Salat Idul Adha, Inilah Tata Cara Serta Syaratnya

Salat Idul Adha, Inilah Tata Cara  Serta Syaratnya

Tak terasa sebentar lagi umat Islam seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari raya ini, biasanya umat Islam akan melakukan kurban dan tentu saja salat. Salat Idul Adha kita lakukan secara berjamaah pada lapangan atau masjid. Kini setelah pemerintah memperbolehkan kembali untuk kegiatan salat berjamaah, pastinya umat muslim tak ingin melewatkan kesempatan ini. Lalu bagaimana dengan tata cara salatnya? Apakah sama dengan Idul Fitri? Nah, untuk lebih jelasnya, ikuti penjelasan berikut ini.

Daftar isi:

  1. 1. Ibadah Salat
  2. 2. Syarat Salat Idul Adha
  3. 3. Niat serta Bacaan Salat Idul Adha
  4. 4. Tata Cara Salat Idul Adha

Ibadah Salat

Salah satu rukun Islam yang wajib kita lakukan sebagai seorang muslim adalah salat. Ibadah ini adalah cara manusia untuk terhubung dengan penciptanya, Allah SWT. Salat bisa menyucikan jiwa dan membuat kita terhindar dari perbuatan tercela. Dalam Islam ada dua jenis hukum salat, yaitu wajib atau fardu dan sunah. Salat fardu sendiri terbagi menjadi dua, fardu ain dan kifayah. Fardu ain yaitu salat lima waktu serta salat Jumat untuk laki-laki. Sementara faru kifayah contohnya adalah salat jenazah. Untuk salat sunah terbagi menjadi dua, yaitu sunah muakkad dan ghairu muakkad. Salat sunah yang satu ini menurut buku Ajar Studi Fiqih karya Aldila Septiana serta Firman Setiawan, hukumnya adalah sunah muakkad. Dalilnya ada dalam surat Al-Kautsar ayat 2, yaitu “Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah.”

Klik Untuk Donasi - Menebar Kebaikan Idul Adha
  1. Terdanai Rp.113,000
  2. Pencapaian 0.01%
  3. Donatur 3

Syarat Salat Idul Adha

Jumlah rakaat salat ini sebanyak dua rakaat. Syarat untuk melaksanakan salat ini sama dengan salat pada umumnya. Inilah syarat wajib salat menurut kitab Minhajul Muslim oleh Syaikh Abu Bakar Jabar Al-Jazairi:

  1. Beragama Islam
  2. Memiliki akal sehat
  3. Sudah balig
  4. Sudah masuk pada waktu salat
  5. Bersih dari darah haid serta nifas.

Niat serta Bacaan Salat Idul Adha

Sebelum mengetahui tata cara salatnya, ketahui dahulu niat serta bacaannya. Niat untuk melaksanakan salatnya terbagi menjadi dua, yaitu untuk imam dan makmum. Berikut ini adalah niat untuk makmum:

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat salat sunah Idul Adha dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah ta’ala.”

Niat Imam:

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat salat sunah Idul Adha dua rakaat menghadap kiblat sebagai imam karena Allah ta’ala.”

Tata Cara Salat Idul Adha

Tata cara salat sunah hari raya kurban ini tak jauh beda dengan salat Idul Fitri, yaitu kita lakukan secara berjamaah. Seusai salat, khatib kemudian menyampaikan khotbah. Yang membedakan keduanya adalah jumlah takbir dalam salat. 

Berikut ini tata cara salatnya yang harus kamu perhatikan:

Salat sunah yang satu ini tidak didahului dengan Salat Qobliyah dan tidak diakhiri dengan Salat Ba’diyah. Selain itu, tidak didahului dengan azan dan tidak ada iqamah layaknya salat wajib.

  1. Pertama membaca niat salat (untuk imam dan makmum)
  2. Kemudian membaca takbiratul Ihram. 
  3. Membaca takbir lagi, yaitu takbir zawa-id, sebanyak tujuh kali. Diantara takbir disunahkan untuk membaca zikir memuji Allah.
  4. Membaca Al Fatihah lalu membaca surat lainnya.
  5. Ruku’, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud, kemudian sujud kedua dengan tuma’ninah.
  6. Bangkit dari sujud kemudian membaca takbir sebanyak lima kali. Diantara takbir disunahkan untuk membaca zikir memuji Allah.
  7. Ruku’, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua
  8. Duduk tasyahud.
  9. Salam.

Seusai selesai melaksanakan seluruh urutannya, umumnya imam akan memberikan khotbah yang berisi tentang hukum-hukum kurban serta Idul Adha.

Itulah informasi mengenai tata cara salat Idul Adha dan syaratnya. Sebelum pergi untuk melaksanakan salat, sebaiknya membawa peralatan salat sendiri dan tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid-19. Menjelang hari raya Idul Adha ada baiknya kita juga melakukan amalan baik lainnya, seperti menolong pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Untuk memberikan donasi, cukup unduh aplikasi WeCare.id melalui Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Kurban Online Baznas, Menjangkau Hingga Ujung Negeri!

Referensi

Harbani, R. I. (2021). Bagaimana Hukum Sholat Idul Adha? Ini Penjelasannya. Diambil kembali dari news.detik.com.

Salat Idul Adha: Jadwal Pelaksanaan 2022 Lengkap dengan Niat, Bacaan, dan Sunahnya. (2022). Diambil kembali dari orami.co.id.
Sumber Featured Image : Rumman Amin on Unsplash