Inilah Alasan Pentingnya Vaksin Kanker Serviks

Inilah Alasan Pentingnya Vaksin Kanker Serviks

Berdasarkan Catatan WHO, kanker serviks merupakan kanker yang banyak diidap perempuan Indonesia dan menempati urutan kedua setelah kanker payudara. Terdapat sekitar 36.633 jumlah kasus atau 9,2 persen dari keseluruhan kasus kanker pada Indonesia. Data ini menunjukkan kalau penyakit kanker ini sangat berbahaya khususnya untuk perempuan.

Daftar isi:

  1. 1. Mengenal Kanker Serviks
  2. 2. Apa itu HPV?
  3. 3. Apa Itu Vaksin HPV?
  4. 4. Mengapa Vaksin Kanker Serviks Penting?
  5. 5. Mengapa Vaksin Kanker Serviks Diberikan Sejak Dini?
  6. 6. Program Pemberian Vaksin Kanker Serviks Gratis

Mengenal Kanker Serviks

Kanker leher rahim merupakan salah satu kanker yang penyebabnya adalah karena pertumbuhan sel abnormal yang tak terkendali dalam tubuh. Akibat pertumbuhan sel yang abnormal ini sel normal sekitarnya serta pada bagian tubuh lainnya juga bisa mengalami kerusakan.

Sebagian besar, penyebanya adalah virus human papillomavirus (HPV) yang menular lewat hubungan seksual. Virus tersebut bisa mengakibatkan infeksi kulit seperti kutil alat reproduksi serta bisa berkembang jadi kanker. HPV bisa menular secara langsung saat terjadi kontak langsung dengan penderita, khususnya ketika berhubungan intim.  Kanker ini bisa kita cegah dengan pemberian vaksin khususnya pada anak-anak yang akan memasuki masa remaja.

Klik Untuk Donasi - Derita Kanker Rektum, Bu Mariatun Butuh Biaya Kemoterapi!
Kanker Rektum, Ileus Obstruktif
Mariatun Br Ginting
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.616,000
  2. Pencapaian 8.89%
  3. Donatur 8

Apa itu HPV?

Human Papillomavirus Virus atau Virus Human Papillomavirus (HPV) merupakan nama untuk kelompok virus yang sangat umum. HPV mempunyai banyak jenis, beberapa jenisnya termasuk “berisiko tinggi” karena berhubungan dengan perkembangan kanker, misalnya kanker serviks, kanker genital, kanker dubur, dan kanker kepala dan tenggorokan. Jenis HPV lainnya bisa menyebabkan kondisi misalnya kutil atau veruka. 

Jenis HPV berisiko tinggi bisa kita temukan pada lebih dari 99% kanker leher rahim. HPV juga memiliki hubungan yang signifikan dengan beberapa kanker anal dan genital, serta kanker kepala dan leher. Biasanya infeksi HPV tak menimbulkan gejala apa pun. Umumnya orang yang terinfeksi tidak mengetahui kalau tubuhnya sudah terkena virus tersebut.

Apa Itu Vaksin HPV?

Vaksin HPV adalah vaksin yang membantu melindungi tubuh dari infeksi beberapa jenis human papillomavirus. Infeksi HPV bisa mengakibatkan pertumbuhan jaringan abnormal, seperti kutil, dan perubahan sel lainnya. Infeksi HPV tipe tertentu dalam waktu lama bisa menyebabkan kanker leher rahim , vulva, vagina, penis, anus, dan orofaring. 

Vaksin HPV merupakan vaksin untuk mencegah terjadinya kanker serviks. Vaksin ini juga dapat mencegah kutil kelamin dan kerusakan abnormal yang bisa menyebabkan beberapa jenis kanker ini. 

Mengapa Vaksin Kanker Serviks Penting?

Kombinasi antara vaksin HPV dan skrining leher rahim bisa memberikan perlindungan terbesar dari kanker mematikan ini. Selain itu, vaksinasi ini juga mengurangi risiko terjadinya kanker yang penyebabnya adalah HPV pada tempat selain leher rahim. 

Pemberian vaksin kanker serviks tak hanya memberikan perlindungan kepada orang yang mendapat vaksin supaya tidak terinfeksi oleh jenis HPV, tapi juga bisa mengurangi prevalensi jenis HPV bertarget vaksin dalam sebuah populasi. Dengan demikian bisa mengurangi infeksi pada orang yang tidak mendapatkan vaksin. 

Vaksinasi kanker serviks yang tersebar luas berpotensi dapat mengurangi kejadian kanker leher rahim pada seluruh dunia. Selain itu, vaksin juga bisa mengurangi kebutuhan untuk skrining dan perawatan medis selanjutnya, biopsi, dan prosedur invasif yang terkait dengan tindak lanjut dari skrining serviks yang abnormal. Dengan demikian bisa membantu mengurangi biaya perawatan kesehatan dan kecemasan terkait dengan prosedur tindak lanjut. 

Mengapa Vaksin Kanker Serviks Diberikan Sejak Dini?

Infeksi HPV bisa menyebar melalui kontak kulit ke kulit dan umumnya ditemukan pada jari, tangan, mulut dan alat kelamin. Ini artinya virus bisa menyebar saat melakukan semua jenis aktivitas seksual termasuk bersentuhan. Vaksin kanker serviks akan bekerja dengan sangat baik jika pemberian vaksin tersebut sebelum aktif secara seksual. 

Jadi pemberian vaksin sangat penting karena akan membantu melindungi mereka selama masa remaja dan seterusnya. Umumnya orang yang tidak mendapatkan vaksin kanker serviks akan terinfeksi dengan beberapa jenis HPV pada suatu waktu dalam rentang waktu hidup mereka. 

Biasanya virus tidak membahayakan karena sistem kekebalan tubuh kita membersihkan infeksi. Namun, terkadang  infeksi tetap ada dalam tubuh selama bertahun-tahun, dan lalu mulai mengakibatkan kerusakan.

Mari Bantu Febri Berjuang Lawan Kanker Darah!

Program Pemberian Vaksin Kanker Serviks Gratis

Menkes Budi Gunadi Sadikin menginformasikan bahwa mulai tahun 2022 ini akan ada program imunisasi rutin, termasuk untuk vaksin kanker serviks atau HPV. Vaksin ini merupakan vaksin gratis. Hal ini sebagai tindakan pencegahan supaya tidak terjadi pemburukan penyakit, dan bukan untuk penyembuhan. 

Alasan lainnya karena kanker leher rahim adalah salah satu penyakit yang banyak menyebabkan kematian pada wanita Indonesia. Tindakan ini merupakan pencegahan dengan tujuan agar pengeluaran pemerintah untuk pengobatan penyakit kanker tersebut juga akan menjadi lebih hemat. Seperti yang sudah kita ketahui pengobatan kanker ini biayanya cukup mahal. 

Itulah informasi seputar pentingnya pemberian vaksin kanker serviks. Pemerintah menyadari pentingnya vaksin tersebut sehingga mulai September 2022 ini pemerintah akan memulai program pemberian vaksinasi gratis untuk vaksin tersebut. Namun, untuk sekarang vaksin gratis ini hanya untuk pelajar. Seperti yang kita tahu bahwa kanker ini menjadi penyebab kedua kematian wanita Indonesia. Banyak pasien kanker ini yang membutuhkan bantuan pengobatan. Kita bisa membantu mereka dengan cara mengunduh aplikasi WeCare.id melalui Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

HPV vaccine overview. (2018). Diambil kembali dari nhs.uk.

HPV vaccine: Who needs it, how it works. (2021). Diambil kembali dari mayoclinic.org.

Human Papillomavirus (HPV) Vaccines. (2021). Diambil kembali dari cancer.gov.

Pentingnya Vaksin HPV Bagi Wanita. (2022). Diambil kembali dari biofarma.co.id.

Sari, H. P. dan Arnani, M. (2022). Ketentuan Terbaru Vaksin Kanker Serviks Gratis untuk Anak. Diambil kembali dari nasional.kompas.com.

Vaksinasi Kanker Serviks Gratis Mulai Tahun ini. (2022). Diambil kembali dari dinkes.acehprov.go.id.