Beberapa Organisasi Penggerak Relawan di Indonesia

Beberapa Organisasi Penggerak Relawan di Indonesia

Relawan adalah orang-orang yang sangat dibutuhkan dalam setiap bencana. Menjadi tenaga yang membantu menangani berbagai masalah seperti pencarian orang hilang, evakuasi, pengadaan logistic dan pasca bencana. 

Bekerja secara sukarela karena panggilan hati, bukan karena mendapat imbalan. Konsep bekerjanya sangat luas bukan hanya dalam keadaan bencana, namun bisa juga dalam konteks lain.

Contoh dalam bidang pendidikan, banyak anak kuliahan atau sudah bekerja dengan sukarela menjadi pengajar anak-anak jalanan. Menyediakan rumah baca, memberikan pembelajaran untuk membantu anak-anak kurang mampu.

Panti jompo juga banyak yang bersedia bekerja tanpa dibayar di dalamnya. Membantu mengurus lansia yang sudah sangat terbatas kemampuannya. Di Indonesia sendiri ada berbagai organisasi penggerak para tenaga sukarela ini.

Klik Untuk Donasi - Ibu Tati Positif Covid-19 Hingga Alami Perdarahan di Otak, Pertolonganmu Sangat diHarapkan!
Hipertensi, Gagal Ginjal, Anemia
Tati Mulyati
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,625,000
  2. Pencapaian 31.10%
  3. Donatur 96

5 Organisasi Penggerak Relawan di Indonesia

Bagi Anda yang memiliki jiwa sosial tinggi perlu dikembangkan dengan bergabung di organisasi kemanusiaan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan dan pastinya bermanfaat bagi orang lain. Berikut 5 organisasi yang kami rekomendasikan.

  1. Dompet Dhuafa

Tanggal 5 Desember diperingati sebagai International Volunteer Day. Dompet Dhuafa merupakan salah satu organisasi yang berpartisipasi dalam menyambut hari spesial tersebut. Salah satunya dengan membuka kesempatan volunteer bagi masyarakat.

Dompet Dhuafa lebih banyak berperan dalam berbagai bencana alam. Mengadakan pelatihan untuk pertolongan awal korban, penanganan korban, penyelamatan pada kecelakaan air, mendirikan barak penampungan dan dapur umum.

Hal ini juga dilakukan secara nyata oleh para anggota yang tergabung di dalamnya. Selain terjun langsung membantu korban, organisasi ini juga mengadakan penggalangan dana untuk menunjang pemulihan.

Sudah banyak kantor perwakilan di Indonesia. Jika Anda berminat, bisa mendaftar sebagai relawan langsung di kantor terdekat. Bisa juga menyalurkan dukungan dengan berdonasi ke rekening yang disediakan.

  1. Palang Merah Indonesia

Palang merah lebih dikenal sebagai tempat untuk mendonorkan darah. Namun perannya bukan hanya itu saja. Selain selain mengumpulkan dan menyimpan darah untuk orang-orang yang membutuhkan juga membantu korban bencana.

Palang merah Indonesia memberikan pertolongan terutama dalam hal medis. Organisasi ini sudah tidak asing lagi sepak terjangnya. Bahkan banyak tenaga di dalamnya yang menjadi relawan covid.

Bergabungnya para sukarela ini sangat menguntungkan pemerintah serta masyarakat dalam memberikan informasi terkait penyebaran dan penanganan covid. 

Hampir setiap kabupaten memiliki tenaga sukarela yang siap diterjunkan di daerah-daerah bencana. Masing-masing sudah dibekali dengan pengalaman dasar untuk penyelamatan, pencarian serta melakukan pertolongan pertama.

  1. I Smile 4 You

Selain menangani bencana alam, ada juga organisasi fokus membantu orang-orang depresi. Berawal dari keprihatinan para founder terhadap banyaknya kasus bunuh diri terutama anak muda. 

Organisasi ini lebih bersifat campaign dan melakukan pendampingan. Kebanyakan pelaku bunuh diri merasa ditinggal sendirian menghadapi permasalahan hidup. Sehingga menganggap bunuh diri adalah satu-satunya solusi terhadap masalah yang dihadapi.

Organisasi ini mampu menggerakkan relawan masa terbukti semakin banyak orang bergabung di dalamnya. Sebab cara kerjanya cukup sederhana seperti kunjungan ke rumah serta menjalin kedekatan dengan penderita depresi tersebut.

Menjadi pendengar sekaligus memberikan solusi. Untuk menjadi bagian dalam organisasi ini hanya diperlukan kepekaan dan kepedulian terhadap orang lain. Pendekatan secara psikologis untuk memberikan masukan positif.

  1. 1000 guru

Organisasi relawan ini sangat peduli terhadap pendidikan di Indonesia. Cocok untuk Anda dengan passion mengajar dan bertemu banyak orang. Bisa juga untuk menambah pengalaman traveling karena nantinya Anda dikirim ke daerah perbatasan.

Tujuan utama dari 1000 guru adalah membantu anak-anak di daerah pedalaman dan perbatasan yang kesulitan mengakses pendidikan. Anda bisa mengajar, berbagi ilmu dengan anak-anak tersebut.

Organisasi ini sudah memiliki kantor cabang regional di berbagai wilayah di Indonesia. Sehingga bukan hanya di daerah pulau Jawa saja yang berkesempatan untuk bergabung. Anda yang domisili luar Pulau Jawa juga bisa.

Komunitas di 1000 Guru nantinya akan sering traveling dan teaching ke berbagai tempat baru seperti slogannya. Sebab kebanyakan akses pendidikan lebih sulit di daerah pedalaman karena keterbatasan distribusi.

  1. Komunitas Taufan

Merupakan penggerak relawan untuk membantu para pasien kanker serta penyakit dengan risiko tinggi pada anak. Melakukan penggalangan dana guna membantu biaya pengobatan serta terapi pasien pengidap kanker. 

Memberikan dukungan secara materi supaya anak-anak penderita kanker terhibur. Juga mengadakan event-event kreatifitas yang dapat diikuti para pasien tersebut. Secara tidak langsung kegiatan ini memberikan keceriaan.

Fokus utama Komunitas Taufan adalah meringankan beban baik dalam bentuk materi maupun psikologis. Memberikan pendampingan agar para penderita kanker yang kebanyakan anak-anak ini memiliki motivasi untuk sembuh.

Siapa saja dapat bergabung di Komunitas Taufan. Kepedulian terhadap sesama masih banyak dibutuhkan untuk membantu meringankan beban, mendukung pemulihan baik dalam segi materi non-materi.Organisasi kemanusiaan membantu mengatasi masalah sosial kemasyarakatan. Anda bisa bergabung di mana saja sesuai passion. Selain membantu orang-orang yang membutuhkan sebagai relawan Anda lebih berkembang dan menginspirasi orang lain.

Sedia Pangan untuk Yatim Dhuafa dan Santri Penghafal Quran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *