Kode ICD 10 Anemia Nutrisional, Hemolitik, dan Aplastik

Kode ICD 10 Anemia Nutrisional, Hemolitik, dan Aplastik

Penyakit anemia atau kekurangan darah sering menyerang banyak orang. Tak jarang penderita berobat ke dokter untuk menyembuhkan penyakitnya. Walaupun penyakit ini cukup familier, masih banyak orang yang belum tahu tentang penggunaan kode ICD 10 pada penyakit anemia. 

Kode ini digunakan saat proses entri data, baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ataupun Pcare BPJS. Ingin tahu lebih detail tentang kode penyakit anemia ini? Simak penjelasannya.

Daftar isi:

  1. 1. Penyakit Anemia
  2. 2. Kode ICD 10 Anemia

Klik Untuk Donasi - Hidup Nenek Isah Bergantung pada Mesin Cuci Darah Akibat Alami Gagal Ginjal Kronis Stadium 5!
  1. Terdanai Rp.552,000
  2. Pencapaian 3.20%
  3. Donatur 11

Penyakit Anemia

Sering terkena anemia? Penyakit anemia merupakan penyakit di mana kondisi jumlah sel darah merah yang berfungsi baik lebih rendah dari jumlah normal. Oleh karena itu, penyakit ini sering disebut penyakit kurang darah. 

Anemia dapat terjadi ketika hemoglobin dalam sel-sel darah merah mengalami kekurangan. Hemoglobin merupakan protein yang mengandung zat besi dan berperan dalam membantu sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh.

Ketika organ-organ dalam tubuh kekurangan oksigen, wajah penderitanya akan menjadi pucat. Penderita anemia juga akan mudah lelah disertai pusing, sesak napas, hingga sakit kepala.

Kode ICD 10 Anemia

Saat pasien berobat penyakit anemia, dokter akan melakukan diagnosis. Apalagi penyakit kurang darah ini memiliki jenis-jenis yang berbeda. Diagnosis tersebut sering menggunakan kode ICD 10 untuk penyakit anemia. 

ICD 10 Anemia Nutrisional

Penyakit jenis anemia nutrisional terjadi ketika terjadi defisiensi mineral zat besi dalam tubuh. Ketika terjadi kekurangan zat besi, tubuh akan sulit memproduksi hemoglobin yang cukup untuk sel darah merah. 

Selanjutnya, pola makan yang buruk dan donor darah yang sering juga menyebabkan terjadinya kekurangan zat besi. Jadi, untuk penyakit anemia nutrisional dimulai dari kode D50 sampai kode D53. Berikut ini adalah penjelasan dari kode-kode tersebut.

  • D50 merupakan kode untuk penyakit anemia defisiensi zat besi
  • D51 merupakan kode untuk penyakit anemia kekurangan vitamin B12
  • D52 merupakan kode untuk penyakit anemia defisiensi asam folat
  • D53 merupakan kode untuk penyakit anemia nutrisi lainnya

ICD 10 Anemia Hemolitik

Pasien anemia hemolitik biasanya memiliki kondisi kelainan darah di mana sel darah merah lebih cepat dihancurkan (hemolisis) daripada produksinya. Penyakit anemia hemolitik juga merupakan penyakit bawaan (penyakit genetik).

Penyakit anemia jenis ini biasanya disertai beberapa gejala, seperti pusing, kulit pucat, demam, lelah, dan lemah. Untuk penyakit anemia hemolitik dimulai dari kode D55 sampai kode D59. Berikut ini merupakan penjelasan dari kode-kode tersebut.

  • D55 merupakan kode untuk penyakit anemia karena gangguan enzim
  • D56 merupakan kode untuk penyakit talasemia
  • D57 merupakan kode untuk penyakit anemia sickle cell
  • D58 merupakan kode untuk penyakit anemia hemolitik herediter lainnya
  • D59 merupakan kode untuk penyakit anemia hemolitik didapat

Menuju Indonesia Sehat, Merata

ICD 10 Anemia Aplastik

Penyakit anemia aplastik merupakan penyakit kelainan gagal sumsum tulang yang langka. Kondisi ini bisa terjadi ketika sumsum tulang berhenti memproduksi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit yang cukup. 

Anemia aplastik dapat disebabkan oleh infeksi virus, paparan kronis bahan kimia beracun, infeksi virus, kelainan genetik, atau penggunaan obat-obat tertentu. Adapun kode yang digunakan untuk penyakit anemia aplastik adalah sebagai berikut:

  • D60 merupakan kode untuk penyakit aplasia sel darah merah murni (erythroblastopenia)
  • D61 merupakan kode untuk penyakit anemia aplastik dan sindrom kegagalan sumsum tulang lain
  • D62 merupakan kode untuk penyakit anemia akut akibat perdarahan
  • D63 merupakan kode untuk anemia pada penyakit kronis
  • D64 merupakan kode untuk jenis penyakit anemia lainnya

Inilah penjelasan mengenai kode ICD 10 penyakit anemia untuk membantu proses entri di FKTP atau Pcare BPJS. Semoga informasi ini membantu kamu untuk lebih paham tentang anemia dan kode yang digunakan.

Saat ini banyak pasien yang mengalami kesulitan untuk berobat. Penyebabnya adalah karena kekurangan biaya. Di WeCareid, kamu bisa melakukan donasi dan penggalangan dana secara online untuk mereka yang memiliki penyakit parah. Agar lebih mudah, kamu bisa kunjungi situs web atau unduh aplikasi WeCare.id untuk donasi online. Yuk, kita bantu pasien yang membutuhkan biaya berobat.

Klik Untuk Donasi - Bertahan Hidup dengan Mesin Cuci Darah, Ibu Desi Sangat Mengharapkan Bantuanmu!
Gagal Ginjal Kronis
Desy Arizandi
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,166,000
  2. Pencapaian 9.02%
  3. Donatur 59

Referensi

Kode BPJS. (2021). Kode ICD 10 Anemia 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan. Diakses pada 19 Agustus 2021, dari https://www.kodebpjs.com/kode-icd-10-anemia/

Zuhdy. (2019, 6 Desember). ICD 10 Anemia. Diakses pada 19 Agustus 2021, dari https://kedokteran-kesehatan.blogspot.com/2019/12/kode-icd-10-anemia.html

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *