Tips Merayakan Tahun Baru Agar Tetap Seru dan Aman

Tips Merayakan Tahun Baru Agar Tetap Seru dan Aman

Tahun baru sudah mendekat. Biasanya di acara pergantian tahun ini orang-orang akan berkumpul untuk merayakannya. Namun semenjak pandemi Covid-19 melanda, kemeriahan itu dibatasi. Pemerintah menerapkan aturan-aturan khusus untuk acara-acara yang akan diselenggarakan saat pergantian tahun tersebut. Tujuannya adalah agar tidak terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 seperti yang biasa terjadi di saat liburan karena kebiasaan orang-orang yang abai prokes. 

Apakah ini artinya kita tak bisa lagi merayakan tahun baru bersama teman dan kerabat? Tidak juga. Kita masih bisa tetap merayakan kemeriahan pergantian tahun tapi dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Kemunculan varian Omicron yang penyebarannya lebih cepat dari Delta ini tentu menjadi peringatan bagi kita semua agar berhati-hati. Untuk merayakan pergantian tahun dengan aman tapi tetap seru, berikut tips yang dirangkum dari beberapa sumber.

Klik Untuk Donasi - Jumat Berkah, Berbagi Sedekah
  1. Terdanai Rp.2,508,000
  2. Pencapaian 5.02%
  3. Donatur 102

Tetap Memakai Masker Ketika Mengikuti Perayaan di Luar Ruangan

Untuk yang berencana merayakan tahun baru di luar, tetaplah menggunakan masker juga mengikuti prokes secara ketat. Kita tidak pernah tahu salah satu orang yang kita temui ternyata sudah terkena Covid-19. Ingat bahwa Omicron sudah masuk di Indonesia, jadi lebih baik berjaga-jaga daripada terinfeksi. Pastikan masker menutupi sisi wajah, tidak terlalu sempit juga tidak longgar. Jika pergi bersama anak-anak, terutama yang belum divaksin, pastikan juga mereka mengenakan masker. WHO menyatakan bahwa penggunaan masker bisa mengurangi penyebaran virus sebesar 82%. 

Jaga Jarak saat Perayaan Tahun Baru

Jangan lengah sedikit pun karena virus varian baru yang sudah ada di Indonesia ini sedang mengganas di Benua Eropa, seperti Inggris dan Belanda. Jadi, saat merayakan tahun baru di luar rumah, tetap jaga jarak aman seperti yang direkomendasikan oleh WHO dan CDC. 

Seperti yang sudah diketahui virus penyebab Covid-19 ini menyebar dari orang ke orang lewat droplet atau partikel cairan kecil dari mulut atau hidung yang keluar ketika orang yang positif Covid-19 tersebut batuk, napas, bersin, berbicara atau bahkan bernyanyi. Karena itu penting agar menjaga jarak sekitar 1,5 meter lebih saat berkumpul. Ingat! Beberapa orang dapat menularkan virus corona meski mereka terlihat sehat atau yang disebut OTG alias orang tanpa gejala. Jangan sampai sepulang bersenang-senang kita membawa virus ke rumah. 

Cuci Tangan 

Jangan lupa untuk tetap mencuci tangan dengan sabun serta air selam kurang lebih 20 detik sebelum memasuki tempat perayaan tahun baru. Jika tidak tersedia, gunakan hand sanitizer. Pilihlah hand sanitizer yang mengandung sekurangnya 60% alkohol. Bawalah selalu hand sanitizer saat mengikuti perayaan pergantian tahun di luar rumah untuk berjaga-jaga kalau tempat yang dikunjungi tidak menyediakan tempat mencuci tangan. 

Hindari Mengikuti Pesta dalam Ruangan

Tahun baru itu identik dengan pesta yang meriah dan diskon besar-besaran yang ditawarkan oleh tempat hiburan atau tempat makan. Namun di saat pandemi seperti sekarang ini baiknya kita menghindari semua bentuk acara pesta atau perayaan yang dihadiri oleh banyak pengunjung, khususnya yang diadakan di dalam ruangan. Selain itu, hindari berada di dalam ruangan yang berventilasi buruk dan bersama orang-orang yang tak tinggal bersama kita. Sebisa mungkin hindari mengajak orang ke dalam rumah terlalu banyak.

Sediakan Peralatan Makan Sekali Pakai serta Minum Kemasan untuk Tamu

Jika berencana untuk merayakan tahun baru dengan mengadakan barbeque bersama saudara dan kerabat, sebaiknya sediakan alat makan sekali pakai. Untuk minumnya, siapkan air minum kemasan. Ini untuk menghindari penularan virus. Tapi jangan lupa sediakan tempat sampahnya, ya. 

Buat aturan untuk Tidak Saling Bersentuhan Bagi Para Tamu 

Sudah jadi kebiasaan di Indonesia saat bertemu kerabat atau tamu kita bersalaman, terkadang berpelukan. Namun di saat pandemi seperti ini, hal tersebut harus dihindari demi mencegah penularan. Supaya tetap bisa menyapa tamu atau kerabat yang datang, kita bisa melakukan salam namaste dengan mengatupkan kedua tangan di dada. Bisa juga dengan melambaikan tangan atau tersenyum. Kalau takut ada saudara yang tersinggung, kita bisa beritahukan ini terlebih dulu.

Rayakan Tahun Baru Secara Virtual

Pandemi bukan berarti kita tidak bisa merayakan pergantian tahun bersama orang-orang terkasih. Sebagai ganti dari bertemu, kita bisa melakukan semuanya secara virtual. Banyak ide kreatif yang bisa dilakukan, seperti bertemu secara virtual menggunakan aplikasi tertentu, nonton bareng di rumah masing-masing, main game online bareng, menghadiri konser virtual, makan malam virtual dan masih banyak lagi. Jadi, pandemi bukan berarti kita harus bermuram durja. Kita masih tetap bisa merayakan tahun baru dengan cara yang baru tentunya.

Klik Untuk Donasi - Sembako Kebahagiaan untuk Yatim & Dhuafa
  1. Terdanai Rp.1,788,101
  2. Pencapaian 0.10%
  3. Donatur 28

Hindari Merayakan Tahun Baru di Luar Negeri

Seperti yang banyak diberitakan kalau saat ini di Eropa dan Amerika varian Omicron sedang melonjak kasusnya. Bahkan informasi dari Satgas Covid-19 kalau kasus positif varian Omicron di Indonesia berasal dari mereka yang pulang dari Amerika Selatan dan Inggris serta yang paling awal dari Nigeria. Jadi, sebisa mungkin tidak merayakan tahun baru dengan liburan ke luar negeri. Himbauan ini juga disampaikan oleh pemerintah. Di Indonesia masih jauh lebih aman dibanding di luar.

Itulah beberapa tips untuk merayakan tahun baru agar tetap seru dan aman di saat pandemi. Kita tetap bisa merayakan pergantian tahun tapi ingat jangan lengah prokesnya. Menjaga lebih baik daripada mengobati, bukan? 

Kita juga bisa mengisi perayaan tahun baru dengan berbuat baik, misalnya dengan membantu pasien yang butuh bantuan untuk biaya pengobatan. Caranya gampang banget, kok! Cukup unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Asliha, Z. (2020). 5 Tips Aman Merayakan Tahun Baru Bersama Kerabat saat Pandemi. Diambil kembali dari popmama.com.

popmama.com. (2020). Tips Merayakan Pesta Pergantian Tahun saat Pandemi Covid-19. Diambil kembali dari lifestyle.bisnis.com.

Pratiwi, R. S. (2020). 4 Tips Aman Merayakan Tahun Baru di Tengah Pandemi. Diambil kembali dari lifestyle.kompas.com.

Vania, H. F. (2021). Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Merayakan Tahun Baru di Rumah. Diambil kembali dari katadata.co.id.

Sumber Featured Image : nck_gsl dari Pixabay