Ini Lho Manfaat Tidur Siang yang Jarang Diketahui

Ini Lho Manfaat Tidur Siang yang Jarang Diketahui

Siapa bilang tidur siang hanya untuk bayi dan anak-anak? Ternyata studi menunjukkan kalau tidur siang juga baik untuk orang dewasa, lho! Mungkin manfaat tidur siang belum banyak diketahui orang-orang. Eits! tapi bukan tidur siang yang kebablasan, ya. Tidur siang singkat di sore hari bisa meningkatkan daya ingat, meningkatkan mood, meningkatkan kinerja, membuat kamu jadi lebih waspada, dan mengurangi stres. Berikut ini penjelasan tentang keuntungan kalau kamu tidur siang. 

Klik Untuk Donasi - Mari Bantu Faqih untuk Sehat Kembali
Obstructive Sleep Apnea, Tonsilitis...
Muhamad Al Faqih
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.12,439,953
  2. Pencapaian 42.23%
  3. Donatur 243

Jenis-Jenis Tidur Siang

Sebelum membahas manfaat tidur siang, berikut ini adalah jenis-jenis tidur siang. Tidur siang bisa dikelompokkan bergantung fungsinya. Memikirkan apa yang kamu harapkan dari tidur siang adalah salah satu hal dari membuat tidur siang berhasil untukmu.

  • Recovery Nap: jenis tidur ini dilakukan untuk mengkompensasi kurang tidur pada malam hari. Misalnya tidurnya terlalu malam atau terganggu saat tidur sehingga tidak nyenyak, maka untuk menggantinya orang bisa melakukan tidur siang.
  • Prophylactic Nap: ini adalah jenis tidur siang yang dilakukan kalau seseorang akan kekurangan waktu tidur. Misalnya para pekerja yang bekerja malam hari, mereka bisa menjadwalkan tidur siang sebelum pergi bekerja agar tidak merasa ngantuk saat bekerja.
  • Appetitive Nap: ini adalah jenis tidur siang yang dilakukan seseorang untuk menikmati tidur siang. Tidur siang bisa membuat rileks dan meningkatkan suasana hati dan tingkat energi saat bangun tidur.
  • Fulfillment Nap: Bayi dan balita kebutuhan tidurnya lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut bisa dilakukan dengan tidur siang yang dijadwalkan atau terkadang mereka tidur secara spontan.  
  • Essential Nap: saat seseorang sakit, dia membutuhkan tidur yang lebih banyak karena sistem kekebalan tubuh meningkatkan respons untuk melawan infeksi atau meningkatkan penyembuhan. Untuk itu diperlukan energi ekstra. Jadi tidur siang yang dilakukan ketika seseorang sakit dianggap hal yang penting. 

Manfaat Tidur Siang

Sekarang tiba pada bahasan apa manfaat tidur siang. Sebelumnya telah disebutkan sekilas beberapa manfaatnya. Berikut ini penjelasan lengkapnya yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Meningkatkan Kinerja

Jika kamu merasa mengantuk karena tidur larut malam sebelumnya, tidur siang sebentar bisa menghilangkan rasa kantuk. Namun tak perlu kurang tidur dulu untuk bisa merasakan manfaat tidur siang singkat. Beberapa penelitian menemukan bahwa tidur siang bisa meningkatkan kewaspadaan, mempercepat waktu reaksi dan meningkatkan kemampuan penalaran logis.

2. Tingkatkan Memori

Sedang belajar hal yang baru? Kamu mungkin membutuhkan tidur siang. Para peneliti sudah menemukan bahwa setelah tidur siang singkat, mereka yang mempelajari tugas-tugas baru akan membuat mereka bisa mengingatnya dengan lebih baik.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang tidur siang selama satu jam bisa mengingat informasi baru lebih baik dibandingkan orang yang istirahat atau mempelajari semuanya sebelum ujian. Hasilnya orang yang tidur siang akan mengingat informasinya sampai seminggu kemudian.

3. Meningkatkan Mood 

Jika kamu merasa sedang suasana hatimu sedang tidak bagus, untuk membangkitkan semangatmu lagi, cobalah tidur siang sejenak. Tidur siang ataupun hanya istirahat untuk satu jam tanpa tertidur, bisa membuat mood-mu menjadi lebih baik. Para ahli mengatakan relaksasi hasil dari berbaring dan istirahat adalah mood booster, apakah kamu tertidur atau tidak.

4. Membuat Tubuh Jadi Segar

Tidur siang selama 10 menit bisa bermanfaat tapi pertahankan tidurmu untuk tidak boleh lebih dari 30 menit atau kurang supaya kamu tidak merasa lebih lelah ketika bangun. Rasa grogi yang bisa kamu rasakan sesudah tidur siang dinamakan inersia tidur. Semakin lama kamu tidur siang, semakin besar kemungkinan kamu mengalami perasaan itu. Semakin buruk, semakin banyak waktu yang kamu butuhkan untuk bangun dan kembali bekerja.

5. Lebih Baik dari Kafein

Jika kamu merasa lelah tapi ada pekerjaan atau tugas rumah yang harus diselesaikan, akan lebih baik jika kamu tidur siang sebentar dibandingkan menikmati secangkir kopi. Dibandingkan dengan kafein, tidur siang bisa membuat memori dan pembelajaran yang lebih baik.

Bantu Taman Baca Ko’Manungga

6. Mengurangi Stres

Jika kamu berada dalam banyak tekanan, tidur siang bisa membuatmu melepaskan stres dan meningkatkan kesehatan imunitasmu. Para ahli mempercayai kalau tidur siang sekitar 30 menit bisa membantu.

7. Baik untuk Jantung 

Bahkan tidur siang bisa membantu detak jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 45 – 60 menit tekanan darahnya akan lebih rendah sesudah melalui tekanan mental. Jadi tidur siang bisa membantu tubuhmu pulih dari situasi yang penuh tekanan.

8. Membuat Lebih Kreatif

Pernah bangun tidur dan mendapatkan ide bagus? Tidur REM (Rapid Eye Movement), atau tidur sampai bermimpi, biasanya dimulai 70 sampai 90 menit setelah kamu tertidur. Tidur ini akan mengaktifkan bagian otak yang berhubungan dengan citra dan mimpi. Tidur siang REM bisa membantumu menggabungkan ide dengan cara baru untuk menemukan jawaban.

Tips Supaya Tidur Siang Lebih Efektif

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat tidur siang yang lebih banyak dan manfaat kesehatan yang menyertai tidur yang cukup, berikut ini beberapa tips untuk tidur siang dan tidur malam yang lebih efektif:

  • Jangan mengkonsumsi kafein sesudah jam 3 sore. Kafein merupakan stimulan yang bisa mengganggu tidurmu dan membuatmu dalam keadaan sadar lebih lama, sekitar 4 – 6 jam.
  • Jika kamu tidak ingin tidur siang terlalu lama, pasang alarm.
  • Jika kamu tidak punya waktu untuk melakukan power nap ataupun merasa tidak nyaman untuk tidur siang pada siang hari, kamu bisa mencoba meditasi. Meditasi membuat tubuhmu beristirahat dan memproduksi gelombang otak yang lebih lambat yang hampir sama dengan tidur.

Jadi ternyata manfaat tidur siang bukan hanya untuk bayi dan balita saja, tapi juga orang dewasa juga. Banyak manfaat bagus yang bisa didapatkan dari melakukan tidur siang singkat. Kalau tenagamu sudah pulih lagi sesudah tidur siang, sekarang waktunya untuk membantu pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Kamu cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Program Pembangunan MTs Pondok Al Quran
  1. Terdanai Rp.561,000
  2. Pencapaian 0.16%
  3. Donatur 5

Referensi

Fry, A. (2020). Napping. Diambil kembali dari sleepfoundation.org.

Health Benefits of Napping. (2020). Diambil kembali dari webmd.com.

Napping: 3 Proven Health Benefits. (2021). Diambil kembali dari health.clevelandclinic.org.

Scott, E. (2020). The Overwhelming Benefits of Power Napping. Diambil kembali dari verywellmind.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *