Konsumsi 5 Makanan Diet Sehat Ini untuk Berat Badan Ideal

Konsumsi 5 Makanan Diet Sehat Ini untuk Berat Badan Ideal

Memiliki badan yang sehat dengan berat badan ideal membutuhkan usaha. Kamu harus memperhatikan asupan kalori dan nutrisi makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, komitmen untuk mengonsumsi makanan diet sehat perlu dilakukan. Berikut ini adalah rekomendasi 5 makanan sehat untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan.

Klik Untuk Donasi - Selamatkan Anak-anak Alor dari Stunting dan Gizi Buruk!
  1. Terdanai Rp.56,641,001
  2. Pencapaian 98.08%
  3. Donatur 227

Sayur dan Buah

Makanan diet sehat yang direkomendasikan adalah sayur dan buah. Sayur dan buah menjadi makanan penyeimbang selain makanan pokok. Apalagi sayur dan buah memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk tubuh, seperti serat, vitamin, dan mineral.

Selain sebagai makanan sehat untuk diet, sayur dan buah juga memiliki berbagai manfaat, seperti menurunkan berbagai risiko penyakit kronis, melancarkan metabolisme, hingga sebagai antioksidan. Berbagai sayur dan buah untuk diet sehat adalah pisang, apel, buah beri, anggur, brokoli, paprika, dan wortel.

Oatmeal

Oatmeal sering dianjurkan sebagai menu untuk diet. Apalagi menurut penelitian oatmeal tinggi akan serat dan rendah kalori. Serat beta-glukan (polisakarida yang berfungsi sebagai serat pangan bagi tubuh) dalam oatmeal dapat membuat perut kenyang lebih lama. Porsi makan akan berkurang sehingga berat badan ideal dapat dicapai. 

Kandungan serat dalam oatmeal akan membentuk zat yang menyerupai gel ketika dicampur air. Zat ini akan melewati saluran pencernaan dan berkontribusi pada usus sehat. Limbah saluran dalam saluran pencernaan akan keluar dengan lancar. Sembelit pun bisa dihindari.

Kacang dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian memang mengandung lemak dan kalori. Namun, kedua makanan ini bisa menjadi sumber makanan yang mengandung serat dan nutrisi penting untuk tubuh.

Selain bisa dikonsumsi sebagai makanan penambah berat badan, makanan ini dapat digunakan untuk makanan diet sehat. Apalagi kedua makanan ini merupakan sumber karbohidrat, protein, dan lemak. 

Beberapa kacang dan biji-bijian yang bisa dikonsumsi adalah kacang polong, almond, edamame, biji chia, biji bunga matahari, biji wijen, biji gandum, dan biji rami. Baik kacang maupun bijian-bijian ini dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat.

Daging Sapi tanpa Lemak

Protein diperlukan untuk membantu program diet. Sumber protein bisa didapat dari daging sapi tanpa lemak. Bagian daging sapi tanpa lemak mengandung zat besi, vitamin B12, hingga zinc.

Daging sapi tanpa lemak juga mengandung sedikit asupan kalori sehingga bagus untuk diet. Apabila ingin mengonsumsi daging sapi dengan sedikit lemak, pilih bagian gandik atau tanjung sapi. Namun, perhatikan batas konsumsi. Terlalu banyak makan daging bisa mengakibatkan berbagai penyakit kronis.

Derita Gizi Buruk hingga Alami Keterlambatan Tumbuh Kembang, Hasan Pertolongan Segera

Gandum Utuh

Jika kamu mencari makanan sehat untuk diet, coba konsumsi gandum utuh. Makanan ini kaya akan karbohidrat kompleks dan serat untuk tubuh. Gandum utuh juga mengandung nutrisi penting seperti mineral, vitamin B9 (folat), zat besi, kalium, dan magnesium. Nutrisi tersebut berperan untuk membuat perut kenyang lebih lama. Tak heran makanan ini sangat direkomendasikan sebagai menu untuk menjaga berat badan oleh para ahli diet.

Inilah makanan diet sehat yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan berat ideal. Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga harus berolahraga dengan rutin, konsumsi air putih, dan istirahat yang cukup untuk hasil optimal. Jangan sampai diet membuat kesehatan terganggu.

Sehat merupakan suatu kenikmatan. Tidak semua orang memiliki kesehatan yang baik. Bahkan banyak pasien yang menderita penyakit kronis, tetapi tidak mampu untuk berobat. Yuk, berikan harapan bagi para pasien dengan berdonasi di Wecareid. Dengan berdonasi di sini, kamu membantu menyembuhkan mereka. Jangan lupa instal aplikasi  Wecareid dan instal di ponsel pintar untuk memudahkan berdonasi online.

Klik Untuk Donasi - Sisikan seribu untuk nasi gratis yg akan di bagikan tiap hari jumat
Berbagi Nasi Gratis

Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.3,443,171
  2. Pencapaian 5.96%
  3. Donatur 33

Referensi

Adrian, Kevin. (2021, 20 Oktober). Pilihan Makanan untuk Diet yang Mengenyangkan. Diakses pada 08 Desember 2021 di https://www.alodokter.com/pilihan-makanan-untuk-diet-yang-mengenyangkan

Goentoro, Patricia Lukas. (2021, 07 September). Jenis makanan yang cocok untuk diet sehat. Diakses pada 08 Desember 2021 di https://hellosehat.com/nutrisi/diet/cara-diet-sehat/