Zakat dan Shalat, Sarana Perbaiki Diri dan Lingkungan

Zakat dan Shalat, Sarana Perbaiki Diri dan Lingkungan

Zakat dan Shalat merupakan bagian dari rukun Islam. Dua ibadah ini kerap kali disebut bersamaan dalam tuntunan agama Islam. Mengapa zakat dan shalat sering dikaitkan satu sama lain? Artikel ini akan membahas hubungan keduanya, manfaat, serta menunaikan zakat di masa kini.

Klik Untuk Donasi - Derita Lumpuh Otak Hingga Penyakit Jantung, Rayyan Butuh Pertolonganmu Segera!
PA CAVSD PDA RV HIPOPLASTIK, Laring...
Muhamad Rayyan Dzaky Winata
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.7,385,000
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 859

Kaitan Antara Zakat dan Shalat

Dalam Al-Qur’an, perintah untuk berzakat beberapa kali ditempatkan setelah perintah shalat. Mengapa demikian? Dirangkum dari laman nu.or.id, maknanya adalah seorang muslim yang baik harus bisa menjalani ibadah individu (shalat) dengan ibadah sosial (zakat) secara seimbang. 

Shalat adalah bentuk penghambaan yang nyata kepada Sang Pencipta sedangkan zakat adalah bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Jangan sampai kita lalai terhadap salah satunya, ya!

Manfaat Zakat dan Hikmah Shalat

Kenapa kita harus menyisihkan sebagian harta padahal itu merupakan hasil kerja keras kita sendiri? ternyata zakat tidak hanya sekedar mengeluarkan harta. Ada banyak manfaat di balik rukun Islam yang ke tiga ini. Dirangkum dari berbagai sumber, beberapa manfaat zakat adalah:

  • Membersihkan harta

Di sekeliling kita, masih banyak orang yang hidup kekurangan. Menyisihkan rezeki untuk berzakat bisa membersihkan harta karena di dalamnya ada hak mereka yang membutuhkan.

  • Diampuni dosa

Menurut Hadist Riwayat Tirmidzi, sedekah atau zakat bisa menghapuskan dosa seperti air yang dapat memadamkan api. Hal tersebut adalah nyata janji Allah yang terdapat dalam Qur’an surat Al Maidah ayat 12.

  • Mendatangkan keberkahan dan ketenangan hati

Zakat mendatangkan berkah untuk harta dan kehidupan kita. Melaksanakan perintah agama juga akan membuat hati menjadi tenang. Dengan banyaknya kebaikan yang didapat, kamu tidak perlu risau hartamu berkurang karena membayar zakat.

  • Mendatangkan kebaikan untuk lingkungan sekitar

Zakat dikenal juga sebagai ibadah sosial. Ibadah ini dapat menumbuhkan rasa empati dan kasih sayang terhadap mereka yang membutuhkan. Zakat juga mempererat persaudaraan antara yang mampu dengan yang kekurangan. 

Sementara itu, shalat sebagai ibadah yang mempunyai kedudukan tinggi mendatangkan hikmah besar bagi kita. Khusuk dalam shalat bisa mencegah perbuatan munkar dan menumbuhkan sikap berserah diri. Melaksanakannya tepat waktu juga melatih kita menjadi pribadi yang disiplin. Terakhir, kita bisa mendapatkan pertolongan dan ampunan dosa dari Allah.

Macam-Macam Zakat

Dalam Islam, terdapat dua macam zakat, yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Zakat fitrah wajib dibayarkan setiap muslim menjelang Idul Fitri. Jumlah yang harus dibayarkan yaitu senilai 3.5 liter makanan pokok di daerah tersebut. 

Sementara itu, zakat maal adalah zakat yang harus dibayarkan apabila harta seseorang telah mencapai nilai tertentu. Harta apa saja yang harus disisihkan untuk zakat maal? Beberapa contohnya adalah hasil gaji, hasil pertanian, peternakan, dan simpanan emas.

Menunaikan Zakat Masa Kini

Faktor kesibukan dan mobilitas menjadi tantangan tersendiri dalam membayar zakat saat ini. Jangan sampai kewajiban menunaikan zakat terlewat akibat kamu kesulitan menemukan lembaga  terpercaya. Melakukan zakat online melalui platform digital adalah solusinya. Media ini membantumu menunaikan zakat kapan saja dan dari mana saja. 

WeCare.id adalah platform resmi yang menerima dan menyalurkan zakat titipanmu secara tepat. Kini, kesibukan tidak lagi menjadi penghalang untuk membayar zakat secara rutin. Unduh aplikasinya di sini dan rasakan manfaatnya.

Demikian pembahasan mengenai zakat dan shalat, dua ibadah yang saling berkaitan. Semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan peduli pada sesama.

Berbagi Limpahan Senyum dan Berkah Ramadhan

Referensi:

  1. Makna Perintah Zakat Bergandengan dengan Perintah Shalat Dalam Al Qur’an https://islam.nu.or.id/khutbah/makna-perintah-zakat-bergandengan-dengan-perintah-shalat-dalam-al-quran-NIYdp 
  2. 5 Keutamaan Zakat https://baznas.go.id/artikel/baca/Ini_5_Keutamaan_Zakat_yang_Wajib_Kamu_Ketahui/9
  3. Manfaat Zakat Untuk Umat 

https://www.bsmu.or.id/2019/01/23/manfaat-zakat-untuk-umat/

  1. 6 Hikmah Shalat 

https://kumparan.com/berita-hari-ini/6-hikmah-sholat-yang-wajib-dipahami-setiap-muslim-

SUmber Featured Image : Sangga Rima Roman Selia on Unsplash