8 Cara Melakukan Gaya Hidup Sehat yang Benar

8 Cara Melakukan Gaya Hidup Sehat yang Benar

Kesehatan merupakan aspek penting bagi kehidupan manusia.  Untuk itu, masing-masing individu harus memiliki kesadaran dari dalam diri untuk selalu menjaga kesehatan. Tanpa menjalani hidup sehat, aktivitas sehari-hari manusia akan terganggu. Hidup sehat dapat diperoleh dengan cara membuat resolusi hidup sehat. Resolusi ini dapat dilaksanakan dengan membiasakan diri dan mengubah kebiasaan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Cara Melakukan Gaya Hidup Sehat yang Benar

Mau tau bagaimana tips-tips yang dapat dilakukan untuk kegiatan sehari-hari agar hidup tetap sehat? World Health Organization (WHO) atau organisasi kesehatan dunia yang peduli terhadap kesehatan manusia di seluruh dunia memiliki beberapa poin sederhana yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari Yuk simak penjelasan berikut!

Semeru Kembali Erupsi, Mari Dampingi Para Korban Bencana!

1. Konsumsi Menu Diet Sehat

Diet sehat dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi kombinasi makanan sehat. Kombinasi ini dapat terdiri atas buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Bagi orang dewasa, setidaknya kombinasi makanan ini harus dikonsumsi sebanyak 5 porsi kecil (setara 400g) buah dan sayur tiap harinya. Konsumsi menu diet sehat akan mengurangi resiko terjadinya malnutrisi dan beberapa penyakit, seperti diabetes, jantung, dan kanker.  

2. Batasi Konsumsi Gula

Gula dapat berbahaya apabila dikonsumsi berlebihan. Hal ini karena konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan kerusakan gigi. Konsumsi gula baik pada orang dewasa maupun anak-anak sebaiknya tidak lebih dari 50 g atau 12 sendok teh per harinya.

3. Kurangi Konsumsi Lemak Berlebihan

Konsumsi lemak harus kurang dari 30% total kebutuhan energi harian. Terdapat dua jenis lemak, lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak jenuh merupakan jenis lemak yang harus dihindari atau dikurangi, seperti minyak jenuh, pizza, biskuit, dsb. Sedangkan lemak tak jenuh merupakan jenis lemak baik yang dibutuhkan sebagai sumber energi dalam tubuh. Contoh makanan yang mengandung lemak baik adalah cream cheese, alpukat, mentega, dan daging.

4. Hindari Penggunaan Minuman Beralkohol

Bagaimanapun alasannya, minuman beralkohol merupakan tindakan yang tidak aman dan membahayakan kesehatan. Konsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan seseorang mengalami berbagai masalah kesehatan. Beberapa penyakit yang dapat timbul karena konsumsi minuman beralkohol diantaranya kanker, liver, penyakit jantung, dan gangguan syaraf. Sebaiknya, konsumsi minum air putih sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 1,5 L daripada konsumsi alkohol.

5. Hindari Merokok

Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit pernapasan, seperti paru-paru basah, stroke, dan serangan jantung. Merokok selain membahayakan dan dapat membunuh perokok aktif juga berbahaya bagi perokok pasif. Jika Anda adalah seorang perokok aktif, maka tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok.

6. Tetap Aktif dan Berolahraga

Olahraga merupakan cara penting yang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran dan ketahanan tubuh. Dengan rutin olahraga, tubuh akan terus bergerak aktif dan memiliki sistem kekebalan yang kuat. Aktif berolahraga juga dapat membentuk otot-otot dan massa tubuh agar semakin kuat.

7. Vaksin

Vaksin merupakan cara yang efektif untuk mencegah tubuh dari serangan penyakit. Vaksin bekerja dengan sistem imun dan daya tahan tubuh untuk membangun proteksi dalam mencegah terjadinya kanker, influenza, hepatitis, dan berbagai penyakit lainnya. Lakukan vaksinasi sesuai dengan anjuran pemerintah setempat untuk dapat merasakan manfaat vaksin bagi kesehatan tubuh.

8. Lakukan Check-Up secara Reguler

Melakukan check-up kesehatan secara rutin pada dokter ahli dapat membantu tubuh untuk mengidentifikasi serangan penyakit yang mungkin muncul. Dokter ahli dapat melakukan diagnosa jenis penyakit dengan akurat sehingga mencegah terjadinya penumpukan penyakit atau keterlambatan dalam mengatasi penyakit akut. Dengan melakukan check-up kesehatan secara rutin, dokter dapat melakukan screening potensi penyakit dan memberikan treatment yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Di antara berbagai cara melakukan gaya hidup sehat yang benar di atas, kira-kira mana yang sudah kamu terapkan dan belum kamu terapkan?

Pak Dedi Menderita Gagal Ginjal Kronis, Istri Mencari Nafkah. Bantuanmu Sangat diHarapkan!

Sumber Featured Image : Irina L dari Pixabay