Efek Terpapar Asap Rokok pada Orang Dewasa & Anak

Efek Terpapar Asap Rokok pada Orang Dewasa & Anak

Indonesia selain sebagai salah satu negara penghasil tembakau terbesar di dunia juga merupakan negara dengan jumlah perokok aktif terbanyak di dunia. Dikutip dari laman situs Kompas, Indonesia adalah negara dengan jumlah perokok tertinggi di dunia. Tepatnya di peringkat ketiga di bawah Cina dan India. Maka tak heran jika di mana-mana kita melihat banyak orang yang merokok dan akibatnya orang-orang yang tidak merokok mudah terpapar asap rokok. 

Mari Bantu Ibu Ida Berjuang Melawan Penyakit Jantung Bocor dan Hipertensi Paru!

Daftar isi:

  1. 1. Fakta penting tentang asap rokok
  2. 2. Apa itu asap rokok pasif?
  3. 3. Mengapa paparan asap rokok berbahaya bagi perokok pasif?
  4. 4. Kapan dampak asap rokok mulai terjadi?

Fakta penting tentang asap rokok

  • Asap rokok pasif setiap tahunnya menyebabkan sekitar 7.330 kematian yang diakibatkan oleh kanker paru-paru dan 33.950 kematian akibat penyakit jantung.
  • Tidak ada tingkat paparan asap rokok pasif yang bebas risiko dan bahkan paparan jangka pendek pun berpotensi meningkatkan risiko serangan jantung.
  • Asap rokok pasif mengandung ratusan bahan kimia yang diketahui beracun atau karsinogenik, termasuk formaldehida, benzena, vinil klorida, amonia arsenik, dan hidrogen sianida.
  • Menurut laporan Institute of Medicine, asap rokok dapat menyebabkan serangan jantung. Bahkan paparan yang relatif singkat pun dapat memicu serangan jantung.

Apa itu asap rokok pasif?

Asap rokok pasif adalah asap yang tidak sengaja kita isap. Asap rokok pasif berasal dari asap samping atau asap utama. Membakar produk tembakau, seperti rokok, cerutu atau pipa, melepaskan asap asap samping. Seseorang perokok akitf yang merokok akan menghembuskan asap utama. Kedua sumber tersebut melepaskan bahan kimia berbahaya ke udara yang memengaruhi orang yang bukan perokok.

Mengapa paparan asap rokok berbahaya bagi perokok pasif?

Semua asap hasil pembakaran produk nikotin mengandung bahan kimia berbahaya yang beracun. Bahkan orang yang tidak merokok yang menghirup asap rokok pasif akan menghirup racun ini juga. Asap samping yang berasal dari ujung rokok, cerutu atau pipa tidak difilter. Asap rokok ini mengandung racun yang lebih berbahaya dibandingkan asap rokok biasa yang dikeluarkan seseorang.

Bantu Mensejahterakan Janda Tua Kurang Mampu

Kapan dampak asap rokok mulai terjadi?

Penelitian telah menunjukkan bahwa dampak buruk akibat asap rokok terjadi hanya dalam waktu lima menit. Berikut ini paparannya:

  • Setelah lima menit: Arteri menjadi kurang fleksibel, seperti yang terjadi pada orang yang sedang merokok.
  • Setelah 20-30 menit: Darah mulai menggumpal dan timbunan lemak di pembuluh darah meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
  • Setelah dua jam: Detak jantung bisa menjadi tidak teratur atau aritmia dan memicu serangan jantung atau masalah jantung serius lainnya.

Efek terpapar asap rokok untuk kesehatan 

Tidak ada tingkat paparan asap rokok pasif yang bebas risiko. Bahkan paparan singkat pun dapat membahayakan kesehatan. Kebijakan bebas asap rokok yang menyeluruh sudah berhasil melindungi mereka yang tidak merokok dan merupakan satu-satunya cara untuk sepenuhnya melindungi kesehatan mereka.

Efek asap rokok pada kesehatan orang dewasa

Paparan asap rokok pasif pada orang dewasa yang tidak pernah merokok dapat menyebabkan:

Penyakit jantung

  • Untuk orang dewasa yang tidak merokok, menghirup asap rokok pasif memiliki efek berbahaya langsung pada jantung dan pembuluh darah.
  • Orang yang tidak merokok, tetapi terpapar asap rokok pasif di rumah atau di tempat kerja, mengalami peningkatan risiko penyakit jantung sebesar 25-30%. 

Kanker paru-paru

  • Paparan asap rokok pasif menyebabkan lebih dari 7.300 kematian akibat kanker paru-paru di antara orang-orang yang tidak merokok.

Stroke

  • Setiap tahun, lebih dari 8.000 kematian akibat stroke dihubungkan dengan asap rokok pasif.

Efek asap rokok pada kesehatan pada bayi dan anak-anak

  • Merokok selama kehamilan menyebabkan lebih dari 1.000 kematian bayi setiap tahunnya.
  • Orang dewasa yang terpapar asap rokok selama kehamilan kemungkinan akan memiliki bayi baru lahir dengan berat badan lahir lebih rendah sehingga meningkatkan risiko komplikasi kesehatan.
  • Bayi yang terpapar asap rokok setelah lahir mempunyai risiko terkena Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau Sindrom Kematian Bayi Mendadak yang yang jauh lebih tinggi.
  • Bahan kimia yang terkandung dalam asap rokok pasif memengaruhi otak dengan cara mengganggu pengaturan pernapasan bayi.
  • Bayi yang meninggal karena SIDS mempunyai konsentrasi nikotin yang lebih tinggi di paru-paru mereka dan tingkat kotinin yang lebih tinggi dibandingkan bayi yang meninggal karena penyebab lain.
  • Asap rokok pasif menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada bayi dan balita, antara lain: 
  • Infeksi saluran pernapasan bawah akut, seperti bronkitis dan pneumonia
  • Gejala pernapasan (batuk, mengi, sesak napas)
  • Infeksi telinga
  • Anak-anak dengan penyakit asma yang terpapar asap rokok pasif akan terkena serangan asma yang lebih parah dan lebih sering. 

Asap rokok pasif ternyata berdampak begitu mengerikan bagi kita yang perokok pasif. Untuk itu sebisa mungkin menghindari orang-orang yang merokok.  Banyak juga di luar sana yang menderita penyakit parah karena paparan rokok pasif karena itu jangan lupa untuk kamu juga bisa meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Zakat bersama DOMPET DHUAFA
  1. Terdanai Rp.8,295,000
  2. Pencapaian 7.18%
  3. Donatur 19

Referensi

Health Effects of Secondhand Smoke. (2020). Diambil kembali dari lung.org.
Pranita, E. (2020). Jumlah Perokok di Indonesia Tinggi, Ahli Desak Pemerintah Lakukan 5 Hal. Diambil kembali dari kompas.com.
Secondhand Smoke (SHS) Facts. (2021). Diambil kembali dari cdc.gov.Secondhand Smoke: Dangers. (2020). Diambil kembali dari my.clevelandclinic.org.

Sumber Featured Image : freepik.com