Hukum Kurban Online, Berikut Penjelasannya!

Hukum Kurban Online, Berikut Penjelasannya!

Kecanggihan teknologi telah merambah berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam hal berkurban. Namun, seperti apakah hukum kurban online? Apakah diperbolehkan dalam Islam? Mari kita simak penjelasannya.

Perbincangan mengenai hukum kurban sering kali menjadi bahan yang hangat diperbincangkan jelang Hari Raya Idul Adha. Bahkan muncul pro kontra seputar topik ini. Apalagi saat ini banyak lembaga yang menawarkan layanan untuk berkurban secara online.

Berbagi Kurban untuk Kebaikan. Kurban Mulai dari 1,6 Juta!

Kamu juga mungkin salah satu yang tertarik untuk menggunakan jasa kurban online ini. Tapi apakah kamu masih ragu untuk menggunakan jasa tersebut? Jika kamu membaca artikel ini, mungkin kamu juga sedang mencari tahu mengenai informasi hukum kurban online. Jadi, silakan lanjutkan membaca.

Daftar isi:

  1. 1. Hukum kurban online
  2. 2. Manfaat kurban online

Hukum kurban online

Saat melakukan kurban secara online ada beberapa masalah yang muncul sehingga memicu pro kontra. Yang pertama adalah memberikan sejumlah uang kepada pihak lain untuk menyelenggarakan kurban atas nama pekurban. Persoalan lainnya yang muncul adalah penyembelihan hewan kurban yang tidak dilakukan di area tempat tinggal si pekurban.

Secara syariah, hukum kurban online diperbolehkan, yaitu dengan mewakilkan urusan pembelian, penyembelihan, pencacahan daging, hingga pendistribusian hewan kurban. Akad yang dilakukan adalah akad wakalah, artinya pekurban mewakilkan urusan kurban pada pihak lain, baik tanpa maupun dengan upah.

Diperbolehkannya wakalah dalam proses kurban didasarkan pada Hadits dari Jabir bin Abdillah RA bahwa Rasulullah SAW menyembelih 63 ekor hewan kurban miliknya sendiri dengan tangannya sendiri. Kemudian beliau menyerahkan hewan kurban sisanya untuk disembelih oleh Ali (HR Muslim, no 1218).

Berdasarkan Ibnu Qudamah, Al Mughni, ulama sepakat tentang dibolehkannya wakalah atas hajat yang perlu perwakilan karena setiap individu tidak mungkin mengurus segala keperluannya sendiri. Karena itu ia membutuhkan perwakilan untuk hajatnya.

Lalu bagaimana hukumnya jika daging hewan kurban dibagikan di luar tempat tinggal pekurban? Dalam kitab Hawi Al Kabir (15/75), Imam Al Mawardi menyatakan bahwa mengeluarkan daging dari wilayah tempat tinggal pekurban tidak dilarang. Jadi, walaupun lebih diutamakan untuk berbagi daging kurban ke warga di sekitar tempat tinggalmu, membagikannya ke daerah lain juga masih diperbolehkan.

Salah satu lembaga yang memiliki program kurban online ini adalah Wecare.id yang bekerja sama dengan Dompet Dhuafa. Dengan berkurban melalui Kurbanesia Wecare.id, kamu kamu bisa memastikan kualitas hewan kurbanmu karena proses quality control di Wecare.id dilakukan secara ketat sejak dari 2 bulan sampai H-1 Hari Idul Adha. Kamu juga akan menerima notifikasi mengenai tempat pemotongan juga ketika kurban telah diterima oleh penerima manfaat. Selain itu, Kurbanesia selalu memastikan paket kurbanmu disalurkan pada pihak-pihak yang membutuhkan.

Klik Untuk Donasi - KURBANESIA: Berbuat kebaikan dan kurban online #dariRUMAHaja!
  1. Terdanai Rp.51,719,321
  2. Pencapaian 17.24%
  3. Donatur 34

Manfaat kurban online

Selain praktis, melakukan kurban secara online memiliki berbagai manfaat. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan antara lain:

Hewan kurban yang berkualitas

Salah satu syarat untuk melakukan kurban adalah dengan memilih hewan kurban yang sehat dan tidak memiliki cacat. Lembaga kurban online seperti Kurbanesia berkomitmen untuk memberikan hewan kurban yang memenuhi syarat sehingga  Anda dapat mempercayakan seluruh proses kurban pada Kurbanesia.

Transparansi laporan

Lembaga yang terpercaya akan selalu memberikan informasi terbaru mengenai proses kurban yang akan dilakukan. Jadi kamu bisa memastikan apakah hewan kurban yang kamu pilih sesuai dengan pesanan, bagaimana proses penyembelihannya, pencacahan daging, hingga lokasi pendistribusian paket kurban yang detail.

Distribusi pada pihak yang membutuhkan

Dalam pendistribusian paket kurban, lembaga kurban online biasanya akan memprioritaskan wilayah-wilayah miskin, daerah tertinggal, lokasi tertimpa bencana atau wilayah yang rawan konflik. Penyaluran daging kurban ke wilayah-wilayah tersebut tentunya dapat  menjadi bantuan yang sangat bernilai bagi warga setempat.

Pemberdayaan peternak setempat

Lembaga kurban online biasanya akan  bekerja sama dengan peternak lokal untuk memastikan kurbanmu berjalan dengan lancar dan sesuai syariat. Dengan begitu, secara tidak langsung, kamu telah membantu peternak lokal untuk dapat tetap menjalankan usahanya.

Di zaman yang serba canggih ini, tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan teknologi untuk melakukan ibadah kurban. Terlebih hukum kurban online diperbolehkan oleh syariat. Memang ada beberapa hal yang tidak bisa kamu dapatkan layaknya saat melakukan kurban secara konvensional. Namun, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lainnya.

Jika kamu masih kebingungan untuk menemukan lembaga yang menyediakan layanan kurban online, serahkan segala kebutuhan kurbanmu pada Kurbanesia. Dengan berbagai fasilitas dan kelebihannya, Kurbanesia memastikan bahwa kurbanmu berjalan dengan lancar dan disalurkan pada mereka yang benar-benar membutuhkan.

Di momen Idul Adha tahun ini, mari tebar kebaikan dengan berbagi hasil kurbanmu kepada mereka yang membutuhkan melalui Kurbanesia. Semoga kurbanmu tahun ini dapat meringankan beban mereka yang terdampak pandemi Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia.

Referensi

Assalim. (2020, Juli 12). Hukum Qurban Online. Diambil kembali dari https://assalim.id/

Baits, A. N. (t.thn.). Hukum Kurban Online. Diambil kembali dari https://konsultasisyariah.com/Ramadhani, M. (2019, Juli 19). Hukum Kurban Online yang Bikin Hidup Aman dan Mudah. Diambil kembali dari https://zakat.or.id/