Panduan Menjalankan Penyembelihan Hewan Kurban

Panduan Menjalankan Penyembelihan Hewan Kurban

Tak terasa sebentar lagi umat muslim akan menjalani ibadah kurban di bulan Juli 2021 ini. Untuk memastikan kamu dapat menjalankan ibadah kurban dengan benar, ikuti panduan lengkap proses penyembelihan hewan kurban berikut ini.

Daftar isi:

  1. 1. Panduan berkurban
  2. 2. Kurban di masa pandemi

Klik Untuk Donasi - KURBANESIA: Berbuat kebaikan dan kurban online #dariRUMAHaja!
  1. Terdanai Rp.51,719,321
  2. Pencapaian 17.24%
  3. Donatur 34


Panduan berkurban

Dalam Islam, setiap langkah dalam proses kurban memiliki makna, baik secara spiritual maupun secara ilmiah. Karena itu sangat dianjurkan untuk mengikuti langkah yang tepat.

Memilih hewan untuk kurban

Hewan  yang akan dikurbankan hanya boleh menggunakan adalah hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, dan unta. Dalam kondisi tertentu, hewan lain seperti kerbau juga dapat digunakan untuk berkurban. Sebelum melakukan penyembelihan, pastikan hewan kurban sudah melalui proses pemeriksaan kesehatan.

Perlakukan hewan dengan lembut

Disarankan untuk mengikat hewan kurban di lokasi penyembelihan sehari sebelumnya. Pastikan juga hewan tersebut diberi pakan dengan baik. Pada hari penyembelihan, hewan kurban tidak boleh melihat hewan lain yang sedang disembelih agar tidak mengalami stres.

Hadapkan hewan kurban ke arah kiblat

Sebelum dilakukan pemotongan, sangat dianjurkan untuk membaringkan hewan kurban hingga rusuknya menyentuh tanah dan bagian kepalanya menghadap kiblat.  Saat membaringkannya, gunakan metode yang tidak menyakiti hewan kurban.

Lakukan penyembelihan dengan cepat dan manusiawi

Proses penyembelihan dalam Islam sangat menekankan untuk tidak mengakibatkan hewan kurban terlalu menderita. Sebelum menyembelih, gunakan pisau yang tajam. Tapi jangan mengasah pisau di depan hewan kurban.

Ucapkan basmalah, shalawat, dan tiga kali takbir, kemudian sembelih hewan kurban. Pastikan pembuluh darah dan tenggorokan hewan kurban langsung terpotong saat pertama menyembelihnya.

Disarankan bagi kamu yang melakukan kurban untuk menyembelih sendiri hewan kurbanmu, kecuali anak-anak dan wanita yang sedang mengalami menstruasi. Tapi jika kamu tidak yakin bisa melakukannya, serahkan saja pada ahlinya.

Tunggu hingga hewan berhenti bergerak

Setelah disembelih, tunggu antara 10 hingga 15 menit hingga hewan kurban berhenti bergerak untuk memastikan hewan tersebut sudah mati. Baru kemudian proses pemotongan daging dan tulang dapat dilakukan. Seluruh bagian tubuh kurban akan dibagikan kepada yang berhak, setelah sepertiga bagiannya diserahkan bagi yang berkurban.

Distribusi

Beberapa hari jelang hari raya Idul Adha, masjid dan petugas setempat akan mendata orang-orang yang berhak mendapatkan daging kurban. Jika daging kurban berlebih, paket dapat dibagikan kepada warga lainnya di sekitar lingkungan.

Jika kamu ingin daging kurbanmu bisa terdistribusikan kepada yang benar-benar membutuhkan, kamu bisa mengikuti kurban online bersama Wecare.id. WeCare.id bekerja sama dengan Dompet Dhuafa kembali membuka kurban online melalui Kurbanesia. Kurbanmu akan disalurkan hingga ke pelbagai pelosok tanah air.

Klik Untuk Donasi - Berbagi dengan program Qurban Pelosok
  1. Terdanai Rp.41,000
  2. Pencapaian 0.07%
  3. Donatur 7

Kurban di masa pandemi

Hari Raya Idul Adha tahun ini akan jatuh ada tanggal 20 Juli. Namun, mengingat pelaksanaan ibadah kurban kali ini masih berada dalam kondisi pandemi Covid-19, Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2021 mengenai pelaksanaan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan kurban.

Surat edaran Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2021 memberikan ketentuan mengenai pelaksanaan ibadah kurban dan Shalat Idul Adha tahun ini. Untuk panduan ibadah kurban berikut informasinya.

Pelaksanaan kurban harus mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  • Waktu penyembelihan hewan kurban dilakukan selama tiga hari untuk menghindari kerumunan warga di lokasi penyembelihan hewan kurban.
  • Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia (RPH-R).
  • Apabila  kapasitas RPH-R terbatas, pemotongan dapat dilakukan di tempat lain, seperti di Kurbanesia, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat.
  • Proses pemotongan, pengulitan, pencacahan daging dan distribusi daging hewan kurban dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan.
  • Penyembelihan hewan kurban hanya dilakukan oleh panitia dan disaksikan pihak yang berkurban saja.
  • Distribusi daging kurban dilakukan panitia ke rumah masing-masing warga dengan meminimalkan kontak fisik.

Di masa pandemi ini banyak saudara-saudara yang benar-benar membutuhkan, tapi tidak bisa merasakan kebahagiaan mendapatkan daging kurban. Namun, melalui Kurbanesia, pendistribusian daging kurban akan lebih merata. Untuk memastikan agar ibadah kurbanmu berjalan dengan lancar sesuai dengan  protokol kesehatan dan kurbanmu sampai pada yang benar-benar membutuhkan, percayakan kurbanmu hanya pada Kurbanesia. 

Rayakan kebahagiaan kurban bersama saudara kita yang kurang beruntung di seluruh pelosok tanah air

Referensi

Idhom, A. M. (2021, Juni 23). Panduan Sholat Idul Adha 2021 & Kurban saat Pandemi Sesuai SE Menag. Diambil kembali dari https://tirto.id/Naqiuddin, A. (2020, Juli 31). A Step by Step Guide to the Qurban Process. Diambil kembali dari https://www.airasia.com/