Inilah Manfaat Air Purifier yang Bisa Kamu Rasakan

Inilah Manfaat Air Purifier yang Bisa Kamu Rasakan

Kalau kamu tinggal di lingkungan perkotaan yang selalu dibombardir dengan polusi udara, pasti sangat mendambakan bisa menghirup udara yan bersih. Apalagi di musim pandemi Covid-19 seperti sekarang, kamu pasti ingin udara bersih yang bebas virus. Salah satu alat yang sekarang menjadi buruan adalah air purifier. Alat ini dipercaya bisa membunuh virus di udara. Sebenarnya apa manfaat air purifier untuk kesehatan?

Mengenal air purifier

Air purifier merupakan alat yang didesain untuk membersihkan udara, menyingkirkan kotoran termasuk debu, bau, asap, juga bulu hewan peliharaan. Faktanya udara dalam ruangan mengandung polutan tertentu yang tingkatannya lima kali lebih tinggi dibandingkan udara di luar. Di antara manfaat air purifier untuk kesehatan yaitu menetralisir beberapa ancaman akibat dari polusi udara, selain  aktivitas di dalam ruangan. 

Cara kerja pembersih udara

Penjelasan yang sederhana mengenai cara air purifier adalah filter dengan kipas yang terpasang padanya. Kipas menggerakkan udara melalui filter, filter menjebak partikel, seperti debu, serbuk sari, residu tungau debu, bulu hewan peliharaan, dan sebagainya, dan kipas menggerakkan udara yang baru dibersihkan di sekitar ruangan. Ini seperti penyedot debu untuk udara yang kamu hirup. Air purifier yang memiliki filter HEPA membantu membersihkan dan memurnikan udara yang disirkulasikan. HEPA atau high-efficiency particulate air adalah jenis filter udara yang mampu memurnikan udara dengan cara menjebak partikel besar dan kecil.

Bantu UMKM Bangkit di Tengah Pandemi

Manfaat air purifier

Air purifier adalah peralatan yang membantu menghilangkan polutan udara. Alat ini membantu sekali untuk penderita asma maupun yang menderita alergi. Selain itu, alat ini juga berguna untuk menghilangkan asap rokok. Apalagi manfaat air purifier untuk kesehatan?

Menetralisir bau tidak sedap

Beberapa bahan kimia seperti bensin, bensol, dan formalin terurai pada suhu kamar yang menimbulkan bau tidak sedap. Bahan kimia ini bisa menyebabkan mual, sesak napas, dan bahkan mempengaruhi fungsi kognitifmu.

Manfaat air purifier dengan HEPA serta filter karbon aktif dapat menjebak gas dan partikel secara efektif sehingga mengurangi polutan di area dalam ruangan. Kalau ada tamu yang berkunjung, kamu tak perlu khawatir tamu akan terganggu dengan bau-bauan dari dapurmu, seperti bau minyak goreng dan rempah-rempah. Itu karena air purifier menyerap seluruh bau sehingga membuat udara di ruangan jadi segar dan bersih.

Menghilangkan pemicu serangan asma

Manfaat air purifier lainnya yaitu untuk menghilangkan pemicu serangan asma. Ketika berada di dalam rumah, kamu berada pada tempat dengan risiko kesehatan yang paling tinggi karena pemicu asma paling banyak ditemukan di sana. Pemicu tersebut bisa terdiri dari sel kulit kering, kotoran, karbon monoksida, debu, semprotan penyegar udara, pembersih rumah tangga, asap dari masakan, kosmetik, produk cat, parfum, dan hairspray.

Selain itu, pemicu serangan asma lainnya bisa diakibatkan oleh spora jamur atau kecoak. Karpet baru juga bisa memunculkan ancaman karena mengeluarkan bau tajam. Apabila tidak tidak dihilangkan dari udara, partikel zat ini bisa terhirup dan mengakibatkan mengi yang merupakan salah satu gejala asma lainnya.

Bagi penderita asma, partikel kecil di udara bisa mengakibatkan masalah serius. Oleh karena itu mempunyai air purifier yang dapat menghilangkan kotoran mikroskopis akan membantu sekali untuk pengobatan asma.

Menghilangkan pemicu alergi

Saat menghirup debu, bau hewan peliharaan, atau serbuk sari, dan tubuh akan bereaksi untuk menghasilkan antibodi alergi. Manfaat dari air purifier bisa mengurangi bau hewan peliharaan, yang bisa mengurangi kemungkinan kamu terkena alergi. 

Mengurangi kemungkinan airborne disease

Pilek dan flu merupakan jenis airborne disease atau penyakit yang menular lewat udara dan tersebar melalui patogen kecil yang ada di udara. Saat kamu terkena flu, tak jarang anggota keluarga lainnya juga terkena flu. Hal itu karena semua orang di rumahmu menghirup udara yang sama yang sudah terinfeksi oleh bakteri juga virus.

Manfaat air purifier yang dilengkapi dengan filter HEPA bisa menangkap bakteri dan virus tersebut. Ketika bisa menghilangkan penyebab airborne disease, kamu melindungi dirimu dan keluargamu dari penyakit tersebut. 

Menghilangkan jamur di udara

Sama seperti pemicu alergi, partikel jamur di dalam ruangan juga bisa sangat berbahaya untuk penderita asma serta masalah paru-paru lainnya. Mungkin air purifier pada tingkat tertentu bisa bekerja menghilangkan pemicu alergi, tapi filtrasi jauh lebih efektif untuk menghilangkan jamur di udara. Air purifier yang dilengkapi dengan filter HEPA tak hanya menghilankan jamur tapi juga bisa mengurangi tingkat kelembaban di dalam rumah.

Meningkatkan kualitas tidur

Pemicu alergi seperti jamur, bakteri, dan tungau debu yang ada di dalam ruangan bisa memicu alergi ataupun rhinitis alergi yang juga dikenal dengan istilah hay fever. Rhinitis alergi bisa menyebabkan pilek. Gejala alergi yang umumnya mengganggu tidur saat terkena pilek atau flu adalah bersin, hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan atau mata berair.

Kurang tidur mengakibatkan kantuk di siang hari serta memengaruhi produktivitas keesokan paginya. Supaya terhindar dari gangguan tidur, ada baiknya jika kamu gunakan air purifier yang dilengkapi dengan HEPA karena mampu menyaring sebagian besar pemicu alergi yang ada di dalam kamar. Bila udara bersih, tidurmu akan lebih nyenyak.

Itulah sederet manfaat air purifier untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan. Dengan memiliki air purifier kamu bisa terhindar dari partikel-partikel yang bisa menyebabkan penyakit. Sambil menikmati udara yang sehat di rumahmu, yuk luangkan waktu untuk menolong pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Caranya mudah sekali. Kamu bisa membantu mereka dengan cara mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Akibat Gagal Jantung, Arumi Butuh Bantuan Oksigen untuk Bisa Bernapas!

Referensi

Cherney, K. (2019). Do Air Purifiers Actually Work? Diambil kembali dari healthline.com.

HUNT, A. (2021). 5 air purifier benefits that may convince you you need one in your home. Diambil kembali dari womanandhome.com.

McKinnen, G. (2020). 8 Benefits of an Air Purifier. Diambil kembali dari amerisleep.com.Miller, J. (2021). 15 Health Benefits of Air Purifiers, According to Science (+8 Tips for Choosing the Right Air Purifier). Diambil kembali dari jenreviews.com.