Tak Bisa Mudik? Yuk Silaturahmi Virtual Aja!

Tak Bisa Mudik? Yuk Silaturahmi Virtual Aja!

Kondisi Covid-19 di India saat ini membuat pemerintah semakin mengetatkan pembatasan pergerakan manusia, salah satunya dengan mengeluarkan peraturan tentang larangan mudik. Orang-orang kembali tidak bisa mudik untuk menemui keluarga di tahun ini. Namun, itu bukan berarti kita tidak bisa bersilaturahmi dengan keluarga di kampung atau di daerah lain. Berkat kemajuan teknologi, silaturahmi kini bisa dilakukan secara virtual. Bahkan pertemuan keluarga versi virtual ini sudah diperbolehkan oleh MUI yang tertuang di dalam fatwa MUI. Kalau ingin berkunjung ke tetangga secara langsung untuk halal bihalal, kita diingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan serta mengikuti kebijakan pemerintah.

Berbagi Berkah Ramadan untuk 1000 Anak Yatim di 30 Panti Asuhan

Daftar isi:

  1. 1. Manfaat Silaturahmi Virtual
  2. 2. Tips melakukan silaturahmi virtual

Manfaat Silaturahmi Virtual

Mengapa kita perlu melakukan silaturahmi di masa pandemi Covid-19 ini? Ternyata halal bihalal secara virtual ini bagus untuk kita karena kita tetap bisa saling maaf-memaafkan. Menurut laman situs Lifehack, ada beberapa manfaat dari saling memaafkan untuk kesehatan juga hidup kita.  

1. Mengurangi Stres

Stres merupakan salah satu penyakit yang bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan kita. Risiko stres bisa berkurang dengan saling memaafkan. Selain itu, kita juga akan lebih sehat. Dari penelitian terbaru terhadap 338 orang dewasa, hasilnya menunjukkan bahwa memaafkan bisa mengurangi stres juga kondisi mental jadi lebih baik. Penelitian lain memperlihatkan bahwa memaafkan atau mengampuni orang lain bisa menghilangkan stres juga penyakit mental. Namun, bila kita tidak memaafkan maka kita akan berisiko menderita stres.

2. Mengurangi Depresi serta Niat Bunuh Diri

Memendam kebencian, rasa sakit juga amarah yang terus-menerus bisa merusak kesehatan mental. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa “terapi memaafkan” dengan tujuannya mendorong orang supaya lebih mudah memaafkan bisa membantu dalam mengurangi depresi. Tak hanya itu, tingkat depresi serta bunuh diri juga bisa menurun dengan memaafkan diri sendiri. Agar kesehatan mental dan suasana emosi jadi lebih baik, di saat silaturahmi virtual, cobalah untuk memaafkan diri sendiri juga orang lain.

3. Menjaga Kesehatan Hati dan Jantung

Berdasarkan hasil beberapa penelitian, tekanan darah dapat diturunkan, kerusakan jantung bisa dicegah, dan masalah yang diderita para pasien penyakit jantung juga bisa dikurangi dengan memberikan pengampunan serta memaafkan yang dilakukan secara ikhlas. Ada juga penelitian lain yang menunjukkan bahwa memaafkan atau memberi pengampunan kepada orang lain bisa meningkatkan fungsi jantung. Jadi, jangan lupa untuk saling memaafkan saat silaturahmi virtual nanti.

Klik Untuk Donasi - Hadirkan Keberkahan Ramadhan dengan Paket Pangan
  1. Terdanai Rp.902,000
  2. Pencapaian 1.56%
  3. Donatur 5

Tips melakukan silaturahmi virtual

Nah, sesudah tahu memaafkan, sekarang tinggal bersiap-siap melakukan silaturahmi virtual bersama saudara dan handai tolan. Kalau masih bingung, berikut tips untuk melakukan silaturahmi virtual di saat lebaran.

1. Pilih video call untuk silaturahmi

Hari raya Idul Fitri adalah waktunya untuk melakukan silaturahmi dengan saudara-saudara dan handai tolan. Jika sebelum pandemi Covid-19, kita akan mengunjungi keluarga lain atau keluarga lain yang berkunjung ke rumah kita, di saat sekarang semuanya tak mungkin untuk dilakukan dengan adanya larangan mudik. Namun tak berarti kita tak bisa berhalal bihalal. Kita bisa bertemu secara virtual menggunakan aplikasi yang menyediakan fitur video call yang bisa digunakan banyak pengguna. Aplikasi yang bisa digunakan untuk aktivitas ini contohnya WhatsApp, Zoom, Line, Google Hangouts atau Skype. Di momen ini kita bisa saling meminta maaf.

2. Awali dengan salam dan bertanya tentang kabar

Saat melakukan silaturahmi virtual, mulailah dengan salam dan bertanya tentang kabar anggota keluarga yang hadir dalam grup video call. Berikan kesempatan pertama untuk berbicara pada yang lebih tua. Baru setelahnya yang lebih muda dan kemudian saling bermaafan.

3. Makan bersama secara virtual

Untuk mengobati rasa kangen karena tidak bisa menyantap makanan lebaran secara bersama-sama, kita bisa makan bareng secara virtual. Kita bisa bertukar cerita tentang menu makanan yang dibuat hari tersebut. Ini bisa sedikit mengurangi rasa kangen makan bersama seperti lebaran sebelumnya. 

4. Pilih topik pembicaraan yang santai dan tambahkan humor

Saat melakukan silaturahmi secara virtual, cobalah untuk memilih topik pembicaraan yang santai dan jangan lupa selingi dengan humor agar suasana lebih cair dan tidak membosankan. Hindari pembicaraan yang membuat depresi agar silaturahmi menjadi lebih menyenangkan. 

Untuk lebih memeriahkan acara temu virtual tersebut, anak-anak bisa diminta untuk bernyanyi atau menari agar suasana terasa lebih dekat lagi. 

5. Jangan lupa senyum

Meskipun sedih karena tidak bisa mudik, jangan perlihatkan raut wajah yang sendu. Senyumlah dan pasti orang yang melihat kita akan membalas dengan senyuman juga. Dengan senyum yang tulus akan membuat kita bahagia dan itu berarti membantu meningkatkan imun tubuh.

Itulah tips untuk melakukan silaturahmi virtual bersama keluarga besar. Meski tak bisa pulang, bukan berarti tak bisa saling bermaafan. Sambil menunggu hari lebaran yang akan segera tiba, jangan lupa untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Bahagiakan Saudara di Pedalaman dengan Sedekah Paket Lebaran
  1. Terdanai Rp.20,000
  2. Pencapaian 0.03%
  3. Donatur 2

Referensi

Nurhanisah, Y. (2020). Silaturahmi ala Physical Distancing. Diambil kembali dari indonesiabaik.id.

Oktiani, V. (2020). Silaturahmi Virtual Yuk, Ini 5 Manfaat Memaafkan untuk Kesehatan dan Hidupmu. Diambil kembali dari wolipop.detik.com.

Pradana, D. (2020). Anti Sepi, Tips Silaturahmi Virtual Dengan Sanak Saudara. Diambil kembali dari alinea.mmtc.ac.id.

Rizky, F. (2021). Silaturahmi Halal Bihalal Idul Fitri Boleh Virtual atau Langsung, Ini Syaratnya. Diambil kembali dari jateng.inews.id.Sinuhaji, J. (2020). 5 Tips Silaturahmi Virtual di Tengah Pandemi Covid-19, Pilih Topik Santai dan Aplikasi di Antaranya. Diambil kembali dari pikiran-rakyat.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *