Perangi Varian Delta Dengan Jenis Masker Wajah Ini

Perangi Varian Delta Dengan Jenis Masker Wajah Ini

Masyarakat Indonesia saat ini sedang dihebohkan dengan berkembangnya kasus Covid-19 varian baru. Virus varian delta ini dianggap lebih ganas dan berpotensi lebih menular daripada varian sebelumnya. Karena itu kamu harus mengetahui cara melindungi diri seperti memahami jenis-jenis masker wajah yang dapat membantumu menjaga diri dari Covid-19 varian baru.

Klik Untuk Donasi - Saling Bantu Untuk Indonesia Sehat
  1. Terdanai Rp.1,225,453,000
  2. Pencapaian 61.27%
  3. Donatur 86

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Covid-19 Republik Indonesia per 8 Juli 2021 menunjukkan jumlah kasus positif mencapai 2,4 juta jiwa. Dari beberapa varian Covid-19, varian delta dianggap berpotensi menjadi varian dominan. Balitbangkes mengungkapkan  bahwa dari lima varian Covid-19 yang masuk ke Indonesia, varian delta menjadi penyebab dalam 436 kasus positif, dari 553 kasus.

Mengingat kasus positif Covid-19 varian delta yang meningkat akhir-akhir ini, tenaga medis tentunya menjadi pihak yang langsung berinteraksi dengan para pasien Covid-19. Mari kita bantu keselamatan para tenaga medis tersebut dengan mendonasikan alat pelindung diri yang tepat dan sesuai dengan standar keselamatan, melalui program donasi APD dari WeCare, seperti donasi untuk membeli masker surgical 3 lapis, masker N95, dan latex gloves.

Jenis jenis masker wajah untuk menangkal varian baru

Saat ini ramai diperbincangkan mengenai jenis masker wajah tipe N95 dan KN95 yang diyakini mampu menangkal virus varian baru ini. Bahkan protokol kesehatan di masa PPKM menyarankan agar masyarakat menggunakan masker ganda setiap beraktivitas keluar rumah.

Ada beberapa jenis masker wajah yang bisa Kamu gunakan untuk melindungi dirimu, yaitu

Masker N95

Masker yang satu ini dianggap sebagai masker terbaik dalam menyaring berbagai partikel dan virus yang berbahaya bagi tubuh.

Masker bedah

Masker bedah dapat memberikan perlindungan hingga 70%. Namun pastikan masker bedah yang Kamu gunakan terdiri dari 2-3 lapisan bahan polypropylene sehingga dapat memberikan perlindungan ekstra.

Masker KN95/KF94

Masker yang satu ini memiliki tingkat perlindungan yang sebanding dengan jenis masker wajah N95. Masker ini mampu menyaring hingga 99% partikel jahat dan virus yang dapat membahayakan tubuh.

Masker ganda

Sesuai dengan anjuran pemerintah, penggunaan masker ganda dapat meningkatkan perlindungan bagimu yang beraktivitas di luar rumah. Namun jangan gunakan 2 lapis masker bedah atau masker kain, melainkan kombinasi dari kedua jenis masker wajah tersebut. Dengan begitu, partikel dan virus yang tidak tersaring oleh masker kain, akan dengan mudah tersaring masker bedah. Selain itu, masker kain juga dapat menutupi bagian masker bedah yang tidak menempel erat pada wajah, sehingga meningkatkan perlindungan Kamu.

Klik Untuk Donasi - Kurban Mudah Bersama Superqurban
  1. Terdanai Rp.166,000
  2. Pencapaian 5.32%
  3. Donatur 5

Perlukah Kamu mengganti masker?

Dilansir dari Hopkins Medicine, kamu tidak perlu menggunakan masker ganda atau berganti pada jenis masker wajah tipe N95 untuk melindungimu dari varian baru. Protokol kesehatan untuk mencegah penularan tetap sama untuk semua jenis varian virus.

Namun saat memilih jenis jenis masker wajah yang ingin digunakan, pastikan:

  • Digunakan dengan tepat dan konsisten. Masker yang sering diturunkan agar kamu bisa leluasa bernapas atau berbicara, atau dipasang di bawah hidung, bukanlah cara menggunakan masker yang tepat.
  • Masker menutupi wajah dengan sempurna, tanpa ada celah sedikit pun. Pastikan udara yang kamu hirup dan hembuskan tersaring langsung melalui masker.
  • Jenis masker wajah yang baik memiliki beberapa lapisan agar dapat menyaring udara dan droplet dengan baik.
  • Masker memiliki pelat pada bagian pangkal hidung sehingga masker menempel pada wajah dan mencegah kacamata berembun.
  • Masker nyaman digunakan tanpa kamu harus menyesuaikannya beberapa kali saat memakainya.

Kamu tidak perlu selalu menggunakan masker bedah. Jenis masker wajah yang terbuat dari kain juga bisa Kamu gunakan, dengan syarat:

  • Terbuat dari bahan yang tebal dan memiliki kerapatan benang yang padat, seperti bahan katun
  • Bahan kain yang elastis tidak ideal digunakan sebagai bahan masker
  • Periksa kerapatan benang dengan menerawang bahan tersebut ke sumber cahaya. Semakin sedikit lubang yang kamu lihat, semakin baik bahan kain tersebut dapat menyaring droplet
  • Selain harus dapat menahan droplet dengan baik, pastikan bahan masker yang kamu pilih bisa membuat kamu bernapas dengan leluasa.

Untuk memastikan agar kamu dan orang-orang terdekat tetap terlindungi selama pandemi ini, pastikan untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang ketat. 

  1. Selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun atau setidaknya menggunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol
  2. Selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan atau saat harus bekerja di dalam ruangan yang ramai
  3. Selalu jaga jarak dan hindari kerumunan, khususnya di area tertutup
  4. Melakukan dua kali vaksin. Vaksin yang Kamu dapatkan dapat membantu tubuh untuk memerangi serangan virus varian delta.

Sambil terus menjaga kesehatanmu dan orang-orang di sekitarmu, yuk bantu tenaga medis di garda depan dengan berdonasi APD yang sesuai dengan standar WHO melalui WeCare. 

Klik Untuk Donasi - Bengkak diseluruh Tubuh Akibat Kerusakan Ginjal, Rakka Sangat Mengharapkan Bantuanmu!
Sindrom Nefrotik, Edema Anasarka
Rakka Saputra
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.3,106,000
  2. Pencapaian 17.77%
  3. Donatur 32

Referensi

Azizah, K. N. (2021, Juli 8). Beredar Penampakan Virus Corona Varian Delta, Biang Kerok Pandemi Saat Ini. Diambil kembali dari https://health.detik.com/

Lisa Lockerd Maragakis, M.D., M.P.H. (2021, Mei 13). Coronavirus Face Masks & Protection FAQs. Diambil kembali dari https://www.hopkinsmedicine.org/

Michael W. Smith, MD . (2021, Juni 18). The COVID-19 Delta Variant: What to Know. Diambil kembali dari https://www.webmd.com/

Nania, R. (2021, Juli 2021). 7 Things to Know About the Delta Variant. Diambil kembali dari https://www.aarp.org/Prihatini, Z. (2021, Januari 27). 4 Jenis Masker yang Diklaim Efektif Tangkal COVID-19. Diambil kembali dari https://health.detik.com/

Sumber Featured Image : leo2014 dari Pixabay 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *