Ini 6 Tips Belanja Menjelang Lebaran saat Pandemi

Ini 6 Tips Belanja Menjelang Lebaran saat Pandemi

Menjelang lebaran, para pegawai akan menerima THR. Sesudah menerima THR kebanyakan orang akan menggunakan uang tersebut untuk berbelanja keperluan lebaran, mulai dari bahan untuk membuat kue hingga pakaian. Jika tidak bisa mengelolanya dengan baik, uang THR itu akan langsung hilang dalam sekejap karena habis dipakai untuk berbelanja barang-barang yang terkadang tak semuanya diperlukan. Di saat pandemi Covid-19 ini keuangan harus diatur dengan baik agar tidak mengalami kekurangan. Nah, supaya bisa belanja dengan terkontrol, berikut ini ada tips belanja menjelang lebaran di masa pandemi yang dirangkum dari berbagai sumber.

Investasi Akhirat Terbaik Dengan Wakaf Qur’an

1. Buat daftar belanja yang dibutuhkan

Beberapa orang masih sering melewatkan membuat daftar belanja sebelum pergi membeli barang kebutuhan. Dengan membuat daftar belanja, kamu akan lebih memprioritaskan barang yang penting terlebih dahulu. Tujuannya yaitu untuk mencegahmu dari melakukan belanja barang yang tidak dibutuhkan. Dengan begini kita bisa memaksimalkan uang yang kita belanjakan.

Susunlah daftar belanjaan dari barang yang paling penting terlebih dahulu. Barulah sesudahnya tuliskan barang-barang yang tak terlalu penting yang mungkin bisa ditunda jika ternyata keuangan tidak memungkinkan. Jangan lupa juga untuk cek daftar belanjaan saat membeli sesuatu. 

2. Prioritaskan kebutuhan di atas keinginan 

Keberhasilan tips belanja menjelang lebaran semuanya ada pada dirimu. Seberapa banyak nasihat dan tips yang kamu baca kalau kamu tak bisa mengontrol dirimu, semuanya tidak akan berhasil. Kamu akan bisa berhemat jika bisa mengontrol nafsu berbelanjamu. Nafsu untuk membeli barang-barang yang tak penting harus bisa ditekan agar tidak boros. Harus bisa menentukan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang menjadi keinginan. 

Di saat situasi yang belum menentu seperti saat ini yang menjadi prioritas adalah kebutuhan pangan dan kesehatan agar keluarga bisa terhindar dari virus Covid-19. Jadi kedua hal itu harus menjadi prioritas di atas barang-barang lainnya yang tidak terlalu penting, seperti baju baru. Uang untuk berbelanja pakaian jika dirasa tidak terlalu penting bisa dianggarkan untuk pos lain, misalnya pos dana darurat atau pos lainnya.

3. Jangan lakukan panic buying

Karena pandemi Covid-19 orang cenderung menjadi impulsif saat berbelanja kebutuhan sehari-hari, terutama menjelang lebaran karena takut stok barang menghilang atau harganya melonjak naik. Maka tak heran jika banyak orang membeli barang sehari-hari dalam jumlah yang berlebihan. Saat berbelanja kebutuhan keluarga, kamu harus dapat mengendalikan akal sehatmu dan bukan mengedepankan emosional. Jika belanja dengan menggunakan akal sehat, kamu tidak akan belanja berlebihan sehingga tak akan menguras keuangan keluarga.

4. Cek kembali barang yang sudah dimiliki

Sebelum berbelanja ada baiknya kamu mengecek kembali apa saja barang yang sudah kamu miliki. Dari sini, kamu akan tahu apakah barang yang kamu inginkan tersebut benar-benar kamu dibutuhkan atau tidak. Terkadang para ibu berbelanja berlebihan kalau sudah berhubungan dengan isi kulkas. Maka, cobalah untuk cek isi kulkas. Cari tahu apakah ada bahan makanan yang sudah akan membusuk di dalam kulkas. Atau ternyata bahan makanan yang akan kamu beli sudah ada tersembunyi di dalam kulkas.

5. Manfaatkan promo dan diskon

Menjelang hari raya, banyak tawaran promo dan diskon yang ditawarkan oleh pusat perbelanjaan maupun situs belanja online. Ternyata promo juga bisa kamu manfaatkan untuk memotong pengeluaran. Sebelum memanfaatkan promo dan diskon untuk belanja, penting untuk memperhatikan tujuan serta anggaran yang sudah dibuat di awal. 

Selain itu, ketika berbelanja memanfaatkan promo dan diskon, kamu tetap harus mengecek kualitas barang yang akan dibeli. Jangan sampai barang yang dibeli tak bisa digunakan lama atau ternyata kamu sudah pernah membelinya sebelumnya. Jika ternyata harganya lebih mahal, tapi jika kualitas barangnya lebih bagus dan bisa digunakan untuk jangka waktu lama, pilihlah barang tersebut.

6. Manfaatkan THR

Memanfaatkan THR lebaran tidak salah. Kamu bisa sisihkan sebagian untuk membeli barang yang kamu inginkan. Namun sekali lagi perlu diingat, prioritaskan dahulu barang yang penting. Jika memungkinkan barulah beri reward pada diri sendiri dengan membeli barang yang diinginkan. 

Itulah tips belanja menjelang lebaran di saat pandemi Covid-19 yang semoga bisa membantu. Oh iya, selain berbelanja kebutuhan lebaran, jangan lupa untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

img-medikator Diajukan oleh ACT Hadirkan Senyum Kebahagiaan untuk Mereka dengan Sedekah Paket Lebaran

Referensi

7 Tips Agar Tak Kalap Belanja karena Diskon Lebaran. (2021). Diambil kembali dari cnnindonesia.
Anisya, N. (2021). Agar THR Tak Ludes Cuma-Cuma, Ini Tips Belanja Lebaran saat Pandemi. Diambil kembali dari popmama.com.
Fiyya. (2020). 5 Tips Berbelanja Menjelang Lebaran, Jangan Sampai Lapar Mata. Diambil kembali dari kumparan.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *