Mengenal Manfaat Jalan Kaki untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Mengenal Manfaat Jalan Kaki untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Aktivitas olahraga favorit banyak orang adalah jalan kaki. Selain bermanfaat untuk menurunkan risiko masalah kesehatan seperti penyakit diabetes, jantung dan kanker, manfaat jalan kaki lainnya adalah membantu untuk menurunkan berat badan (Liembono, 2016).

Klik Untuk Donasi - Derita Kelainan pada Lubang Kencing, Adik Febri Butuh Bantuanmu Segera!
Hipospadia
Febri Aldino Jumantara
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.918,000
  2. Pencapaian 3.97%
  3. Donatur 17

Lalu, bagaimana jalan kaki dapat membantu kamu dalam program diet? Berikut adalah pengaruh signifikan aktivitas jalan kaki dalam menurunkan berat badan:

Membakar Kalori

Tubuh membutuhkan energi dalam bentuk kalori untuk semua reaksi kimia kompleks. Hal ini memungkinkan kamu untuk bergerak, bernafas, berpikir, dan berfungsi secara normal. Kebutuhan kalori harian pada masing-masing orang sendiri variatif, tergantung pada berat badan, jenis kelamin, gen, dan tingkat aktivitasmu. 

Yang pasti adalah, jika kamu ingin menurunkan berat badan, maka kamu perlu membakar kalori lebih banyak daripada kalori yang kamu konsumsi. Dengan berjalan kaki, metabolisme akan lebih cepat, sehingga pembakaran kalori juga menjadi lebih cepat. 

Menghilangkan Perut Buncit

Seseorang dengan perut buncit menyimpan banyak lemak di bagian tengah tubuhnya. Lemak pada perut erat kaitannya dengan peningkatan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. 

Dengan berjalan kaki, kamu dapat menurunkan berat badan secara perlahan. Perut pun akan lebih rata jika bobotmu turun. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa menggabungkannya dengan jenis olahraga lain. 

Mempertahankan Otot

Ternyata ada cukup banyak orang yang menjalankan diet sampai tidak hanya kehilangan lemak tubuhnya, tetapi juga ototnya. Hal itu kerap terjadi terutama pada orang-orang yang menjalani diet tanpa olahraga. Kondisi ini tentu kontraproduktif, karena otot secara metabolik lebih aktif daripada lemak. 

Ketika memiliki lebih banyak otot, seseorang dapat membakar lebih banyak kalori setiap harinya. Olahraga, termasuk jalan kaki, dapat membantu mempertahankan otot tanpa lemak saat menjalani diet, yang pada akhirnya berperan besar dalam menyukseskan diet. 

Memperkuat Otot Kaki, Paha, dan Tulang

Jalan kaki secara rutin juga bisa membantu memperkuat otot kaki, paha, dan tulang. Kaki yang kuat akan membuat kamu lebih mudah menjalani rutinitas olahraga, bahkan aktivitas lain yang banyak menggunakan kekuatan kaki. 

Untuk membangun otot-otot tersebut, cobalah berjalan di daerah berbukit atau di atas treadmill dengan tingkat kemiringan tertentu. Kamu juga bisa melakukannya dengan naik turun tangga. 

Membuat Tidur Malam Lebih Nyenyak

Tahukah kamu? Jalan kaki secara rutin ternyata juga bisa membantu kamu mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan berkualitas. Karena dengan olahraga, hormon tidur melatonin akan meningkat. 

Tidur cukup dan berkualitas bisa menjadi salah satu strategi untuk menurunkan berat badan. Sebab ketika tubuh kurang istirahat, nafsu makan bisa menjadi berlebihan. 

Sekujur Tubuhnya dipenuhi Luka akibat Penyakit Kulit Kronis, Ikshan Mengharapkan Uluran Tanganmu!

Meningkatkan Suasana Hati

Aktivitas fisik seperti jalan kaki ternyata juga dapat membantu meningkatkan suasana hati. Berjalan kaki dapat mengurangi stres dengan membuat otak lebih sensitif terhadap hormon serotonin dan norepinefrin. Hormon-hormon tersebut adalah hormon yang dapat meredakan perasaan depresi dan merangsang pelepasan endorfin yang akan membuat kamu merasa bahagia. 

Kebanyakan orang tidak menikmati rutinitas olahraga yang dijalaninya, dan menganggap olahraga sebagai beban, sekalipun hanya olahraga ringan seperti jalan kaki. Akibatnya, tentu akan sulit untuk konsisten berolahraga. 

Maka dari itu, pastikan kamu merasa bahagia ketika akan berolahraga yang ringan seperti jalan kaki sekali pun. Bayangkan efek baik yang akan didapat dari berolahraga, dan cobalah untuk rutin berjalan kaki agar semakin hari semakin terasa lebih mudah untuk dilakukan. Jadi, pada akhirnya, manfaat jalan kaki untuk menurunkan berat badan pun sukses tercapai. 

Nah, sekarang, kamu sudah tahu manfaat jalan kaki untuk menurunkan berat badan dan memperbaiki kualitas hidupmu. Temukan berbagai tip kesehatan lainnya di aplikasi WeCareID dan unduh di Play Store/App Store yang ada pada ponselmu. Lewat aplikasi ini, kamu juga dapat berdonasi untuk masyarakat lain yang membutuhkan. Yuk, jadi lebih baik bersama WeCareID sekarang juga!

Klik Untuk Donasi - Seorang Petani Mengidap Kanker Ganas di Lehernya, Bantuanmu Sangat Diharapkan!
Limfoma non-Hodgkin
Tata Tabroni
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,775,000
  2. Pencapaian 8.01%
  3. Donatur 20

Referensi:

  1. Liembono, RH. (2016). Sukses Menurunkan Berat Badan: 11 Langkah Efektif Turunkan Berat badan. Jakarta: Bei5000.
  2. Suhana. (2017). Diet Keseimbangan. Jakarta: Growing Publishing