Inilah Langkah untuk Memiliki Imun Tubuh yang Kuat

Inilah Langkah untuk Memiliki Imun Tubuh yang Kuat

Di masa pandemi Covid-19 ini, orang-orang pasti berusaha keras untuk membuat imun tubuh mereka kuat. Imun yang kuat, selain penting untuk mencegah dan melawan penyakit, juga merupakan komponen kunci untuk menjalani hidup yang seimbang dan bahagia. 

Klik Untuk Donasi - GORRY BERBAGI | SEHAT BERSAMA, BANGKIT BERSAMA
  1. Terdanai Rp.8,031,500
  2. Pencapaian 23.28%
  3. Donatur 196

Tujuan utama sistem imun tubuh adalah untuk melindungi kita dari bakteri yang mengganggu dan terus-menerus menyerang tubuh kita, menghancurkannya agar lebih rentan terhadap cedera dan penyakit. Sistem imun kita adalah penjaga gerbang untuk apa yang masuk dan keluar dari tubuh. Saat imun berfungsi, virus dan racun tidak memiliki peluang untuk menyerang. Tubuh akan menunjukkan tanda-tanda sistem kekebalan yang kuat. Salah satu contohnya yaitu saat kita digigit nyamuk. Gatal merah dan bengkak adalah tanda sistem kekebalan kita sedang bekerja. Flu atau pilek adalah contoh khas tubuh yang gagal menghentikan kuman atau bakteri sebelum mereka masuk. Namun, ketika sembuh dari pilek atau flu, itu bukti bahwa sistem imun kita mampu menghilangkan penyerang setelah mengetahui kemunculannya. 

Daftar isi:

  1. 1. Minum banyak cairan
  2. 2. Olahraga secara teratur
  3. 3. Kurangi Stres
  4. 4. Tidur Nyenyak
  5. 5. Makan makanan probiotik
  6. 6. Makan makanan yang seimbang

Langkah untuk mendapatkan imun tubuh yang kuat

Untuk melindungi tubuh kita dari bahaya, setiap komponen sistem imun kita harus bekerja dengan baik. Untuk memastikan sistem imun bekerja baik, cara terbaik yaitu dengan mempraktikan langkah yang baik untuk kita tiap hari saat sistem imun kita bekerja. Seperti apa langkah untuk mendapatkan imun tubuh yang kuat? Melansir laman situs allinahealth, berikut rekomendasi langkah yang bisa dilakukan.

Minum banyak cairan

Air adalah yang terbaik. Banyak dari kita telah mendengar bahwa kita harus minum delapan gelas air per hari. Bagi sebagian itu nampak sulit untuk dilakukan. Sebagai gantinya, kita bisa minum segelas air saat bangun untuk memulai hari kita dengan benar. Tubuh kita mengalami dehidrasi karena tidur, jadi ini cara yang bagus untuk mengatasinya segera. 

Olahraga secara teratur

Kita sering beranggapan bahwa olahraga adalah cara untuk mencegah terjanya penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung atau untuk mengontrol berat tubuh. Namun olahraga juga bisa berkontribusi pada kesehatan umum yang baik termasuk sistem imun yang sehat. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang baik, yang memungkinkan sel-sel dan zat-zat dari sistem kekebalan tubuh kita bergerak bebas untuk melakukan tugasnya secara efisien.

Kurangi stres

Stres menguras kemampuan kita untuk tetap kuat. Jika kita mengalami stres yang berat atau ringan, sistem imun tubuh kita terus-menerus didorong untuk mengatasi stres itu. Salah satu cara untuk menghilangkan stres adalah dengan memberi diri kita waktu untuk “merawat diri sendiri”. Ini bisa mempunyai arti yang berbeda bagi tiap orang. Namun pada dasarnya merawat diri adalah melakukan hal-hal yang “me-recharge” tubuh kita kembali. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan, seperti membaca buku, pergi ke spa, bernyanyi atau berolahraga. Atau kita bisa memilih yang lebih religius seperti berdoa.

Mengalami Gizi Buruk, Asrofil Butuh Bantuan Segera!

Tidur Nyenyak

Tidur merupakan proses regeneratif bagi tubuh kita. Ketika kita tidur, sel imun tubuh alami kita, atau sel T, turun, dan sitokin inflamasi, atau sel radang, naik. Ini artinya tidur yang nyenyak akan menguatkan imun kita. 

Makan makanan probiotik

Organisasi Pangan dan Pertanian PBB mendefinisikan probiotik sebagai “mikroorganisme hidup, yang, bila diberikan dalam jumlah yang cukup, memberikan manfaat bagi kesehatan.” Penelitian menunjukkan bahwa probiotik adalah beberapa makanan terbaik untuk meningkatkan imun tubuh. Konsumsi makanan fermentasi dan fermentasi kultur yang mengandung probiotik. Carilah makanan dengan label “kultur aktif hidup.”

Makan makanan yang seimbang

Makan makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu kita tetap sehat. Makan sayuran dan buah-buahan setiap hari untuk memastikan kita mendapatkan berbagai nutrisi. Karbohidrat kompleks, misalnya nasi merah dan quinoa dan protein tanpa lemak adalah bagian dari pola makan sehat. Kurangi makanan olahan, gula serta minuman yang tidak bernutrisi, seperti soda.

Meskipun untuk melakukan ini akan menjadi sebuah tantangan, kita harus melakukannya sebisa mungkin. Merawat diri sendiri secara konsisten adalah cara terbaik untuk mendukung kesehatan dan imun tubuh kita secara keseluruhan. Selain merawat tubuh kita, jangan lupa juga untuk membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit yang membutuhkan bantuan dana. Caranya cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Bantu Infaq Nutrisi ke Seluruh Indonesia
  1. Terdanai Rp.26,000
  2. Pencapaian 0.00%
  3. Donatur 3

Referensi

Aslakson, A. (2021). 5 simple tips for boosting immunity. Diambil kembali dari walkermethodist.org.

Bedosky, L. (2020). 7 Ways to Keep Your Immune System Healthy. Diambil kembali dari everydayhealth.com.

Beshara, M. (2018). Six ways to boost your immune system naturally before you get sick. Diambil kembali dari allinahealth.org.