Tips Agar Berat Badan Stabil Saat Libur Lebaran

Tips Agar Berat Badan Stabil Saat Libur Lebaran

Biasanya setelah bulan Ramadan dan libur lebaran, orang-orang mengeluhkan soal pola makan mereka yang jadi tak sehat sehingga dampaknya berat mereka naik. Herbalife Nutrition pada bulan April 2019 melakukan survei tentang “Holiday Eating Survey” di 11 negara Asia Pasifik juga Indonesia. Adapun survei ini dilakukan pada 5000 responden. Hasilnya diketahui bahwa rata-rata kenaikan berat badan yang dilaporkan oleh para responden sekitar 6 kilogram. Angka ini merupakan angka kenaikan tertinggi jika dibandingkan dengan beberapa perayaan lain, seperti Natal, Tahun Baru, dan Deepavali.

Klik Untuk Donasi - Bantu Makanan Bergizi Untuk Anak di Pedalaman Papua
  1. Terdanai Rp.192,000
  2. Pencapaian 0.11%
  3. Donatur 7

Bukan hanya pola makan serta tidur yang berubah selama puasa, kekurangan asupan makanan juga dehidrasi mengakibatkan metabolisme tubuh kita jadi melambat sehingga penggunaan energi jadi tidak efisien menurut Andam Dewi, Senior Director and General Manager Herbalife Nutrition Indonesia. Kesulitan melakukan aktivitas olahraga serta fisik lainnya saat Ramadan jadi faktor yang juga menjadikan berat badan naik.

Lalu, bagaimana cara untuk menghindarinya? Godaannya sangat besar karena banyak makanan lezat yang umumnya memiliki kandungan gula dan kalori yang tersaji selama lebaran. Jangan khawatir, berikut ini tips untuk supaya berat badan stabil saat libur lebaran.

Daftar isi:

  1. 1. Jangan Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Berlemak
  2. 2. Batasi Porsi Makan
  3. 3. Perbanyak Makan Sayuran
  4. 4. Pilih Air Putih, Hindari Minuman Bersoda dan Manis Lainnya
  5. 5. Perbanyak Makan Buah
  6. 6. Jangan Lupa Berolahraga

Jangan Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Berlemak

Selama lebaran, banyak makanan yang bersantan dan juga beragam olahan daging tersaji di meja makan. Ini tentunya sangat menggoda. Namun, perlu diingat bahwa meskipun makanan ini lezat tapi jika dikonsumsi berlebihan dapat mengakibatkan masalah kesehatan juga berat badan naik.

Oleh karena itu, pastikan untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung santan dan olahan daging-dagingan. Agar tetap sehat, imbangi konsumsi makanan ini dengan makanan sehat yang lain, seperti buah-buahan atau sayur-sayuran. 

Batasi Porsi Makan

Memang tidak bisa dipungkiri saat melihat ketupat, rendang atau opor ayam, kita tak akan tahan untuk tidak mencicipinya. Terkadang, saking enaknya kita jadi lupa diri dan terus nambah. Jika tidak dibatasi, bisa dipastikan berat badan akan naik.

Kalau ingin menjaga berat badan agar tetap normal selama dan sesudah lebaran, batasi mengkonsumsi makanan tersebut. Jangan makan berlebihan. Saat ingin mencobanya, ambilah makanan tersebut dalam porsi kecil.  

Perbanyak Makan Sayuran

Selama porsi makannya tetap seimbang, tak ada salahnya kalau makan besar. Akan lebih baik jika porsi sayuran lebih banyak dibandingkan menu yang mengandung banyak santan dan daging. Serat yang terkandung dalam sayuran bagus untuk pencernaan juga akan membuat kita cepat merasa kenyang. Ini tentunya akan menghindarkan kita dari mengkonsumsi makanan terlalu banyak.

Pilih Air Putih, Hindari Minuman Bersoda dan Manis Lainnya

Saat lebaran, banyak minuman yang mengandung soda dan gula tersedia di rumah. Jika tak bisa menahan diri, badan kita bisa jadi gemuk karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman tersebut akan membuat tubuh jadi mudah gemuk. Sebaiknya konsumsi air putih lebih banyak dibanding minuman bersoda atau manis lainnya. Jika ingin mengkonsumsi minuman tersebut, sebaiknya secukupnya saja.

Jihan Bocah 2 tahun Alami Keterlambatan Tumbuh Kembang dan Gangguan Pendengaran

Perbanyak Makan Buah

Kue-kue lebaran meskipun kecil tetapi jika dikonsumsi tanpa batasan akan bisa membuat berat badan kita menjadi bertambah. Sebaiknya, batasi konsumsi kue-kue tersebut dan perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan segar, contohnya jeruk, papaya, pisang, apel, dan masih banyak lagi. Dengan demikian berat badan stabil selama lebaran.

Jangan Lupa Berolahraga

Libur lebaran bukan berarti berhenti berolahraga. Justru saat libur lebaran kita harus tetap melakukan olahraga supaya tubuh tetap terjaga metabolismenya dan kita tetap sehat. Saat lebaran pastinya kita banyak mengkonsumsi makanan tinggi kalori dan lemak. Semua itu harus dibakar agar tidak membuat tubuh jadi tidak sehat. Olahragalah secara rutin. Tidak perlu lama-lama tetapi rutin setiap hari. 

Lebaran memang banyak godaannya. Salah satunya adalah makanan-makanan yang lezat yang jika tidak dikontrol konsumsinya bisa mengakibatkan kenaikan berat badan. Tetap jaga pola makanan sehat dan juga jangan lupa untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Infaq Nutrisi ke Seluruh Indonesia
  1. Terdanai Rp.26,000
  2. Pencapaian 0.00%
  3. Donatur 3

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Inilah Cara Agar Berat Badan Tetap Normal Setelah Lebaran. (2019). Diambil kembali dari cermati.com.

Makan Tak Dikontrol, Berat Badan Naik 6 Kilogram Usai Lebaran. (2019). Diambil kembali dari lifestyle.kompas.com.

Untari, G. (2020). Ini 6 Cara Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Lebaran! Diambil kembali dari cosmopolitan.co.id.