Cuaca Panas? Begini Cara untuk Menghadapinya

Cuaca Panas? Begini Cara untuk Menghadapinya

Cuaca panas belakangan ini melanda Indonesia. Ini karena beberapa daerah akan mulai memasuki musim kemarau. Oleh karena itu terjadi peningkatan suhu di kawasan tersebut. BMKG menginformasikan suhu panas ini akan berlangsung sampai pertengahan Mei, khususnya di kawasan Jakarta serta Tangerang.

Pastinya cuaca panas akan membuat orang jadi enggan untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Mereka takut jika terus-menerus terpapar sinar matahari yang menyengat akan membuat mereka terkena sengatan panas atau dikenal dengan istilah heatstroke. Sengatan panas tersebut akan bisa membuat tubuh jadi mudah lemas juga sering berkeringat. Jika ini terus terjadi, akan mengakibatkan tumbuhnya jamur serta rasa gatal di kulit sebab kulit dalam kondisi lembap.

Klik Untuk Donasi - Alami Gangguan pada Matanya, Ibu Momoh Mengharapkan Bantuanmu!
Exophtalmic Conditions
Momoh Rukmini
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.551,000
  2. Pencapaian 1.64%
  3. Donatur 13

Cara Menghadapi Cuaca Panas

Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara untuk menghadapi cuaca panas? Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk menghadapi cuaca yang panas yang dirangkum dari beberapa sumber.

  1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi cuaca panas seperti saat ini adalah dengan menghindarkan dirimu dari paparan sinar matahari secara langsung. Saat cuaca sedang panas menyengat, yakni sekitar pukul 11.00 sampai 16.00, usahakan untuk tidak ke luar rumah. Apabila kamu harus pergi keluar, gunakan payung atau topi untuk melindungi dirimu. Bisa juga berjalan di tempat yang teduh.

  1. Minum air putih yang banyak

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan. Untuk itu kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu dengan mengonsumsi air putih, terutama saat cuaca panas seperti sekarang ini. Suhu yang panas akan membuat tubuh jadi banyak berkeringat sehingga dapat mengakibatkan dehidrasi. Bila ingin tetap merasa segar saat suhu panas, konsumsi banyak air putih meskipun kamu tak sedang kehausan. Sebelum beraktivitas, konsumsilah air putih dulu karena air mampu menjaga tubuhmu agar tetap sejuk. Selain itu, kamu juga akan terhindar dari dehidrasi. Ingat! Jangan mengonsumsi air yang mengandung kafein, gula ataupun alkohol.

  1. Mandi dengan air dingin

Kalau sebelumnya kamu biasa mandi dengan air hangat, di saat cuaca panas seperti sekarang, sepertinya kebiasaan itu harus dihilangkan dahulu. Mandi menggunakan air dingin akan membantu dalam menurunkan suhu inti tubuhmu. Untuk memberi rasa dingin serta segar, kamu bisa tambahkan minyak esensial dengan aroma pepermint. Kandungan mentol dalam peppermint oil akan mengaktifkan reseptor otak untuk menyampaikan rasa dingin.

Peduli Sesama Hilangkan Perbedaan

  1. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, selain minum air, kamu bisa mengonsumsi buah dan sayuran. Kurangi juga konsumsi makanan yang asin karena makanan dengan kandungan garam yang tinggi akan membuatmu jadi cepat haus, dehidrasi dan lapar.

  1. Kenakan pakaian longgar berwarna terang 

Saat menghadapi cuaca yang panas, pakailah baju yang longgar dan memiliki warna yang terang. Itu karena warna terang memantulkan sinar matahari, sedangkan warna gelap justru menyerap sinar matahari. Saat beraktivitas di luar rumah dalam cuaca panas, jangan lupa untuk mengenakan tabir surya pada bagian tubuh yang tak tertutupi, termasuk ketika sedang berkendara dalam mobil. Sinar ultraviolet dapat masuk melalui jendela. 

  1. Rendam kaki menggunakan air dingin

Saat merasa kegerahan, coba rendam kakimu dalam baskom atau ember yang telah diisi air dingin. Masukkan kakimu untuk beberapa menit. Merendam kaki di air dingin dipercaya bisa menyegarkan pikiran serta membuat tubuh menjadi lebih sejuk. Kamu juga bisa membasuh tubuh dari kepala hingga kaki dengan air dingin.

  1. Gunakan alat penyejuk ruangan

Untuk menghadapi cuaca panas, kamu bisa menggunakan alat pendingin untuk membuat tubuhmu sejuk kembali. Kamu bisa gunakan kipas angin, air cooler atau AC. 

  1. Tutup jendela serta matikan lampu saat tak digunakan

Tutup jendela rumah yang arahnya menghadap ke sinar matahari langsung. Cobalah gunakan tirai yang tebal untuk menutupi jendela supaya cahaya matahari tak tembus ke dalam ruangan.

Matikan juga lampu pada waktu siang hari serta malam jika tak digunakan, apalagi jika kamu memakai lampu pijar. Itu karena lampu tersebut membuat ruangan jadi terasa lebih panas dan pengap.

Nah, itulah beberapa cara untuk menghadapi cuaca panas yang sedang melanda saat ini. Suhu panas ini dikabarkan karena wilayah di Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau. Penting untukmu menjaga kesehatan tubuh di cuaca yang terik seperti sekarang. Maka itu disarankan untuk mengonsumsi banyak cairan tanpa harus menunggu merasa haus. Sambil beristirahat di rumah, kamu bisa membantu pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Caranya mudah sekali. kamu hanya perlu mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

5 Tips Tetap Sejuk Ketika Cuaca Panas. (2019). Diambil kembali dari halodoc.com.

Cuaca Panas, 7 Cara Tetap ‘Dingin’ Tanpa AC. (2020). Diambil kembali dari cnnindonesia.com.

Levina. (2022). 8 Tips Jitu Menghadapi Suhu Panas Indonesia. Diambil kembali dari ruparupa.com.

Perkasa, G. (2022). Menghadapi Cuaca Panas agar Tidak Terkena Heat Stroke. Diambil kembali dari lifestyle.kompas.com.Zulfikar, F. (2022). Cuaca Panas Akhir-akhir Ini: Penyebab, Perkiraan BMKG, dan Tips Menghadapinya. Diambil kembali dari detik.com.

Sumber Featured Image : marcinjozwiak dari Pixabay