Makanan Khas Lebaran yang Selalu Tersaji di Meja

Makanan Khas Lebaran yang Selalu Tersaji di Meja

Kalau bicara soal hari raya Idul Fitri, pasti tak akan jauh dari makanan khasnya. Beberapa makanan khas lebaran ini tak pernah absen hadir di meja makan. Makanan ini selalu ditunggu-tunggu oleh anggota keluarga saat bersantap bersama. Umumnya makanan ini berupa makanan berat dan kue-kue kering. Kira-kira apa saja makanan tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Klik Untuk Donasi - Bahagiakan Saudara di Pedalaman dengan Sedekah Paket Lebaran
  1. Terdanai Rp.62,000
  2. Pencapaian 0.08%
  3. Donatur 7

1. Ketupat

Makanan khas lebaran yang ada diurutan paling atas ini sangat terkenal dan ikonik dan dibuat dari beras juga ketan. Ini adalah makanan utama yang harus ada saat lebaran. Coba tebak? Ya, jawabannya adalah ketupat. Tanpa ketupat, lebaran jadi terasa tidak lengkap. Makanan ini juga mempunyai filosofi dan makna. Makna dari anyaman daun kelapa yang saling tumpang tindih tersebut menggambarkan kesulitan yang terkadang muncul dalam perjalanan hidup kita. Selain itu, dalam hidup ini sangat wajar jika manusia melakukan kesalahan. Adapun anyaman yang menyambung tanpa putus bermakna pentingnya silaturahmi. 

Ketupat dalam bahasa Jawa kependekan dari ngaku lepat serta laku papat. Arti dari ngaku lepat adalah mengakui kesalahan. Sementara laku papat berarti empat tindakan, yang meliputi lebaran atau usai, luberan atau meluber/melimpah, leburan, dan laburan atau labur/kapur.

2. Opor Ayam

Ketupat tidak akan enak tanpa dibarengi makanan khas lebaran yang satu ini, yaitu opor ayam. Hidangan ini selalu bersandingan dengan ketupat tepat di hari raya lebaran. Ini adalah salah satu menu yang tak pernah ketinggalan hadir di meja makan. Opor ayam, seperti namanya, berbahan dasar ayam yang dicampur dengan bumbu dan rempah dimasak dalam kuah yang diberi santan. Sebenarnya, opor bisa juga ditemui di hari-hari biasa. 

3. Rendang

Salah satu makanan terlezat versi CNN ini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan Gordon Ramsay, koki Michelin asal Inggris, sampai datang ke Sumatera Barat untuk belajar memasak makanan ini. Rendang merupakan makanan yang umum ditemui di restoran Padang. Daging yang digunakan untuk membuat rendang bisa daging sapi atau daging kerbau yang kemudian diberi rempah-rempah dan dimasak dengan santan. Waktu memasaknya lumayan lama. Rendang kini bahkan sudah dijual dalam bentuk kalengan sehingga bisa tahan lama dan dapat dibawa saat pergi ke luar negeri. 

4. Sambal Goreng Kentang Ati

Bagian dari ayam ini memang favorit untuk dijadikan teman sambal kentang goreng. Ati ayam biasanya dihidangkan juga dengan bubur ayam. Nah, sambal goreng kentang ati dibuat dari kentang yang dipotong dadu dan dicampur dengan ati ampela yang dipotong dalam bentuk yang sama. Ini adalah makanan khas lebaran yang juga banyak dicari. Untuk yang suka pedas, hidangan ini bisa diberi cabai agak banyak. Selain dengan ketupat, sambal goreng kentang ati juga bisa dinikmati dengan makanan lainnya. 

Asyila Belum Bisa Berjalan Akibat Menderita Penyakit Infeksi Bawaan!

5. Semur

Mirip dengan rendang tapi beda. Jika rendang cenderung kering, semur cenderung masih berkuah. Bahan dasarnya adalah daging sapi atau daging ayam dan kentang. Daging direbus terlebih dahulu kemudian dipotong-potong dan dimasak bersama bumbu-bumbu seperti bawang merah, kecap, pala, bawang putih, dan rempah lainnya. Selain daging dan kentang, semur juga bisa diisi dengan bahan lain, seperti telur, tempe, ikan, tahu, atau bahan lainnya sesuai selera masing-masing.

6. Kue Kering

Nah, ini adalah makanan khas lebaran lainnya yang juga tak boleh ketinggalan, kue-kue kering. Menjelang lebaran, para ibu biasanya akan sibuk membuat berbagai macam kue. Beberapa kue kering yang sering jadi langganan saat lebaran adalah kue nastar, kastengel, putri salju, sagu keju, lidah kucing, dan masih banyak lagi. Selain lebaran, kue-kue kering ini juga sering hadir saat perayaan Natal atau Imlek. Jika bertandang ke rumah tetangga, pasti kue-kue kering ini akan tersaji di meja ruang tamu.

7. Kacang Goreng

Camilan yang satu ini adalah makanan ringan yang enak juga jadi teman nonton atau ngobrol. Kacang goreng adalah makanan khas lebaran lainnya yang selalu dicari saat hari raya. Ada beberapa cara untuk mengolah kacang ini, contohnya digoreng. Bisa juga diberi santan dan bawang putih supaya rasanya lebih gurih.

Pasti sudah tidak sabar ingin segera mencicipi makanan khas lebaran tadi. Makanan-makanan tersebut memang selalu dinanti. Selain sibuk mempersiapkan makanan lebaran, jangan lupa untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Hadirkan Keberkahan Ramadhan dengan Paket Pangan

Referensi

Ini Dia Makanan yang Wajib Ada Saat Lebaran. (2019). Diambil kembali dari cermati.com.
Makanan Khas Lebaran. (2021). Diambil kembali dari zonamakan.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *