Mau Operasi Laser Mata? Tunggu! Baca Info Dulu Ini

Mau Operasi Laser Mata? Tunggu! Baca Info Dulu Ini

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan rabun jauh atau minus, salah satu solusi untuk masalah penglihatanmu adalah kacamata. Namun terkadang memakai kacamata terus menerus mengakibatkan rasa nyeri di kuping dan pegal di tulang hidung. Karenanya sebagian orang mulai tertarik untuk melakukan LASIK (aser-Assisted in Situ Keratomileusis). Operasi laser mata ini adalah untuk mengoreksi fungsi penglihatan, seperti rabun jauh dengan atau tanpa silinder (astigmatisme), dan rabun dekat.

Klik Untuk Donasi - Mata Kanan Farhan Tertusuk Hingga Tak Bisa Melihat, Bantuanmu sangat diharapkan!
Ulkus Kornea
M. Farhan Margolang
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,150,200
  2. Pencapaian 9.96%
  3. Donatur 37

Mengenal LASIK

Operasi laser mata atau LASIK ini tujuannya untuk memperbaiki kesalahan bias. Caranya yaitu dengan mengikis jaringan kornea mata menggunakan sinar laser untuk membentuk kembali kornea.  Dengan operasi ini, cahaya yang jatuh di kornea bisa difokuskan kembali pada retina. 

Di Indonesia operasi laser mata ini mulai masuk pada tahun 1997. Namun sebenarnya LASIK dikembangkan mulai dari tahun 1980. Patennya baru didapatkan pada tahun 1985 dan pertama kali dipraktikkan di Amerika Serikat pada awal tahun 1990.

Untuk orang yang memiliki masalah mata minus atau rabun jauh, operasi laser mata ini akan meratakan kornea mata yang melengkung  terlalu tajam. Hal ini berbeda untuk orang dengan mata plus atau rabun dekat, operasi LASIK ini akan menambahkan lengkungan kornea mata yang terlalu datar. Bagi penderita mata silinder atau astigmatisme, operasi ini digunakan untuk membenarkan kornea yang tak teratur jadi kembali normal.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Operasi Laser Mata

Ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum kamu melakukan operasi LASIK. 

  • Tidak menggunakan lensa kontak selama 2 minggu sebelum tahap evaluasi awal.
  • Tidak menggunakan lensa kontak keras selama 4 minggu sebelum tahap evaluasi pertama.
  • Tidak menggunakan lensa kontak toric (untuk silinder) atau lesan rigid gas permeable (RGP) selama 3 minggu sebelum tahap evaluasi pertama.
  • Tidak memakai beragam losion, krim, make up, juga parfum 1 hari sebelum prosedur operasi.

Manfaat LASIK

Sebelum melakukan operasi laser mata untuk mata minusmu, ada baiknya kamu ketahui dulu apa manfaat dari operasi LASIK.

Penglihatan Kembali Baik

Prosedur operasi laser mata ini efektif untuk mengoreksi kesalahan bias seperti, mata minus atau plus sehingga bisa kembali melihat jauh dan dekat dengan baik. Mereka yang telah menjalani operasi ini mengatakan puas dengan hasil operasinya.

Rasa Sakit yang Minim 

Rasa sakit dan ketidaknyamanan yang berhubungan dengan operasi laser mata ini cukup minim. Anestesinya berupa tetes mata. Selain itu, obat-obatan juga bisa digunakan oleh pasien selama operasi. Satu hal lagi, dalam operasi ini tidak ada jahit-menjahitnya.

Proses Pemulihan yang Cepat

Pemulihan setelah operasi laser mata waktunya cukup cepat dan hasilnya juga baik. Kebanyakan hasil operasi ini akan membuat mata jadi stabil kembali dalam waktu beberapa hari. Untuk orang dengan masalah penglihatan yang ringan, hasilnya bisa langsung terlihat.

Risiko Operasi LASIK

Selain manfaat, kamu juga harus tahu beberapa risiko dari operasi laser mata ini.

Mata Kering

Operasi laser mata bisa menyebabkan menurunnya produksi air mata untuk sementara waktu. Akan tetapi, kondisi ini bisa diatasi dengan penggunaan obat tetes mata kering. Seiring waktu, gejala ini akan berangsur-angsur hilang. 

Masalah dengan Penglihatan

Setelah melakukan operasi laser mata, pada malam harinya kemungkinan kamu akan mengalami masalah ketika melihat (termasuk melihat jarak dekat). Masalah lain yang mungkin dialami adalah sesitivitas cahaya dan juga penglihatan ganda. Gangguan ini dapat berlangsung selama beberapa hari sampai beberapa minggu.

Silinder/Astigmatisme

Astigmatisme bisa diakibatkan oleh pengangkatan jaringan yang tidak merata dikarenakan prosedur terapi laser yang tak sempurna. Operasi tambahan atau penggunaan kacamata juga lensa kontak dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Komplikasi

Operasi laser mata ini bisa mengakibatkan komplikasi, contohnya infeksi kornea, penipisan kornea, perpindahan ataupun lipatan pada penutup kornea, serta lipatan terselip.

Kerusakan Permanen

Karena dalam operasi laser mata melibatkan proses pembentukan jaringan kornea, maka ada efek samping yang mungkin terjadi seperti kehilangan atau kerusakan mata permanen.

Regresi

Regresi yaitu ketika penglihatan kembali memburuk setelah operasi laser mata, misalnya mata kembali mengalami rabun jauh atau minus. Namun hal ini jarang sekali terjadi.

Kehilangan Salah Satu Matanya, Adik Farris Butuh Mata Palsu untuk bisa Melihat!

Biaya yang Cukup Mahal

Diperkirakan biaya untuk operasi laser mata atau LASIK itu sekitar 15 juta sampai 20 juta. Selain itu, kebanyakan asuransi juga tidak mencakup operasi ini.

Peringatan LASIK

Untuk menghindari hal buruk yang mungking terjadi, disarankan untuk tidak melakukan operasi laser mata jika:

  • Penglihatan masih cukup baik
  • Sedang hamil atau menyusui
  • Kornea yang tipis atau pupil yang besar 
  • Banyak melakukan aktivitas fisik ataupun olahraga yang berkaitan dengan wajah
  • Mempunyai masalah dengan penglihatan yang terkait penggunaan obat-obatan maupun penuaan, contohnya presbiopi
  • Mengalami masalah gangguan mata tertentu, contohnya radang kornea, mata kering, kelainan kelopak mata, katarak, glaukoma, serta herpes simpleks.
  • Memiliki penyakit autoimun, contohnya rheumatoid arthritis
  • Mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah karena pengobatan imunosupresif ataupun menderita HIV

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan operasi laser mata, sebaiknya cari sebanyak mungkin informasi mengenai prosedur ini agar terhindar dari masalah setelah operasi. Melansir data dari situs web Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, di Indonesia pada tahun 2017 diperkirakan ada 8 juta orang yang mengalami gangguan penglihatan. Buat kamu yang ingin membantu pasien dengan masalah penglihatan, yuk berdonasi melalui WeCare.id. Mudah sekali caranya. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Atika. (2020). Inilah Efek Samping LASIK yang Wajib Diketahui. Diambil kembali dari klikdokter.com.

Cari Tau Manfaat dan Resiko Lasik Mata. (2018). Diambil kembali dari halodoc.com.

Prosedur Operasi LASIK dan Risikonya. (2021). Diambil kembali dari alodokter.com.

Risiko dan Manfaat LASIK: Ini Hal yang Perlu Diketahui. (2020). Diambil kembali dari ciputrasmgeyeclinic.com.

Sebelum Operasi LASIK, Perhatikan Dulu Hal Berikut Ini! (2021). Diambil kembali dari hellosehat.com.

Sumber Fetaured Image : Brands&People on Unsplash