Mengenal Facial Steam dan Manfaatnya untuk Kulit

Mengenal Facial Steam dan Manfaatnya untuk Kulit

Steam wajah atau facial steam sudah dilakukan orang dari zaman dahulu untuk relaksasi dan meremajakan kulit. Aktivitas ini bisa dilakukan di rumah, spa atau sauna. Jika ingin berhemat, orang-orang biasa melakukannya di rumah. 

Klik Untuk Donasi - Benjolan Tumor Kian Membesar dan Tak Kunjung Sembuh, Fadholi Butuh Biaya untuk Berobat!
tumor
Fadholi Azizi
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,626,000
  2. Pencapaian 19.12%
  3. Donatur 126

Apa itu facial steam?

Perawatan menggunakan uap sudah ada semenjak berabad-abad yang lalu, sejak zaman orang Romawi dan Yunani, dan telah lama digunakan sebagai perawatan kesehatan dan kecantikan. Seperti namanya facial steam, proses ini adalah menguapi wajah. 

Suhu yang digunakan dalam facial steam sekitar 43oC yang menyebabkan kamu berkeringat. Hasilnya, kulitmu jadi bersih. Uap wajah sangat baik untuk berbagai jenis kulit, khususnya kulit yang cenderung berjerawat atau berminyak. Proses ini membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area wajah dan memungkinkan pori-porimu jadi terbuka. Uap wajah juga akan membantu menghilangkan komedo dan komedo putih.

Manfaat facial steam

Dibandingkan dengan perawatan wajah lainnya, seperti pelembab atau scrub, facial steam memiliki banyak manfaat. Uap wajah mudah dilakukan, murah dan bisa dilakukan di rumah. Selain itu, uap wajah juga merupakan perawatan wajah yang dapat kamu masukkan dengan mudah ke dalam ritual perawatan kecantikanmu.

Uap wajah akan membuat kulit lebih bersih dan cerah. Selain itu, inilah manfaat lain dari facial steam untuk kesehatan:

  • Membersihkan Jerawat: Uap melembutkan lapisan atas kulit dan membantu membebaskan sel-sel kulit mati, kotoran, dan bakteri yang menyebabkan iritasi dan berjerawat.
  • Membantu Detox: facial steam meningkatkan keringat dan merangsang sirkulasi darah. Berkeringat membantu tubuhmu untuk membersihkan kotoran dan racun dan akan membuat kulitmu jadi lebih bercahaya.
  • Melawan Penuaan Kulit: facial steam meningkatkan aliran darah dan membantu mengantarkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit. Proses ini akan membantu mengisi garis-garis halus dan kerutan serta meremajakan wajah.
  • Deep Cleansing: Uap wajah merupakan metode yang sangat baik untuk membersihkan kulit secara mendalam secara alami dan menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan bakteri.
  • Mencegah Kulit Kering: Panas dan kelembapan dari uap membuat kulit lebih mudah menyerap. Hasilnya, produk perawatan kulit dapat diserap secara mendalam dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

Tubuh Jihan Semakin Kurus Akibat Tumor Otak, Uluran Tanganmu Sangat DIharapkan!

Cara melakukan facial steam

Untuk menguap wajah ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Facial steamer yang dijual di pasaran

Facial steamer banyak dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi. Sekali lagi, tidak ada data ilmiah yang membuktikan bahwa alat ini bermanfaat. Alat ini memiliki beberapa fitur serta alat aksesori untuk menghilangkan noda dan komedo.

Menurut American Academy of Dermatology metode dan penggunaan face steamer yang salah  bisa melukai kulit dan menyebabkan infeksi. Dermatologis merekomendasikan untuk memperlakukan kulit wajah dengan lembut. Untuk membersihkan jerawat, orang harus menggunakan pembersih ringan, hindari menggosok, dan tepuk lembut kulit dengan handuk bersih.

2. Perawatan spa

Perawatan spa mungkin merupakan pilihan yang paling mahal. Beberapa spa menawarkan paket perawatan wajah dengan beberapa sesi. Perawatan wajah di spa bisa mencakup berbagai perawatan, di antaranya pengelupasan kulit, perawatan lumpur, pijat, dan masker, serta steaming.

Karena semua spa akan menawarkan perawatan wajah yang berbeda, peneliti tidak bisa menentukan apakah perawatan spa mempunyai manfaat atau bagaimana perbandingannya dengan facial steamer yang dijual di pasaran

3. Facial steam di atas semangkuk air panas

Orang-orang juga bisa melakukan uap wajah dengan menggunakan alat yang mereka miliki di dapur atau kamar mandi mereka. Menggunakan air mendidih memberikan paparan uap yang sangat panas, jadi orang harus berhati-hati agar wajah mereka tidak melepuh. 

Sebelum melakukan penguapan wajah, beberapa orang memilih untuk membersihkan wajah. Terkadang orang meletakkan handuk di atas kepala mereka untuk memfokuskan uap ke wajah. Melakukan penguapan wajah terlalu sering dan lama bisa membuat kulit jadi kering. Setelah melakukan penguapan wajah, beberapa orang ada yang mengoleskan krim wajah atau produk kecantikan lainnya.

Walaupun tidak ada bukti ilmiah yang mengkonfirmasi kemanjurannya atau mengevaluasi keamanannya, beberapa orang ada yang menambahkan garam, lemon, teh hijau, rempah-rempah, dan minyak esensial ke dalam air. Uap air tersebut tidak akan mengandung garam, karena garam yang dimasukkan tertinggal saat air berubah dari cair jadi gas.

Facial steam memiliki manfaat yang baik untuk kulit, namun jika dilakukan terlalu sering akan membuat kulit jadi kering. Untuk melakukan penguapan wajah bisa dilakukan dengan alat face steamer di rumah atau cukup dengan air panas. Apabila wajahmu sudah selesai diuap, kamu bisa meluangkan waktu sejenak untuk bantu pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Caranya gampang, kok. Cukup dengan mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Memiliki Benjolan yang Semakin Besar, Bu Hadiat Butuh Biaya Berobat ke Rumah Sakit
Tumor Otak
Hadiat
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.3,581,225
  2. Pencapaian 8.38%
  3. Donatur 60

Referensi

Caporuscio, J. (2020). Benefits of steaming face: Lemon, saltwater, green tea, and more. Diambil kembali dari medicalnewstoday.com.

Santos-Longhurst, A. (2018). 10 Benefits of Face-Steaming and How to Do It at Home. Diambil kembali dari healthline.com.

Sibson, L. (2022). 5 Facial Steam Benefits and How To Do it at Home. Diambil kembali dari lovingessentialoils.com.