Cara Mencerahkan Bibir Gelap dengan Bahan Alami

Cara Mencerahkan Bibir Gelap dengan Bahan Alami

Tiap orang memiliki warna kulit bibir yang berbeda-beda. Tidak ada warna yang lebih sehat ataupun lebih sempurna dibanding yang lain. Tapi terkadang warna bibirmu mengalami perubahan dari cerah menjadi gelap. Perubahan warna atau pigmentasi ini bisa diakibatkan oleh faktor medis dan gaya hidup tertentu. Sebelum membahas cara mencerahkah bibir gelap, yuk ketahui dulu apa penyebab perubahan warna bibirmu.

Penyebab bibir gelap

Penyebab bibir jadi gelap itu karena kelebihan melanin. Hiperpigmentasi bibir bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

  • kurang terhidrasi
  • paparan sinar matahari yang berlebihan
  • merokok
  • terlalu banyak kafein
  • reaksi alergi terhadap pasta gigi, lipstik, dll
  • mengisap bibir

Masalah ini dapat diatasi dengan mengubah beberapa kebiasaan gaya hidup sehari-hari seperti memakai tabir surya, membatasi asupan kafein, ataupun mengganti merek pasta gigi.

Selain faktor di atas, penyebab lain dari bibir gelap adalah:

  • kemoterapi
  • kekurangan vitamin
  • anemia
  • penggunaan fluoride yang berlebihan

Lalu, bagaimana cara mencerahkan bibir gelap agar kembali ke warna asalnya? 

Gerakan Peduli Janda Jadi Perempuan Mandiri, Percaya Diri dan Berdaya

Cara mencerahkan bibir gelap secara alami

Bibir dengan kulit yang kering bisa mengakibatkan warnanya menjadi terlihat gelap atau kusam. Beberapa perawatan ala rumahan yang sederhana bisa membantu menjaga bibir tetap terlihat cerah dan terasa sehat.

1. Minyak Kelapa

Cara untuk mencerahkan bibir gelap bisa menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa mempunyai sifat emolien dan pelembab. Sifat-sifat ini bisa membantu menjaga bibir agar tetap lembut serta kenyal dan mencegah bibir jadi kering dan gelap, yang umumnya terjadi dengan kulit yang kurang terhidrasi.  

Jangan lupa, gunakan hanya minyak kelapa murni. Cara penggunaannya yaitu dengan meneteskan minyak kelapa ke jari telunjuk dan oleskan pada bibirmu. Biarkan sampai mengering. Lakukan cara ini 1 sampai 2 kali sehari.

2. Madu dan lemon

Campuran ini pasti akan membuat bibir kamu cerah lagi. Lemon mempunyai sifat astringen alami yang bisa membantu membuat bibir yang gelap jadi cerah lagi. Sementara madu merupakan pelembab alami. Cara mencerahkan bibir gelap menggunakan madu dan lemon adalah dengan mencampurkan ekstrak lemon dengan madu di dalam mangkuk. Ambil setengah sendok teh campuran tersebut kemudian oleskan pada bibir. Biarkan selama 30 menit sampai satu jam, lalu bersihkan dengan cara yang lembut. Sisa campuran tadi bisa dimasukkan ke dalam botol kemudian tutup dengan erat dan simpan di lemari es. Oleskan campuran tersebut sesering mungkin.

3. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan aloin, senyawa dengan sifat depigmentasi. Artinya kandungan ini bisa membantu memudarkan pigmentasi pada bibirmu. Cara mencerahkan bibir gelap menggunakan lidah buaya yaitu dengan mengambil setengah sendok teh gel lidah buaya yang baru diekstraksi dan oleskan ke bibir. Bilas dengan air biasa. Kamu bisa melakukan ini 1-2 kali sehari.

4. Minyak almond

Memijat bibir dengan menggunakan minyak almond bisa membantu melembabkan serta meningkatkan sirkulasi. Pembuluh darah pada bibir dapat membantu memberi warna. Dengan memijat bibir bisa membantu meningkatkan aliran darah menuju area bibir.

Obat alami untuk bibir kering bisa menggunakan minyak almond berkualitas baik. Gosok minyak dengan lembut ke bibir beberapa kali sehari. Efeknya akan terlihat dalam satu atau dua hari.

5. Gula

Cara mencerahkan bibir gelap bisa juga dengan gula. Tambahkan gula dan minyak almond atau mentega untuk membuat tekstur yang kental. Oleskan campuran tersebut pada bibir, gosok perlahan campuran tersebut untuk mengelupas kulit di bibir, mengangkat sel kulit mati, dan merangsang pembaruan kulit.

6. Kunyit

Kurkumin merupakan unsur utama kunyit. Bahan ini bisa membantu menghambat melanogenesis (pembentukan melanin). Kurkumin bisa membantu mencerahkan bibir. Agar bibirmu kembali cerah, caranya yaitu dengan menyiapkan pasta kental dengan mencampur satu sendok teh kunyit bubuk dengan sedikit air. Oleskan pasta ini ke bibir mu dan biarkan mengering. Selanjutnya, bilas dengan air. Lakukan cara ini sekali sehari.

Sebagai catatan, kunyit bisa mengakibatkan reaksi alergi pada beberapa orang sehingga menyebabkan ruam. Oleh karena itu lakukan uji tempel sebelum kamu melanjutkan dengan obat ini.

7. Minum air yang cukup

Mungkin kamu tidak pernah menyangka kalau kekurangan air bisa mengakibatkan bibir jadi gelap. Bibir yang kering membuat kulit tipis pada bibir jadi pecah-pecah sehingga meninggalkan bekas, apalagi jika pengelupasannya membuat bibir terasa sakit atau luka. Untuk menjaga bibir tetap lembab dan sehat, air merupakan pilihan terbaik. Minuman berwarna seperti kopi, teh, dan jus meninggalkan noda di bibir dan gigi. Kurangi mengkonsumsi minuman ini.

Kalau mengalami perubahan warna pada bibir, kamu bisa menggunakan cara mencerahkan bibir gelap yang telah diulas di atas. Penyebab bibir gelap juga bisa bermacam-macam tapi bahan-bahan alami bisa membantu mencerahkannya lagi. Sambil melakukan perawatan bibir di rumah, kamu bisa melakukan hal baik, misalnya dengan membantu pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Caranya simple, tinggal download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Frothingham, S. (2018). 16 Ways to Lighten Dark Lips. Diambil kembali dari healthline.com.

How to lighten dark lips naturally: Simple remedies. (2020). Diambil kembali dari indiatoday.in.

Naser, S. (2021). How To Get Rid Of Dark Lips Naturally. Retrieved from stylecraze.com.

Polard, J. (2014). 10 Tips To Get Kissalicious Lips Back: Lighten Dark Lips Naturally. Diambil kembali dari patch.com.

Savani, M. (2021). Lip Lightening: 8 Best Ways How You Can Lighten Dark Lips Easily. Diambil kembali dari bebodywise.com.Sissons, C. (2019). Causes and home remedies for dark lips . Diambil kembali dari medicalnewstoday.com.