Rekomendasi & Tips Memilih Car Seat Anak yang Tepat

Rekomendasi & Tips Memilih Car Seat Anak yang Tepat

Masih ingat dengan kecelakaan yang dialami oleh Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah? Buah hati mereka, Gala Sky, terlempar jauh keluar dari dalam mobil sampai akhirnya ditemukan oleh seorang bapak. Kecelakaan ini mengingatkan para orang tua akan pentingnya penggunaan car seat bagi anak mereka saat berkendara dengan mobil. 

Daftar isi:

  1. 1. Mengapa Car Seat Penting?
  2. 2. Tips Membeli Car Seat yang Tepat

Mengapa Car Seat Penting?

Car seat yang disebut juga sebagai kursi keselamatan anak adalah cara terbaik untuk melindungi anak-anak ketika mereka berada di dalam mobil. Kecelakaan mobil merupakan salah satu penyebab utama kematian juga cedera pada anak-anak. 

Di luar negeri, seperti Eropa dan Amerika Serikat, menggunakan kursi mobil adalah sebuah aturan hukum karena kursi mobil menyelamatkan nyawa anak-anak. Di Indonesia belum ada aturan hukum untuk penggunaan kursi keselamatan anak ini. 

Klik Untuk Donasi - Alami Cacat Lahir pada Kerongkongannya Hingga Gizi Kurang, Habib Butuh Pertolongan Segera!
Atresia Esofagus, Stunting, Gizi Ku...
Habib Bin Jaya
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,630,000
  2. Pencapaian 17.52%
  3. Donatur 67

Tips Membeli Car Seat yang Tepat

Menjaga keselamatan anak akan bergantung pada pemilihan kursi keselamatan anak yang tepat dan menggunakannya dengan benar. Car seat terbaik yaitu yang sesuai dengan berat, ukuran, dan usia anak, juga kendaraan. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui supaya bisa membeli kursi yang tepat untuk anak yang dirangkum dari beberapa sumber:

  • Ketika membeli, yang terbaik yaitu dengan mencobanya terlebih dulu di mobil. Carilah penjual yang bersedia untuk membantu memasangkan kursinya ketika mencobanya. 
  • Pelajari cara memasang kursi dan menggunakan sabuk keselamatan anak sebelum anak mulai menggunakan car seat. Jangan hanya bergantung pada penjual untuk membantu memasangkannya. 
  • Periksa terlebih dulu apakah mobil mempunyai konektor Isofix di dalamnya. Konektor ini dirancang agar dapat terpasang dengan pas. Sebagian besar mobil keluarga modern mempunyai konektor Isofix. Bisa jadi konektor ini letaknya tersembunyi di celah-celah di antara bantalan kursi mobil.
  • Produsen ada yang mempunyai panduan online yang menunjukkan jenis mobil mana yang pas dengan kursi keselamatan anak yang mereka produksi. Jika anak-anak juga kerap bepergian dengan mobil lain, contohnya menggunakan mobil saudara, cek juga apakah kursi tersebut sesuai dengan mobil mereka. 
  • Pastikan untuk memilih kursi keselamatan anak yang sesuai dengan tinggi dan berat badan anak pada saat sekarang.
  • Hindari untuk membeli car seat bekas karena bisa saja kursi tersebut rusak atau ada bagian yang tidak lengkap, termasuk petunjuk pemasangannya. Bisa jadi model kursinya bukan model yang paling aman dan paling ramah pengguna. Selain itu mungkin kursinya tidak pas dengan mobil yang dimiliki.
  • Jika akan menggunakan car seat bekas, pilihlah kursi yang berasa dari teman atau keluarga yang sejarah penggunaannya diketahui, tidak terlalu tua serta dilengkapi dengan instruksi.
  • Jika akan sering mengangkat bayi keluar masuk dari mobil, sebaiknya pilihlah car seat yang ringan dan alasnya bisa tetap terpasang dalam mobil.

Bantu Hadirkan 10.000 Guru Ngaji ke Pedalaman Nusantara

Rekomendasi Car Seat yang Tersedia di Pasaran

Sebelum membeli car seat, para orang tua perlu memastikan kalau kursi tersebut aman untuk anak. Kenyamanan buah hati harus menjadi prioritas yang utama. Jika sedang mencari rekomendasi merek kursi keselamatan anak yang aman juga nyaman, berikut ini beberapa merek yang bisa jadi pilihan.

  1. Graco

Merek yang satu ini bukan hanya merek pilihan banyak orang tua di Amerika, tapi juga di Indonesia. Banyak orang tua di Indonesia yang mengincar merek ini. Ukuran kursinya luas sehingga anak akan merasa nyaman ketika menggunakannya untuk jangka waktu yang lama. Bahannya juga nyaman untuk anak. 

  1. Babydoes

Jika mencarinya dengan harga yang ekonomis, pilihannya adalah merek Babydoes. Ukuran kursinya cukup lebar sehingga cocok untuk buah hati yang memiliki badan yang besar. Si kecil akan bertambah nyaman sebab kursi ini memiliki tambahan berupa seat belt serta kanopi. Ini akan membuat anak merasa nyaman selama di perjalanan.

  1. Kiddy

Sebagian orang tua mungkin berpikir barang ini cukup mahal. Sebenarnya ada kursi keselamatan anak anak yang harganya ekonomis. Salah satunya yaitu merek Kiddy. Kualitasnya tidak kalah dari merek yang berharga mahal. Pilihan bahannya cukup lembut sehingga nyaman dan aman untuk kulit anak. Selain ekonomis, kursi ini juga sangat praktis jadi tidak ribet kalau dibawa ke mana-mana.

  1. Chicco

Ketika memilih sebuah car seat, orang tua pasti memikirkan kenyamanan juga keamanan anak mereka. Salah satu pilihan kursi keselamatan anak untuk anak yang bisa jadi pilihan adalah merek Chicco. Merek ini memiliki fitur 5-point safety harness, yakni keselamatan anakan yang kuat yang akan memberikan perlindungan ketika terjadi kecelakaan. Bahan kursinya empuk juga tebal dan dengan mudah bisa dipasang juga dilepas.

  1. Joie

Butuh yang bisa digunakan hingga anak tumbuh besar? Mungkin pilihan yang cocok adalah produk kursi keselamatan anak merek Joie. Beberapa modelnya bisa digunakan sampai anak mulai memasuki umur 12 tahun. Harganya juga cukup terjangkau. Model kursi dari merek ini bisa digunakan dalam 6 posisi duduk serta 10 posisi ketinggian headrest yang bervariasi juga.

Karena di Indonesia masih belum ada aturan hukum untuk penggunaan car seat, sebagian orang tua yang memiliki anak kecil lebih sering menggendong mereka saat dalam mobil. Padahal itu bisa membahayakan mereka saat terjadi kecelakaan, apalagi jika tidak menggunakan seat belt. Nah, karena itulah penting untuk memiliki kursi keselamatan anak saat berkendara dengan si kecil agar mereka terproteksi saat terjadi kecelakaan. Sambil memilih kursi keamanan anak yang pas di mobil, yuk luangkan waktu untuk membantu pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Caranya mudah sekali. Cukup unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

9 Rekomendasi Merek Car Seat yang Nyaman untuk Anak. (2021). Diambil kembali dari popmama.com.

Car Seat Safety. (2016). Diambil kembali dari kidshealth.org.

Choosing a baby car seat. (2021). Diambil kembali dari nhs.uk.

Tips Memilih Car Seat, Tingkatkan Peluang Bayi Selamat Saat Kecelakaan. (2021). Diambil kembali dari lifestyle.kompas.com.

Sumber Featured Image : Sharon McCutcheon on Unsplash