Ini Manfaat Lain Tes DNA Selain Garis Keturunan

Ini Manfaat Lain Tes DNA Selain Garis Keturunan

DNA memiliki sejumlah informasi mengenai pertumbuhan, fungsi, dan reproduksi genetik dari seluruh makhluk hidup. Proses dalam mengenali perubahan yang terjadi pada tingkat genetik inilah yang disebut tes DNA.

Menjalani tes DNA dapat memberikan berbagai informasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Namun pilihan untuk menjalani tes ini merupakan pilihan setiap individu. Karena itu, sangat penting untuk memahaminya sebelum memutuskan untuk menjalani tes ini.

Daftar isi:

  1. 1. Manfaat Tes DNA
  2. 2. Risiko Dan Batasan Tes DNA
  3. 3. Hasil Tes DNA

Manfaat Tes DNA

Karena pada dasarnya tes DNA dilakukan untuk mendapatkan informasi genetik dalam tubuh, manfaat terpenting adalah penggunaan informasi tersebut. Beberapa manfaat tes DNA yang bisa didapatkan antara lain

  1. Mengenali penyakit genetik

Dengan menjalani tes DNA, Anda akan mendaatkan informasi lengkap mengenai penyakit yang diturunkan secara genetis dari orang tua. Dengan mengenali potensi penyakit turunan ini, kamu bisa melakukan pencegahan sebelum gejala penyakit tersebut muncul.

  1. Menurunkan berat badan

Bagi beberapa orang, menurunkan berat badan sangat sulit dilakukan. Hal ini terjadi karena mungkin saja kondisi kelebihan berat badan tersebut merupakan sifat turun temurun. Dengan mengetahui penyebabnya, proses perawatan untuk mendapatkan tubuh ideal dapat lebih efektif.

  1. Program kehamilan

Bagi pasangan yang berencana untuk menjalankan program kehamilan, tes DNA juga dapat membantu menemukan kondisi genetik yang mungkin dapat menghalangi keberhasilan mendapatkan keturunan.

Selain itu, hasil tes yang didapatkan juga dapat menemukan masalah kesehatan yang berpotensi diturunkan pada sang anak nantinya. Perawatan sedini mungkin tentu saja lebih baik untuk mengurangi risiko kesehatan yang jauh lebih parah.

  1. Melacak garis keluarga

Walau kamu bisa mengenali keluarga terdekat, mungkin saja garis keturunan yang kamu miliki beberapa generasi sebelumnya tidak jelas. Tes DNA dapat berguna untuk melacak kembali jejak sejarah keluarga kamu yang hilang sebelumnya.

Klik Untuk Donasi - Yuk, Berdonasi Demi Kesembuhan Adik Okta dan Beri Harapan agar Masa Depannya Lebih Cerah!
Epilepsi
Oktaviani Hadi Syahroni
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.255,000
  2. Pencapaian 0.90%
  3. Donatur 8

Risiko Dan Batasan Tes DNA

Walau tes DNA dapat memberikan beragam informasi, namun ada batasan dan juga risiko yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu mencobanya. Risiko dan batasan tersebut antara lain:

  • Tes DNA mungkin tidak dapat menganalisa kondisi kesehatanmu
  • Hasil tes belum tentu menentukan apakah kamu berpotensi terkena penyakit tertentu. Hasil yang didapatkan perlu dianalisa lebih jauh untuk mendapatkan hasil yang lebih objektif.
  • Tes DNA hanya memeriksa subset varian dalam gen sehingga varian yang berpotensi menjadi penyakit dapat tidak teridentifikasi.
  • Informasi yang didapatkan mengenai kesehatan, hubungan keluarga, atau leluhurmu mungkin bisa membuatmu tertekan atau emosi.
  • Keputusan yang berhubungan dengan pencegahan atau perawatan penyakit dapat didasarkan pada informasi yang tidak akurat atau pemahaman yang salah.

Hasil Tes DNA

Seperti halnya hasil tes lainnya, tes DNA juga bisa memberikan hasil yang beragam. Secara umum, ada tiga jenis hasil yang bisa didapat.

  • Positif

Hasil positif  bisa didapatkan jika terdapat perubahan genetik yang berpotensi menimbulkan penyakit.

  • Negatif

Jika tes DNA tidak menemukan adanya perubahan genetis yang memicu suatu penyakit, maka hasil yang didapatkan negatif.  Terkadang ada pula hasil tes yang menunjukkan negatif dimana terdapat perubahan genetis dalam keluarga, namun individu yang melakukan tes tidak mewarisi perubahan tersebut.

Jika hasil yang didapatkan negatif, tetapi tidak ada perubahan genetik dalam keluarga, maka hasil tes tersebut belum tentu memberikan hasil yang pasti. Karena itu tes DNA untuk beberapa keluarga perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih objektif.

  • Tak tentu

Saat tes menunjukkan hasil tak tentu, artinya tidak cukup informasi untuk menentukan apakah kondisi genetik masih normal atau bersifat patogenik (menyebabkan penyakit).

Intinya, tes DNA tidak dapat menunjukkan hasil yang pasti jika kamu tidak tahu informasi seperti apa yang ingin ditemukan. Karena itu, konsultasi dengan tenaga medis dapat membantu kamu menentukan apakah tes DNA tepat untuk membantu menemukan informasi lebih detail tentang genetikmu.

Sambil menentukan langkah selanjutnya untuk melakukan tes DNA, kamu juga bisa membantu pasien lain yang mengalami masalah dengan biaya pengobatan mereka dengan  menyalurkan bantuan kamu lewat WeCare.id. Caranya mudah. Cukup unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Miris! Seorang Ibu Menunggak Biaya Persalinan Buah Hatinya!

Referensi

benefits And Risks Of Genetic Testing. (t.thn.). Diambil kembali dari Genetic Alliance: https://geneticalliance.org.uk/information/service-and-testing/benefits-and-risks-of-genetic-testing/

Benefits of DNA Testing. (t.thn.). Diambil kembali dari Oschmann Screening: https://oschmannscreening.com/benefits-of-dna-testing/

Genetic Testing. (2022, Juni 24). Diambil kembali dari CDC: https://www.cdc.gov/genomics/gtesting/genetic_testing.htmWhat are the benefits and risks of direct-to-consumer genetic testing? (t.thn.). Diambil kembali dari Mediaplus: https://medlineplus.gov/genetics/understanding/dtcgenetictesting/dtcrisksbenefits/