Financial Planning, Mengenal Manfaat dan Cara Membuatnya

Financial Planning, Mengenal Manfaat dan Cara Membuatnya

Financial planning atau perencanaan keuangan merupakan hal penting dalam mengelola keuangan. Tidak hanya untuk perusahaan, pribadi juga sangat membutuhkan financial planning lho. Namun, sayangnya masih banyak yang belum memahami pentingnya mengatur keuangan. Banyak yang beranggapan jika kita sudah berinvestasi maka kita sudah menerapkan perencanaan keuangan dengan benar. Padahal perencanaan keuangan tidak hanya sebatas berinvestasi, masih banyak unsur lain yang menentukan perencanaan keuangan kamu sudah benar atau belum. Nah, biar enggak makin bingung, yuk pahami dulu apa itu perencanaan keuangan, pentingnya mengatur keuangan dan cara membuatnya melalui penjelasan berikut ini.

Kulit Kering dan Mengelupas akibat Lupus, Bu Sri Butuh Pertolonganmu Segera!

Pengertian Financial Planning

Financial planning adalah sebuah proses untuk mengatur keuangan seseorang berdasarkan tujuan keuangannya. Dalam penerapannya nanti tidak hanya untuk tujuan jangka pendek tetapi juga tujuan jangka panjang. Tidak hanya membuat perencanaan hingga penerapannya, kita juga bisa menyesuaikan tujuan keuangan kita sesuai dengan periode waktunya. Hal ini karena perencanaan keuangan bertujuan untuk jangka panjang, jadi harus adaptif juga terhadap kondisi kehidupan. Perencanaan keuangan untuk yang belum menikah tentunya akan berbeda dengan yang sudah menikah dan memiliki anak.

Manfaat Financial Planning

Manfaat perencanaan keuangan tentunya banyak sekali untuk kehidupan kita sehari-hari. Berikut ini beberapa manfaat perencanaan keuangan:

Membantu memantau kondisi keuangan kamu

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu harus mengetahui kondisi keuangan kamu sendiri. Apalagi jika kamu sudah menikah dan memiliki anak, tentunya keuangan kamu harus selalu kamu pantau agar tidak terjadi risiko keuangan pada kemudian hari. Berikut ini beberapa kriteria untuk melihat apakah keuangan kamu dalam kondisi yang sehat atau tidak:

  • Bisa menabung dengan besaran 20% dari penghasilan setiap bulannya
  • Tidak memiliki cicilan yang lebih besar 30% dari gaji setiap bulan
  • Memiliki dana darurat dengan besaran 6 sampai 12 kali dari pengeluaran bulanan

Selain itu, kamu juga bisa membuat anggaran keuangan untuk mencatat dan mengevaluasi pengeluaran kamu setiap bulannya.

Mencegah utang

Manfaat perencanaan keuangan berikutnya adalah menghindarkan kamu dari lilitan utang, terutama utang konsumtif. Sebenarnya, tidak masalah jika kamu berutang dengan tujuan modal usaha. Dengan begitu, kamu bisa membayar cicilannya setiap bulan dengan penghasilan yang kamu dapatkan dari usaha kamu. Jika kamu berutang dengan tujuan konsumtif semata, maka kamu akan merasakan kesulitan pada kemudian hari. Apalagi jika kamu telat membayar, denda keterlambatan ini akan membuat kondisi keuangan kamu semakin memburuk.

Klik Untuk Donasi - Infaq Beras Yatim Pedalaman
  1. Terdanai Rp.461,500
  2. Pencapaian 0.40%
  3. Donatur 39

Membantu merencanakan investasi

Seperti yang sudah kita tahu, investasi sangat penting untuk masa depan kamu. Imbal hasil yang kamu dapatkan dari investasi dapat kamu gunakan untuk tujuan masa depan. Nah, perencanaan keuangan bisa membantu kamu dalam merencanakan investasi masa depan kamu.

Membantu membangun aset

Perencanaan keuangan bisa membantu kamu dalam membangun aset yang berfungsi untuk menambah pemasukan secara pasif. Beberapa aset yang bisa kamu pertimbangkan adalah emas, tanah, hingga properti.

Membantu merealisasikan tujuan kamu

Pasti kamu memiliki tujuan hidup ‘kan? Dengan membuat perencanaan keuangan, kamu bisa merencanakan dan merealisasikan tujuan hidup kamu di masa depan, seperti naik haji, pendidikan anak, hingga tabungan pensiun kamu.

Cara Membuat Perencanaan Keuangan

  1. Kenali dahulu kondisi keuangan kamu, seperti mengevaluasi pemasukan dan pengeluaran setiap bulan.
  2. Buat anggaran keuangan setiap bulan dengan rapi dan detail. Catat jumlah uang yang masuk dan keluar setiap bulannya.
  3. Sisihkan uang saat awal bulan agar kamu tidak tergoda untuk langsung menghabiskannya.
  4. Meminimalkan utang yang bersifat konsumtif.
  5. Sisihkan uang atau dana darurat untuk keperluan tidak terduga.
  6. Lakukan evaluasi dan monitoring setiap akhir periode.

Gimana? Jadi paham ‘kan pentingnya financial planning dan cara membuatnya? Nah, saat membuat perencanaan keuangan, jangan lupa juga untuk menyisihkan sebagian penghasilan kamu untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu, seperti pasien-pasien yang ada di WeCare.id. Mereka sangat membutuhkan uluran tanganmu agar mendapatkan pengobatan yang layak. Berikan bantuan terbaik kamu melalui aplikasi atau klik https://wecare.id

REFERENSI:

Populix. https://info.populix.co/articles/financial-planning/. Diakses pada 18 Juli 2022.

Investree. https://blog.investree.id/tujuan-finansial/mengenal-financial-planning-beserta-manfaat-baiknya/. Diakses pada 18 Juli 2022.

Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash