Waspada Hepatitis Akut Misterius yang Serang Anak

Waspada Hepatitis Akut Misterius yang Serang Anak

Baru-baru ini dunia dihebohkan dengan kasus hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak. WHO pada 5 April 2022 menginformasikan mengenai 10 kasus penyakit hepatitis tersebut dan penyebabnya belum diketahui. Penyakit hepatitis misterius tersebut disebutkan menyerang anak-anak pada usia di bawah 10 tahun, di seluruh Skotlandia tengah. Per 10 Mei 2022, kasus di Inggris diperkirakan sekitar 181. Untuk kasus di Inggris, sesudah dilakukan dites laboratorium dengan menggunakan pendeteksi virus hepatitis A, B, C, D, & E , ternyata hasilnya negatif. Sebelum membahas kasus yang menghebohkan ini, yuk kita kenali dulu apa itu hepatitis.

Mata Nur Menguning Akibat Penyakit Pembengkakan Hati

Mengenal Penyakit Hepatitis

Penyakit hepatitis artinya peradangan hati. Penyebab seseorang terkena hepatitis bisa karena mengonsumsi alkohol berat, obat-obatan tertentu, dan beberapa kondisi medis. Selain itu, penyebab umum hepatitis adalah virus. Adapun virus hepatitis yang paling umum yaitu hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C. Umumnya virus hepatitis ditularkan melalui cairan tubuh atau darah orang yang mengidap penyakit tersebut. 

Namun pada kasus hepatitis akut yang terjadi pada anak ini, para ahli tidak bisa menemukan penyebab yang pasti dari kasus-kasus hepatitis tersebut ataupun hubungan antara kasus-kasus tersebut.

Wabah Hepatitis Akut yang Terjadi Saat Ini

Pada kasus anak-anak yang menderita hepatitis akut saat ini tidak ditemukan virus hepatitis A, B, C, D, dan E, negatif untuk agen bakteri atau parasit, tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan penyakit autoimun, dan pastinya anak-anak ini tidak terkena alkohol. Selain itu, mereka juga berasal dari bagian dunia yang tersebar luas. Bukti-bukti tersebut memperlihatkan bahwa penyakit yang sekarang menyerang anak-anak ini adalah sesuatu hal yang berbeda dari penyakit hepatitis yang sudah ada sebelumnya. Meski terkadang terjadi kasus hepatitis anak yang sporadis, tapi kasus terbaru ini benar-benar kasusnya lebih serius dari yang telah ada sebelumnya.

Sekarang ini yang menjadi tersangka utama penyebab hepatitis akut pada anak adalah infeksi adenovirus, khususnya Ad41F. Meski virus ini diidentifikasi dalam kebanyakan kasus hepatitis pada anak, tapi kasus ini masih menyisakan banyak pertanyaan. Oleh karena itu belum bisa dipastikan apakah penyebab hepatitis ini adalah adenovirus. Sebagai catatan di masa lalu virus Ad41 ini tidak pernah dicatat sebagai penyebab hepatitis.

Apa Gejala Hepatitis?

Gejala awal hepatitis tidak begitu jelas dan bisa dihubungkan dengan hal lain.  Beberapa gejala yang mungkin dirasakan di antaranya:

  • Demam
  • Mual
  • Muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Lemah
  • Diare akut
  • Nyeri pada otot serta sendi
  • Nyeri bagian perut

Apabila penyakit hepatitis tersebut mulai berkembang, gejala lain yang mungkin terjadi adalah:

  • Urin berwarna gelap 
  • Kotoran berwarna terang

Gejala hepatitis yang lebih serius termasuk penyakit kuning, yakni menguningnya kulit dan bagian putih mata.

Bagaimana Cara Melindungi Anak-Anak dari Hepatitis Akut?

Dikarenakan penyebab hepatitis akut ini masih dalam penyelidikan, sulit untuk menyebutkan cara pencegahan terbaiknya. Namun para ahli percaya jikalau penyakit itu dikarenakan adenovirus, strategi yang bisa membantu adalah mencegah anak terkena pilek dan flu.

Ada beberapa langkah pencegahan yang direkomendasikan agar anak tidak terkena hepatitis akut misterius tersebut, di antaranya:

  • Mencuci tangan memakai air dan sabun secara rutin
  • Makanan yang dimakan harus bersih dan matang
  • Jangan gunakan alat makan secara bergantian
  • Hindari melakukan kontak dengan orang sakit
  • Kurangi mobilitas
  • Kenakan masker saat bepergian jauh bersama orang lain
  • Hindari kerumunan atau keramaian

Selain itu, tidak ada yang cara pencegahan yang spesifik yang bisa direkomendasikan untuk saat ini.

Apabila anak menunjukkan gejala-gejala yang telah disebutkan di atas, orang tua harus segera membawa anak untuk diperiksa di fasilitas pelayanan kesehatan. Jangan menunggu sampai anak mengalami gejala kuning bahkan hingga terjadi penurunan kesadaran. Kondisi terakhir tersebut menunjukkan kalau infeksi hepatitis yang diderita anak sudah sangat berat.

Klik Untuk Donasi - Derita Thalassemia Hingga Alami Kelumpuhan, Asmaul Husna Butuh Biaya untuk Berobat!
Thalassemia
Asmaul Husna
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.10,007,499
  2. Pencapaian 14.81%
  3. Donatur 106

Kasus Hepatitis Akut di Indonesia

Menurut dr. Siti Nadia Tarmizi, juru bicara Kemenkes RI, kasus yang diduga hepatitis akus misterius di Indonesia sudah bertambah jadi 18 orang. Selain itu, dr. Nadia juga mengonfirmasi mengenai 2 kasus kematian baru yang diduga hepatitis akus misterius pada Kamis tanggal 12 Mei 2022. Kedua kasus tersebut asalnya dari DKI serta Kalimantan Timur dan pasiennya adalah anak usia di bawah 10 tahun. Sementara ini jumlah yang meninggal sudah 7 orang, yaitu 4 dari DKI Jakarta, 1 dari Kalimantan Timur, 1 dari Sumatera Barat, serta 1 dari Jawa Timur.

Sedangkan untuk kasus kematian yang terjadi di Bangka Belitung serta Sumatera Utara, dr. Nadia mengonfirmasi kalau mereka tidak terkait dengan hepatitis akut misterius. 

Budi Gunadi Sadikin, Menkes RI, mengatakan bahwa sekarang ini penelitian bersama sedang dilakukan oleh Indonesia, dengan WHO, Amerika (Serikat) serta Inggris. Tujuannya yaitu untuk dapat mendeteksi secara cepat apa yang menjadi penyebab penyakit ini.  Menkes juga menyebutkan kalau kemungkinan besar penyebabnya adalah adenovirus strain 41. Namun terdapat kasus lain yang tidak terkait dengan adenovirus strain 41 ini. Untuk itu Menkes meminta masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan serta melakukan tindakan pencegahan penyakit hepatitis akut ini. Salah satu cara untuk pencegahan tersebut adalah menjaga kebersihan diri.

Itulah informasi penting mengenai perkembangan kasus penyakit hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak. Outbreak kasus ini terjadi di Eropa dan dikabarkan 11 anak di Inggris sudah menerima transplantasi hati. Bagi para orang tua agar menjaga kebersihan diri anak-anak serta menghindarkan mereka dari kerumunan. Jangan lupa agar anak selalu mengenakan masker bila bepergian ke luar. Dari pusat data Kemenkes RI, sekitar 28 juta warga Indonesia terinfeksi hepatitis B dan C. Banyak di antara mereka yang mengalami kesulitan biaya pengobatan. Yuk, kita bantu mereka dengan cara berdonasi melalui Wecare. Caranya mudah. Cukup unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Acute hepatitis of unknown aetiology – the United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. (2022). Diambil kembali dari emergencies.

How to Identify Hepatitis Symptoms in Children. (2022). Diambil kembali dari healthline.com.

K, N. S. (2022). Kasus Diduga Hepatitis Misterius di Indonesia Jadi 18 Orang, 7 Meninggal. Diambil kembali dari health.detik.com.

Kurniawan, S. (2022). Hepatitis Akut Misterius, Ini Ciri-Ciri Gejala Awal dan Lanjut serta Cara Mencegah. Diambil kembali dari kesehatan.kontan.co.id.

Lowe, D. (2022). A Hepatitis Mystery. Diambil kembali dari science.org.

Rafie, B. T. (2022). Gejala Awal dan Lanjutan Hepatitis Akut Misterius, Kenali dari Sekarang! Diambil kembali dari newssetup.kontan.co.id.

Sumber Featured Image : mohamed Hassan dari Pixabay