun @tiktoshh itu, arti bestie tak lagi untuk teman akrab, tapi siapa saja bisa menggunakan sapaan tersebut. 

Semenjak kata itu terkenal dan viral di TikTok dan digunakan dalam banyak unggahan dan komentar, arti bestie jadi hanya semacam salam atau cara yang baik ketika akan memulai komentar. Dengan kata lain, kata bestie di situ lebih seperti kata “say”, “honey”, “bun” atau “sobat.”

Alami Sesak akibat Jantung Bocor dan Kelainan pada Pembuluh Darahnya, Fathan Butuh Biaya untuk Operasi Segera!

Kata-Kata Sapaan yang Mirip dengan Arti Bestie 

Ada beberapa kata sapaan lain memiliki arti sama dengan bestie. Kata sapaan tersebut digunakan sebagai ungkapan keakraban. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Gaes: kata ini kerap digunakan para pengguna media sosial di Indonesia, khususnya para pengguna YouTube. Sapaan ini berasal dari kata guys dalam bahasa Inggris yang memiliki arti banyak atau jamak. Guys bisa digunakan sebagai sapaan untuk laki-laki ataupun perempuan.
  2. Bud/buddy: kata sapaan ini populer di Amerika dan Kanada yang berarti teman dekat, sama dengan arti bestie.
  3. Pal: sapaan ini biasa digunakan di Skotlandia. Pal digunakan untuk memanggil teman dekat.
  4. Mate: Kata sapaan ini biasa digunakan di Inggris atau Australia sebagai sapaan yang ramah. Orang tersebut tak harus selalu teman, tapi bisa siapa saja. Ini sama seperti arti bestie di media sosial.

Itulah arti bestie, kata yang viral dan tren dipencarian Google 2022. Sapaan ini memiliki makna sapaan yang ramah. Tak hanya ditujukan untuk teman tapi bisa untuk siapa saja. Kata-kata bestie juga kerap digunakan untuk menyapa para donatur yang berdonasi di media sosial. Salah satu situs web yang biasa digunakan para donatur untuk berdonasi adalah WeCare.id. Di sini kamu bisa berdonasi kepada para pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Selain mengunjungi situs webnya, kamu juga bisa mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Dwi, A. (2022). Arti Kata Bestie, Makna dan Contoh Pengunaannya. Diambil kembali dari cantik.tempo.co.

Endarwati, O. (2022). Arti Kata Bestie dalam Bahasa Gaul yang Viral Media Sosial. Diambil kembali dari celebrities.id.

Sabiila, S. I. (2022). Arti Kata Bestie yang Lagi Viral Lengkap dengan Makna dan Penggunaannya dalam Bahasa Gaul Sehari-hari. Diambil kembali dari sonora.id.

Sitoresmi, A. R. (2022). Bestie Artinya Teman Dekat, Pahami Makna dan Penggunaannya dalam Bahasa Gaul. Diambil kembali dari hot.liputan6.com.

Syahrial, M. (2022). Viral di TikTok dan Twitter, Apa Arti Kata ‘Bestie’? Diambil kembali dari kompas.com.

Tiara, K. A. (2022). Arti bestie dalam bahasa gaul beserta penggunaannya. Diambil kembali dari brilio.net.

Weekman, K. (2021). WHY IS EVERYONE SUDDENLY CALLING EACH OTHER ‘BESTIE’? Diambil kembali dari intheknow.com.

What does Bestie mean on TikTok? (2021). Diambil kembali dari thisinterestsme.com.

Sumber Featured Image : Anemone123 dari Pixabay