Ini Cara Senam Kegel yang Benar & Manfaatnya

Ini Cara Senam Kegel yang Benar & Manfaatnya

Pernah mendengar senam kegel? Senam yang satu terkenal di kalangan ibu-ibu. Banyak dari mereka yang melakukannya. Benarkah senam ini memang khusus untuk para wanita saja? Apa manfaat dari senam ini? Nah, untuk tahu lebih lanjut, yuk baca ulasannya berikut ini.

Daftar isi:

  1. 1. Mengenal Senam Kegel dan Penciptanya
  2. 2. Manfaat Senam Kegel untuk Wanita dan Pria
  3. 3. Temukan Otot Dasar Panggul 
  4. 4. Melakukan Latihan Kegel

Mengenal Senam Kegel dan Penciptanya

Senam kegel adalah latihan mengontraksi dan melepaskan otot yang sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat otot-otot dasar panggulmu lebih kuat. Pelvic floor atau otot dasar panggul adalah area yang berada di antara pinggul yang menyangga organ reproduksi. Jika pelvic floor lemah, maka bisa mengakibatkan masalah, di antaranya ketidakmampuan untuk mengontrol usus maupun kandung kemih. Tanda-tanda pelvic floor yang lemah di antaranya:

  • Keluar urin ketika batuk, bersin, tertawa, atau berlari
  • Tidak bisa menahan kencing
  • Buang angin saat membungkuk atau mengangkat
  • Berkurangnya sensasi di vagina
  • Tonjolan yang jelas pada lubang vagina
  • Perasaan tekanan di dalam vagina, dan/atau ketidaknyamanan yang dirasakan dalam vagina– merasa seperti ada sesuatu yang turun ke dalam vagina– mungkin terasa seperti duduk di atas bola kecil (biasanya terkait dengan prolaps organ panggul)
  • Infeksi saluran kemih berulang 
  • Nyeri vulva, nyeri ketika berhubungan seks, atau ketidakmampuan untuk orgasme

Dr. Arnold H. Kegel, seorang ginekolog asal Amerika adalah orang yang mengembangkan latihan senam ini pada akhir 1940-an. Senam ini berfungsi sebagai cara non-bedah untuk mencegah wanita mengeluarkan air seni. Senam ini juga baik untuk pria yang mengalami inkontinensia.

Alami Cacat Bawaan Sejak Lahir, Nasyilla Lahir Tanpa Anus!

Manfaat Senam Kegel untuk Wanita dan Pria

Senam kegel tidak akan membantu kamu menjadi memiliki bokong yang indah, tapi justru latihan senam ini memiliki manfaat penting, yaitu memperkuat otot-otot yang menopang kandung kemih. Otot-otot dasar panggul yang kuat bisa membantu mencegah inkontinensia.

Manfaat kegel untuk Wanita

Seiring bertambahnya usia, otot-otot dasar panggul bisa mulai melemah yang bisa menimbulkan risiko sebuah kondisi yang disebut prolaps organ panggul (POP) kondisi ketika otot dan ligamen yang menyangga organ-organ di sekitar daerah panggul menjadi lemah sehingga satu atau lebih organ di panggul menjadi turun dari posisi normalnya serta menonjol ke dalam vagina.

Menjaga otot-otot dasar panggul fit akan membantu menjaga rahim, kandung kemih, dan ususmu agar otot tidak kendur dan masuk ke dalam vagina. Jika ini terjadi, vagina akan merasa tidak nyaman dan bisa menyebabkan inkontinensia urin. Senam kegel bisa membantu memperkuat dasar panggul untuk membantu mencegah kemungkinan prolaps organ panggul.

Selain itu, senam kegel juga sangat penting bagi wanita sebelum, selama, dan sesudah kehamilan. Sebelum kehamilan, senam ini bisa membantu mempersiapkan tubuh untuk menghadapi tekanan baru, dan melanjutkan senam ini selama kehamilan bisa membantu mengontrol kandung kemih. Melakukan Kegel sesudah melahirkan akan membantu membangun kembali dan memperkuat otot-otot dasar panggul untuk menciptakan dasar panggul yang lebih sehat.

Manfaat Kegel untuk Pria

Ternyata pemikiran senam kegel hanya untuk wanita saja itu salah. Senam ini juga bisa memperkuat otot dasar panggul pria. Otot-otot ini mendukung kandung kemih dan usus dan mempengaruhi fungsi seksual. Selain itu, kegel juga bisa membantu pria yang mengalami masalah dengan inkontinensia kandung kemih atau usus. Kegel juga bisa membuat seks lebih baik dengan memberikan lebih banyak perasaan selama orgasme dan kontrol yang lebih besar atas ejakulasi, yang akhirnya bisa membantu proses konsepsi atau pembuahan saat mencoba untuk hamil.

Temukan Otot Dasar Panggul

Walaupun senam kegel itu sendiri sederhana, menemukan otot yang tepat untuk senam tersebut tidaklah mudah. Sepertiga atau lebih wanita dan pria yang melakukan kegel sebenarnya melatih otot perut, bokong, atau paha bagian dalam sehingga mereka tidak menuai manfaat dari senam tersebut.

Sebelum melakukan senam kegel, yang pertama harus kamu lakukan adalah menemukan dahulu otot-otot dasar panggulmu. Caranya yaitu dengan mencoba menghentikan aliran urin saat sedang buang air kecil. Namun, jangan lakukan menghentikan aliran urin saat sedang buang air kecil secara terus-menerus karena akan berbahaya untuk kandung kemihmu.

Melakukan Latihan Kegel

Sesudah mengetahui dan belajar belajar mengontraksikan otot dasar panggul dengan benar, lakukan senam kegel 2 hingga 3 sesi setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik. Yang terbaik adalah membagi sesi latihan di siang hari.

Instruksi

Sebelum mulai melakukan senam kegel, pilihlah posisi yang nyaman agar tubuh bisa rileks. Sebagian besar orang lebih suka melakukan latihan Kegel ketika berbaring di tempat tidur atau duduk di kursi. Sesudah terbiasa dengan senam ini, kamu harus bisa melakukannya pada posisi apa pun dan di mana pun, seperti berdiri dan menunggu dalam antrean. Setelah merasa nyaman, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tarik napas secara lewat hidung dan biarkan perut naik ketika terisi udara. Jaga agar otot dasar panggul tetap rileks ketika menarik napas. 
  2. Buang napas secara perlahan dan teratur melalui mulut ketika mengontraksikan otot-otot dasar panggul dengan lembut.
  3. Jaga agar otot-otot dasar panggul berkontraksi selama 3 hingga 6 detik (sampai otot-otot terasa mulai lelah) ketika mengeluarkan napas. Ini disebut kontraksi.
  4. Tarik napas lagi dan lepaskan kontraksi. Ini melemaskan otot-otot.
  5. Buatlah otot menjadi rileks sepenuhnya selama 6 hingga 10 detik. Sangat penting agar kamu merasa rileks sepenuhnya di antara setiap kontraksi dan tidak menahan napas. Lakukan relaksasi selama kamu melakukan kontraksi atau lebih. 

Ulangi senam kegel ini 10 kali per sesi.

Jika mengalami rasa sakit ketika melakukan senam Kegel, segera berhenti. Latihan kegel tidak berbahaya, tapis tidak cocok untuk semua orang. Ketika senam ini dilakukan dengan benar, kebanyakan orang merasakan rileks. 

Klik Untuk Donasi - Jangan Biarkan SEKOLA Berhenti
  1. Terdanai Rp.853,841
  2. Pencapaian 0.55%
  3. Donatur 62

Pendapat bahwa senam kegel hanya untuk perempuan ternyata sebuah pendapat yang tidak benar karena senam ini juga sangat bermanfaat bagi pria. Jadi, bukan hanya para ibu, para bapak pun mendapatkan manfaat yang sama dari senam ini. Sesudah selesai senam ini, sambil beristirahat, luangkan waktu sejenak untuk membantu pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Caranya mudah sekali. Cukupmengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Pelvic Floor Muscle (Kegel) Exercises for Women to Improve Sexual Health. (2016). Diambil kembali dari mskcc.org.

Smith, L. (2020). What are Kegel exercises? Diambil kembali dari medicalnewstoday.com.

Red Rock Fertility. (2021). The Benefit of Kegels and How to Do Kegel Exercises. Diambil kembali dari redrockfertility.com.What are pelvic floor exercises? (2018). Diambil kembali dari nhs.uk.

Sumber Featured Image : Gerd Altmann dari Pixabay