Mengenal Tipe Kotak P3K dan Isi di Dalamnya

Mengenal Tipe Kotak P3K dan Isi di Dalamnya

Kotak P3K adalah kotak, tas, atau kemasan yang menampung persediaan bahan atau alat yang digunakan untuk mengobati cedera ringan termasuk luka, goresan, luka bakar, memar, dan keseleo. Perlengkapan pertolongan pertama yang lebih rumit juga dapat mencakup perlengkapan bertahan hidup, persediaan darurat yang menyelamatkan jiwa atau barang-barang praktis seperti tisu basah atau obat flu dan influenza.

Alami Pembengkakan Jantung Akibat Tekanan Darah Tinggi, Bu Evi Butuh Pertolongan Segera!

Daftar isi:

  1. 1. Daftar Isi Kotak P3K
  2. 2. Tipe Kotak P3K/a>
  3. 3. P3K di Tempat Kerja Berdasarkan Peraturan Kemnaker No. PER.15/MEN/VIII/2008

Daftar Isi Kotak P3K

Kotak P3K biasanya selalu tersedia di rumah, sekolah juga tempat kerja. Penting agar kotak ini berisi bahan atau alat-alat penting yang diperlukan agar bisa menangai kecelakaan juga cedera ringan. Kotak ini harus dikunci dan disimpan di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari jangkauan anak-anak. Banyak orang juga menyimpan kotak P3K kecil di mobil mereka untuk keadaan darurat.

Kotak P3K dasar biasanya berisi barang-barang berikut ini:

  • plester dalam berbagai ukuran dan bentuk yang berbeda
  • perban kasa steril kecil, sedang dan besar
  • setidaknya 2 perban mata 
  • perban segitiga
  • perban gulung crêpe
  • peniti
  • sarung tangan steril sekali pakai
  • pinset
  • gunting
  • tisu pembersih bebas alkohol
    selotip
  • termometer (sebaiknya digital)
  • krim ruam kulit, seperti hidrokortison atau calendula
  • krim atau semprotan untuk meredakan gigitan dan sengatan serangga
  • krim antiseptik
  • obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol (atau parasetamol bayi untuk anak-anak), aspirin (tidak untuk diberikan kepada anak di bawah 16 tahun), atau ibuprofen
  • krim atau tablet antihistamin
  • air suling untuk membersihkan luka
  • cairan pencuci mata

Obat-obatan wajib diperiksa dengan teratur untuk mengetahui waktu kadaluarsanya supaya tetap aman untuk digunakan.  

Tipe Kotak P3K

Kotak P3K diklasifikasikan berdasarkan kemudahan untuk dibawa, ketahanan terhadap air, korosi, dan benturan, serta kemampuannya untuk dipasang di satu lokasi. Ada empat jenis kotak P3K.

Tipe I: Dimaksudkan untuk ditempatkan di satu tempat atau dipasang. Digunakan dalam ruangan umum, kantor, atau fasilitas pabrik. Paling cocok untuk ditempatkan di area yang minim kemungkinan terjadinya kerusakan isinya yang diakibatkan paparan lingkungan atau penanganan yang kasar.

Tipe II: Portabel dan harus memiliki pegangan untuk dibawa. Digunakan dalam ruangan seperti kantor atau fasilitas pabrik. Paling cocok untuk ditempatkan di area yang minim kemungkinan terjadinya kerusakan isi yang diakibatkan paparan lingkungan atau penanganan yang kasar. Umumnya tipe ini lebih kecil dan lebih murah dibandingkan kotak P3K lainnya

Tipe III: Portabel dan dimungkikan untuk dipasang. Untuk penggunaan mobile, dalam ruangan, dan luar ruangan yang terlindung. Harus memiliki segel tahan air. Paling cocok untuk ditempatkan di area yang minim kemungkinan terjadinya kerusakan isi yang diakibatkan paparan lingkungan.

Tipe IV: Portabel tetapi harus memiliki pilihan untuk dipasang. Digunakan untuk industri yang mobile, penggunaan dalam dan luar ruangan. Banyak ditemukan di industri konstruksi, industri utilitas, dan industri transportasi. Harus tahan air. Cocok untuk area yang mungkin dapat mengakibatkan kerusakan disebabkan oleh lingkungan dan penanganan yang kasar. Memenuhi persyaratan ketahanan terhadap korosi, kelembapan, dan ketahanan benturan

Klik Untuk Donasi - Mengalami Kelainan pada Sel Darah Merah, Dihan Butuh Pertolonganmu Segera!
Autoimmune Hemolytic Anemia (AIHA)
Dihan Justin Gilbert
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,223,114
  2. Pencapaian 14.32%
  3. Donatur 33

P3K di Tempat Kerja Berdasarkan Peraturan Kemnaker No. PER.15/MEN/VIII/2008

Kotak P3K dalam Pasal 8 ayat 1 b Peraturan Kemnaker tahun 2008 harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:

  • Dibuat dari bahan yang kuat serta mudah untuk dibawa, warna dasar kotak putih dan ada lambang P3K dengan warna hijau;
  • Kotak P3K hanya boleh diisi dengan bahan atau alat yang tertera pada lampiran II Peraturan Menteri ini yang diperlukan untuk pelaksanaan P3K di wilayah tempat kerja;
  • Kotak P3K harus ditempatkan di tempat yang dapat dilihat dan dijangkau dengan mudah, ada tanda arah yang jelas juga memiliki cukup cahaya. Selain itu mudah diangkat jika akan dipakai. Jumlah dan jenis kotak P3K harus disesuaikan dengan jumlah pekerja seperti yang tertera pada Lampiran III Peraturan Menteri. Di tiap lantai harus tersedia kotak P3K yang sesuai dengan jumlah pekerja. 

Isi Kotak P3K Berdasarkan Peraturan Kemnaker

Isi dari kotak Pertolongan Pertama pada Kecelakaan atau P3K di tempat kerja, tak jauh berbeda dari kotak P3K di rumah ataupun sekolah. Berikut ini adalah bahan dan alat yang terdapat dalam kotak P3K di tempat kerja berdasarkan Peraturan Kemnaker.

Jenis dan Jumlahk Kotak P3K berdasarkan Peraturan Kemnaker

Jenis maupun jumlah kotak Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di tempat kerja dibedakan berdasarkan jumlah pekerja. Rinciannya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Itulah informasi mengenai kotak P3K yang tampaknya jarang diperhatikan tetapi ternyata perannya sangat penting. Bahkan untuk kotak di tempat kerja diatur oleh peraturan Menteri Ketenagakerjaan. Sudah cek kelengkapan P3K di rumah? Jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Tingkatkan Gizi dan Imunisasi Anak Panti Asuhan di Ende dan Sumba
  1. Terdanai Rp.9,594,497
  2. Pencapaian 16.69%
  3. Donatur 117

Referensi

Dickson. (2015). Daftar Isi Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan). Diambil kembali dari produksielektronik.com.

Types of First Aid Kits. (t.thn.). Diambil kembali dari webstaurantstore.com.

What is a first aid kit used for? (2020). Diambil kembali dari mfasco.com.

What should I keep in my first aid kit? (2021). Diambil kembali dari nhs.uk.