Ingin Berhasil? Pelajari 8 Kunci Sukses Berikut Ini

Ingin Berhasil? Pelajari 8 Kunci Sukses Berikut Ini

Pernahkah kamu bertanya apa sebenarnya arti sukses untuk dirimu? Mungkin definisi sukses itu berbeda-beda bagi tiap orang, tapi mungkin kebanyakan orang mendefinisikannya sebagai, bahagia, sehat, terpenuhi semuanya, sejahtera dan dicintai. Sebenarnya sukses adalah kemampuanmu untuk mencapai semua tujuan dalam hidupmu, apa pun itu tujuannya. Untuk bisa berhasil, diperlukan kunci sukses yang akan membantumu berjuang untuk tujuanmu di masa depan.

Kunci Sukses dalam Hidup, Pekerjaan, Cinta, dan Lain-Lain

Tidak ada satu cara yang pasti untuk menjadi sukses. Apa yang berhasil bagi dirimu mungkin tidak berhasil bagi orang lain. Mungkin tidak ada kombinasi sempurna yang bisa menjamin kesuksesan, tetapi ada beberapa langkah dasar yang bisa kamu ikuti yang bisa meningkatkan peluangmu untuk sukses dalam hidup, pekerjaan, cinta, atau apa pun yang penting untukmu.

1. Buat Rencana

Kunci sukses yang pertama yaitu membuat rencana. Ini berarti memiliki gambaran yang jelas mengeai seperti apa kehidupan yang sukses bagi dirimu dan menyusun serangkaian tujuan yang terdefinisi dengan baik untuk membawamu ke kehidupan itu. Cari tahu apa yang kamu inginkan dan tuliskan secara rinci. Penting untuk mempunyai kejelasan mengenai definisi kesuksesanmu. Ini adalah dasar untuk rencanamu. Sukses berarti mencapai suatu tujuan. Dengan definisi ini, jika kamu tidak menetapkan tujuan, kamu tidak akan pernah berhasil.

2. Bangun Pola Pikir Berkembang

Penelitian yang dilakukan oleh psikolog Amerika Serikat bernama Carol Dweck menunjukkan bahwa ada dua pola pikir dasar yang mempengaruhi cara orang berpikir mengenai diri mereka sendiri dan kemampuan mereka, yaitu pola pikir tetap dan pola pikir berkembang.

Orang dengan pola pikir tetap percaya kalau hal-hal semisal kecerdasan itu statis serta tak bisa diubah. Mereka mempunyai pola pikir tetap percaya kalau kunci kesuksesan bukan hasil kerja keras, tapi itu sebuah konsekuensi dari bakat yang dibawa sejak lahir.

Orang dengan pola pikir berkembang percaya bahwa mereka bisa berubah, tumbuh, dan belajar melalui usaha. Orang-orang yang percaya kalau mereka mampu tumbuh lebih mungkin untuk mencapai kesuksesan. Saat diterpa kesulitan, mereka akan mencari cara agar bisa meningkatkan keterampilan dan berusaha terus ke arah kesuksesan. 

3. Persiapkan Diri untuk Hal yang Tak Terduga 

Terkadang rencana yang sudah kamu susun mengalami kegagalan karena satu langkah salah. Salah satu kunci sukses lainnya yaitu mempersiapkan diri untuk hal-hal yang tak terduga akan membuat perbedaan untuk rencanamu. Kamu bisa berakhir dengan ketidaksuksesan atau sukses walaupun harus menghadapi rintangan terlebih dahulu.

Bagaimana cara mempersiapkan diri untuk hal-hal yang tak terduga? Kamu bisa mulai dengan membuat daftar beberapa hal yang bisa menjadi masalah dalam rencanamu. Setelah itu buat solusi serta rencana cadangan untuk semua potensi masalah. 

4. Tingkatkan Kecerdasan Emosional 

Sudah lama diyakini kalau kecerdasan secara keseluruhan merupakan salah satu faktor yang berkontribusi untuk kesuksesan di bermacam bidang kehidupan. Namun menurut beberapa ahli, kecerdasan yang paling penting adalah kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional merujuk pada kemampuan seseorang untuk memahami, memanfaatkan serta bernalar dengan emosi. Orang yang cerdas secara emosional mampu memahami tidak hanya emosi mereka sendiri, tetapi juga emosi orang lain. Ini adalah kunci sukses yang penting untuk kamu miliki.

5. Bangun Mental yang Tangguh

Kunci sukses lainnya yaitu ketangguhan mental. Ini merujuk pada ketahanan untuk melanjutkan dan terus berusaha bahkan ketika menghadapi rintangan. Orang yang mempunyai kekuatan mental ini melihat tantangan sebagai peluang. Mereka juga merasa bahwa mereka mempunyai kendali atas nasib mereka sendiri, percaya diri dengan kemampuan mereka untuk berhasil, dan berkomitmen untuk menyelesaikan apa yang mereka mulai.

6. Perkuat Kemauan

Dalam penelitian longitudinal yang telah berjalan lama, psikolog mengikuti sekelompok anak yang diidentifikasi oleh guru mereka sebagai murid sangat cerdas. Para peneliti tersebut membandingkan bagaimana kehidupan subjek-subjek ini sepanjang masa kanak-kanak dan dewasa. Mereka menemukan bahwa murid-murid yang akhirnya menjadi paling sukses dalam hidup mempunyai beberapa karakteristik utama, termasuk ketekunan dan kemauan keras.

Karakteristik ini cenderung menjadi bagian dari keseluruhan kepribadian seseorang, tapi juga sesuatu yang bisa kamu tingkatkan. Kepuasan yang tertunda, belajar untuk bertahan dalam menghadapi tantangan, dan bersabar menunggu hasil kerja keras sering kali menjadi kunci sukses dalam hidup.

7. Bangun Kebiasaan Baik

Kamu bisa memiliki mimpi besar, tujuan besar, tapi tetap belum berhasil. Kunci sukses selanjutnya mengharuskan kamu untuk mengubah tujuan jadi tindakan. Tindakan yang berulang dalam arah yang benar akan jadi kebiasaan yang bermanfaat. Saat kamu membentuk kebiasaan yang benar, kamu akan menciptakan momentum.

Ikuti pola harian yang sudah direncanakan yang akan menggerakkanmu menuju tujuanmu tapi dengan tingkat stres yang lebih sedikit. Cara ini mempunyai manfaat tambahan untuk mengurangi stres dan membebaskan perhatianmu untuk fokus pada hal-hal yang benar-benar membutuhkan lebih banyak kekuatan otak.

8. Belajar dari Kesalahan 

Kemungkinan sukses besar datang dengan cara mencoba banyak cara yang berbeda dan mengalami kegagalan. Kamu bisa gagal mencapai kesuksesan, tapi orang hampir tak pernah melakukan kesalahan yang sama secara berulang. Kegagalan merupakan bagian dari proses untuk menjadi sukses kalau kamu menjadikan kegagalan sebagai guru. Belajar dan tumbuh setelah mengalami kegagalan membuat kegagalan itu jadi berguna.

Untuk bisa meraih kesuksesan diperlukan kunci khusus. Kunci sukses ini tidak ada yang standar. Kemungkinan satu cara bisa berhasil bagi orang lain, tapi bisa jadi tidak berhasil untukmu. Namun ada beberapa langkah dasar yang bisa dilakukan oleh tiap orang. 

Menurut Peter Shankman, seorang pengusaha juga penulis buku ‘Nice Companies Finish First’, salah satu kunci sukses untuk mendapatkan keberhasilan adalah dengan bersikap baik kepada orang lain. Jika kamu ingin sukses, kamu bisa berbuat baik dengan membantu pasien yang kesulitan biaya pengobatan. Caranya gampang sekali. Kamu cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Cherry, K. (2020). 6 Steps for Success in Life. Diambil kembali dari verywellmind.com.

Dronen, C. (2020). How To Be Successful In Life – 10 Powerful Keys. Diambil kembali dari finallyfamilyhomes.org.What does success mean to you? (2018). Diambil kembali dari torrens.edu.au.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *