Perhatikan Do’s dan Don’t untuk Diet PCOS!

Perhatikan Do’s dan Don’t untuk Diet PCOS!

Haid yang tidak teratur atau tidak ada menstruasi sama sekali, jerawat, pertumbuhan rambut yang berlebihan, resistensi insulin, dan kesulitan menurunkan berat badan adalah tanda-tanda yang sering dialami untuk pengidap PCOS. Untuk mengatasinya, kadang bisa membuat frustrasi. Pasalnya, bila tidak terkontrol, PCOS dapat menyebabkan komplikasi serius seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan kanker endometrium.

Klik Untuk Donasi - Alami Komplikasi Penyakit Hingga Tubuhnya Semakin Kurus, Nurbaiti Butuh Bantuanmu Segera!
Infeksi Pernapasan
Nurbaiti
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.740,076
  2. Pencapaian 3.51%
  3. Donatur 22

Namun, kamu bisa mencegah terjadinya komplikasi jika bisa mengikuti gaya hidup sehat dan mengikuti diet PCOS. Dalam diet, kamu harus memperhatikan makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dan tidak boleh. Apakah saja itu? Inilah ulasannya. 

Ketahui Dulu Apa itu PCOS?

Polycystic ovary syndrome (PCOS) atau Sindrom Ovarium Polikistik adalah gangguan hormonal yang umum terjadi pada wanita usia reproduksi. Gejala yang dialami oleh wanita penderita PCOS ada pada periode menstruasi yang jarang atau rentang waktunya cukup lama. Kelebihan kadar hormon pria (androgen), timbul jerawat, dan kesusahan dalam menurunkan berat badan juga menjadi gejala lainnya. 

Ketika wanita mengalami PCOS, biasanya ovarium yang ada pada tubuhnya bisa mengembangkan banyak sekali kumpulan kecil cairan atau folikel yang berakhir dengan gagalnya melepaskan sel telur secara berkala. Akhirnya menstruasi pun tidak teratur. 

Bagaimana Diet yang Dilakukan Bisa Mempengaruhi PCOS?

Banyak ditemukan para penderita PCOS mempunyai kadar insulin yang lebih tinggi dari orang normal. Insulin ini berfungsi sebagai hormon yang membantu sel-sel di dalam tubuh untuk mengubah zat glukosa (gula) menjadi energi. 

Bila tubuh tidak mampu menghasilkan jumlah insulin yang cukup, kadar gula darah akan naik. Pun sebaliknya, jika mengalami resisten insulin (tidak mampu memakai insulin yang dihasilkan secara efektif), kamu bisa mengalami masalah dalam menurunkan berat badan. 

Biasanya, diet tinggi olahan karbohidrat, seperti makanan bertepung dan manis, dapat membuat kamu mengalami resistensi insulin. Akibatnya, berat badan tidak mudah turun, bahkan bisa jadi, lebih susah untuk dikendalikan.

Derita Gizi Buruk hingga Alami Keterlambatan Tumbuh Kembang, Hasan Butuh Pertolongan

Apa Saja yang Perlu Dikonsumsi?

Berikut makanan yang boleh dikonsumsi: 

  • Kamu harus memperbanyak makanan yang berserat tinggi untuk memperlambat proses pencernaan dan mengurangi peningkatan mendadak kadar gula darah yang membantu memerangi resistensi insulin. Misal: kembang kol, brokoli, paprika hijau dan merah, ubi jalar, labu, dan almond. 
  • Makanan yang mempunyai banyak protein tanpa ada lemak di dalamnya untuk membantu kamu kenyang lebih lama serta menstabilkan kadar gula darah. Seperti ikan, putih telur, dan ayam. 
  • Makanan yang mengandung anti-inflamasi untuk mengurangi gejala PCOS. misal, bayam, kenari, tomat, almond, stroberi, ikan sarden, ikan salmon, serta kunyit. 

Makanan Apa Saja yang Perlu Dihindari?

Berikut makanan yang harus kamu hindari selama menjalani diet PCOS

  • Olahan yang tidak mengandung karbohidrat sebab dapat memperburuk tingkat resistensi insulin dalam tubuh dan gejala PCOS. Seperti kue kering, roti putih, kentang putih, dan muffin.
  • Hindari makanan dan minuman manis, sebab ketika tubuh kelebihan kadar gula, resistensi insulin akan terjadi. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi, dekstrosa, atau sukrosa. 
  • Hindari makanan yang mengandung inflamasi sebab bisa memperparah gejala PCOS. Makanan yang mengandung margarin, kentang goreng, daging merah dan olahan daging lainnya yang masuk dalam jenis ini harus kamu hindari. 

Hidup itu hanya sekali jadi ikuti anjuran itu ketika menjalani diet PCOS. Sayang, kan bila anugrah sehat ini harus hilang karena kita salah mengatur pola makan dan mengkonsumsi secara sembarangan. Gejala PCOS pun bisa semakin parah dan bisa membuat kita masuk rumah sakit. Nah, daripada haru menghabiskan duit untuk itu, bukankah lebih baik digunakan untuk membantu saudara-saudara yang tengah berjuang melawan sakit mereka melalui WeCare? Hidup akan semakin bermanfaat dan kesehatan kamu pun terjaga. Yuk, unduh aplikasinya di Appstore dan Playstore sekarang dan bergabung dengan ribuan donatur untuk memberi harapan hidup saudara-saudara kita. 

Klik Untuk Donasi - Cystitis Membuat Hidup Novi Makin Kesusahan, Bantuanmu Sangat diHarapkan!
Cystitis
Novi Maulina
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.479,000
  2. Pencapaian 3.09%
  3. Donatur 20

Referensi: 

Dr. Anil Pinto. Diet Do’s and Don’ts for PCOS. https://www.repromedfertility.com/blog/diet-dos-and-donts-for-pcos-4149/ 

Healthline. 2018. Can My Diet Relieve Symptoms of Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)? https://www.healthline.com/health/pcos-diet#takeaway

Mayo Clinic Staff. 2020. Polycystic ovary syndrome (PCOS). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pcos/symptoms-causes/syc-20353439