Indikator Tumbuh Kembang Anak yang Ideal

Indikator Tumbuh Kembang Anak yang Ideal

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki tumbuh kembang yang baik dan optimal. Ketika anak-anak bertumbuh dengan baik, orang tua akan merasa bahagia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika orang tua akan selalu mengawasi perkembangan anak setiap detik, bahkan saat mereka masih dalam kandungan. Seiring bertambahnya usia anak, tentunya akan semakin bertambah pula pertumbuhan dan perkembangannya. Pada dasarnya orang tua bisa melihat pertumbuhan anak dari dua aspek, yaitu aspek perkembangan fisik anak dan aspek perkembangan yang menggambarkan kemampuan struktur serta fungsi tubuh yang lebih kompleks. Perkembangan ini akan berbeda-beda pada setiap umur anak.

Untuk itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui tahapan perkembangan untuk mengetahui jika ada keganjilan dalam perkembangan anak. Namun, sayangnya, tidak semua orang tua memahami tahapan perkembangan tumbuh kembang anak. Berikut ini beberapa indikator pertumbuhan anak yang ideal.

Fakhri Seorang Remaja yang Menderita Gizi Buruk dengan Perawakan sangat Pendek Membutuhkan Bantuan Segera!

Perhatikan tumbuh kembang anak dari tinggi badan dan berat badannya

Sebagai orang tua tentunya harus memperhatikan tumbuh kembang si kecil dari hal yang paling mudah terlihat, yaitu perhatikan pertumbuhan fisik si kecil. Kamu bisa memulainya dengan mengecek tinggi badan si kecil. Pada usia 1 tahun, tinggi badan ideal adalah 60 cm sampai 70 cm dengan berat badan sekitar 10 kg sampai 11 kg. Sementara itu, pada usia 2 tahun, tinggi badan ideal anak adalah 87 cm sampai dengan 94 cm dengan berat badan sekitar 12 kg hingga 14 kg.

Perhatikan tumbuh kembang anak dari lingkar kepalanya

Selain tinggi dan berat badan, kamu juga sebaiknya perhatikan lingkar kepala anak. Kamu bisa mengukurnya dengan menggunakan meteran atau pita ukuran. Biasanya lingkar kepala menjadi hal yang jarang menjadi perhatian orang tua. Jadi, sebaiknya mulai sekarang, kamu harus rutin mengukur lingkar kepala untuk mencegah jika terdapat keganjilan pada tumbuh kembangnya.

Biasanya pada usia 1 tahun, anak memiliki lingkar kepala 43 cm sampai 46 cm. Sedangkan untuk anak usia 2 tahun, biasanya anak memiliki lingkar kepala 44 cm sampai 47 cm. Idealnya, lingkar kepala anak idealnya akan bertambah 2 cm setiap tahunnya. Jika si kecil memiliki lingkar kepala yang jauh dari ukuran ideal, sebaiknya kamu segera konsultasi kepada dokter spesialis anak.

Perhatikan perkembangan tumbuh anak

Selain perkembangan fisik, sebaiknya orang tua juga harus memperhatikan tumbuh anak. Jika anak mengalami keterlambatan dan hambatan dalam perkembangan tumbuhnya, orang tua akan lebih cepat mendeteksinya. Biasanya, pada usia 1 sampai 1,5 tahun, anak akan mulai belajar berdiri dan berjalan. Selain itu, pada usia ini, anak juga sudah mulai menyebutkan beberapa kata dalam percakapan sehari-harinya.

Kemudian, pada usia 2 tahun, biasanya si kecil sudah bisa mengerti petunjuk yang orang tuanya berikan kepadanya. Lalu, pada usia ini juga anak sudah mulai bisa mengendalikan sendiri mainannya dan sudah bisa merangkai kata-kata menjadi kalimat sederhana.

Nah, itu tadi beberapa indikator tumbuh kembang anak yang bisa kamu perhatikan. Agar pertumbuhan dan perkembangan anak semakin optimal, kamu juga harus menjaga pola tidur si kecil. Jika kamu merasa ada yang ganjil dari perkembangan si kecil, sebaiknya langsung konsultasikan kepada dokter spesialis anak. Jika anak terlambat mendapat penanganan, maka pengobatannya akan semakin memakan waktu lama dan biaya yang tidak sedikit.

Hal inilah yang dialami oleh adik-adik pasien WeCare.id. Mereka saat ini masih membutuhkan pengobatan dan juga biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, mari tunjukkan kepedulianmu dengan turut membantu mereka agar bisa sembuh dan beraktivitas seperti anak-anak sesuainya. Bantu mereka melalui website atau aplikasi WeCare.id. Unduh aplikasinya sekarang melalui App Store dan Google Play.

REFERENSI:

Halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/bagaimana-tahap-tumbuh-kembang-anak-yang-ideal-. Diakses pada 17 Juni 2022.

Prenagen. https://www.prenagen.com/id/tumbuh-kembang-anak. Diakses pada 17 Juni 2022.

Hellosehat. https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/tumbuh-kembang-anak/indikator-tumbuh-kembang-anak-yang-perlu-orangtua-ketahui/. Diakses pada 17 Juni 2022.

Sumber Featured Image : Cheryl Holt dari Pixabay