5 Macam Love Language, Termasuk yang Manakah Kamu?

5 Macam Love Language, Termasuk yang Manakah Kamu?

Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah love language ‘kan? Love language atau bahasa cinta merupakan cara yang kita lakukan untuk memperlihatkan rasa sayang kepada pasangan. Hal ini tentu saja sangat penting untuk menjaga rasa cinta dan hubungan dengan pasangan. Istilah ini berawal dari seorang penulis buku dan juga konselor pasangan, yaitu Dr. Gary Chapman. Bukunya yang berjudul The Five Love Languages menjelaskan bahwa bahasa cinta adalah perilaku yang membuat kita merasa dicintai. Namun, sayangnya, tidak semua orang paham apa yang mereka lakukan untuk mengungkapkan rasa cintanya kepada pasangan. Penasaran enggak sih ada apa aja bahasa cinta? Yuk, simak artikel ini.

Tiap Hari Benjolan Terus Membesar di Kepala, Arvino Butuh Biaya untuk Berobat!

Macam-macam Love Language

Nah, berikut ini 5 bahasa cinta yang bisa kamu lakukan untuk pasangan.

Word of Affirmation

Bahasa cinta yang satu ini berupa kata-kata. Jika pasangan kamu memiliki bahasa cinta word of affirmation, berarti penting buat kamu untuk selalu mengatakan bahwa kamu peduli dan menyayangi kepada pasangan kamu. Selain itu, orang dengan bahasa cinta tipe ini juga harus mendengar kata-kata tersebut secara langsung rutin setiap hari. Beberapa contoh kata-kata yang bisa bikin pasangan kamu bahagia adalah “terima kasih sudah bekerja keras hari ini”, “kamu baik sekali”, hingga “saya sangat menghargai yang sudah kamu lakukan”.

Quality Time

Quality time atau waktu yang berkualitas berarti kamu harus memberikan pasangan kamu perhatian penuh. Hal ini berarti tidak boleh ada gangguan televisi, ponsel, hingga pekerjaan saat kamu sedang bersama pasangan. Quality time adalah tentang kebersamaan, saling memperhatikan, berbagi sesuatu hal yang bermakna bersama, komunikasi dan saling mendengarkan. Contoh quality time bersama pasangan adalah memasak bersama. Sambil memasak, kamu dan pasangan bisa saling bercerita dan berbagi rencana masa depan berdua.

Receiving Gifts

Jika pasangan kamu memiliki bahasa cinta receiving gifts, berarti ia akan sangat merasa dicintai jika kamu memberikan hadiah. Orang dengan bahasa cinta ini memerlukan bukti atau tindakan nyata, bukan hanya sekedar kata-kata. Jadi, kamu harus memberikan hadiah yang tepat untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar memahaminya dan mencintainya.

Act of Service

Orang dengan bahasa cinta yang satu tidak membutuhkan kata-kata untuk menunjukkan rasa sayang kepadanya. Kamu cukup menunjukkannya dengan membantu membersihkan rumah, mencuci piring, membersihkan kamar mandi, hingga memotong rumput halaman depan. Agar  makin disayang pasangan, kamu bisa bertanya kepada pasangan hal-hal apa yang mereka sukai dan hal yang bisa meringankan beban mereka.

Klik Untuk Donasi - Sedekah Membawa Berkah
  1. Terdanai Rp.231,000
  2. Pencapaian 0.04%
  3. Donatur 9

Physical Touch

Orang dengan bahasa cinta ini sangat menyukai segala macam bentuk sentuhan fisik, seperti pegangan tangan, berpelukan hingga tepukan pada pundak. Sentuhan fisik tidak melulu tentang berhubungan seks, tetapi lebih kepada keintiman dengan pasangan. Jadi, daripada kamu mengucapkan “aku sayang kamu”, lebih baik kamu langsung berikan pelukan dan mengecup kening pasangan kamu. Selain itu, kamu juga bisa menggandeng tangannya saat mengobrol hingga menawarkan untuk memijat pundak pasangan.

Itu tadi 5 macam love language yang perlu kamu tahu agar bisa mencintai pasangan dengan lebih baik lagi. Tidak hanya dengan pasangan, kamu juga bisa menunjukkan rasa sayang kepada sesama manusia. Salah satu caranya adalah dengan berdonasi untuk membantu pasien-pasien yang membutuhkan bantuan pengobatan. Kamu bisa berdonasi melalui website atau aplikasi WeCare.id. Unduh aplikasi WeCare.id sekarang melalui App Store dan Google Play.

REFERENSI:

Orami. https://www.orami.co.id/magazine/love-language. Diakses pada 29 Juni 2022.

Halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/inilah-5-love-languages-yang-mesti-diketahui. Diakses pada 27 Juni 2022.

The Asian Parent. https://id.theasianparent.com/jenis-bahasa-cinta. Diakses pada 27 Juni 2022.

Sumber Featured Image : Oliver Peters dari Pixabay